Yuk, Kenalan dengan Dinas Tenaga Kerja di Kotamu, Ternyata Banyak Fasilitas untuk Mewujudkan Impian Masa Depanmu, lho, Dears!

Dears, kamu pasti tak asing lagi dengan nama Dinas Tenaga Kerja. Yup, dinas ini merupakan salah satu instansi yang selalu berhubungan dengan urusan tenaga kerja. Namun bukan itu saja, ternyata ada layanan lain yang bisa kita peroleh di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten / Kota tempat kita tinggal. Penasaran bukan apa saja jenis pelayanannya? Yuk, kita simak ya!

Layanan Pelatihan Tenaga Kerja

Calon tenaga kerja di Indonesia sangat banyak, Dears, namun belum semuanya memiliki keterampilan dan kompetensi yang diharapkan oleh para pemberi kerja / pengusaha, sehingga Dinas Tenaga Kerja akan memfasilitasi pelaksanaan pelatihan bagi calon tenaga kerja. Pelatihan yang dilaksanakan antara lain, pelatihan berbasis kompetensi sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, dan pelatihan berbasis masyarakat sesuai dengan potensi yang dimiliki masyarakat dan daerah tempat tinggalnya.

Untuk mendaftar sebagai peserta pelatihan ini umur kamu harus sudah 18 tahun ya, Dears, karena di bawah 18 tahun masih termasuk pekerja anak, yang apabila dipekerjakan harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Selain itu kamu harus mengisi formulir pendaftaran dan membawa foto copy Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, ijazah terakhir, dan foto berwarna ukuran tertentu. Setelah selesai mengikuti pelatihan, kamu akan mendapatkan sertifikat lulus pelatihan yang dapat dipakai sebagai tambahan referensi saat mencari pekerjaan. Tapi kalau tidak berminat untuk menjadi karyawan, setelah lulus pelatihan kamu juga bisa berwirausaha sendiri, lho. Dinas akan memfasilitasi pelatihan kewirausahaan tingkat lanjut bagi kamu yang serius berwirausaha.

Layanan Penempatan Tenaga Kerja

Menjadi pengangguran sungguh tidak enak, bukan? Begitu banyak cara yang ditempuh demi mendapatkan pekerjaan, namun pernahkah kamu coba datang ke Dinas Tenaga Kerja? Ayo, datang dan tanyakan lowongan kerja yang tersedia di sana, baik lowongan kerja di dalam maupun di luar negeri. Lowongan kerja lokal dalam satu Kabupaten/Kota yang tersedia beragam jenisnya, mulai dari perkebunan, pengolahan, perbankan, asuransi, hingga perhotelan. Lowongan kerja antar daerah biasanya tersedia di luar provinsi atau luar pulau, paling banyak di bidang elektronika, perkebunan dan pertambangan. Sedangkan lowongan kerja ke luar negeri terdiri dari sektor formal sebagai karyawan di perusahaaan/badan usaha tertentu, dan sektor informal sebagai Asisten Rumah Tangga.

Setiap tahun Dinas Tenaga Kerja Kabupaten/Kota akan melaksanakan Pameran Bursa Kerja ( Job Fair ). Pada saat itu banyak perusahaan baik lokal maupun dari luar daerah berkumpul dan membuka lowongan pekerjaan. Kamu bisa memasukkan lamaran pekerjaan sekaligus wawancara kerja sesuai minat dan bakatmu.

Rekruitmen karyawan dari beberapa perusahaan lokal juga dilaksanakan di Dinas Tenaga Kerja, sehingga kamu pun perlu update info terbaru yang ada di laman dinas ya, Dears!

Layanan Perlindungan Tenaga Kerja

Perlindungan tenaga kerja yang bekerja di perusahaan ternyata juga menjadi ranah tugas Dinas Tenaga Kerja, lho. Kalau kamu punya permasalahan terkait dengan ketenagakerjaan setelah bekerja di perusahaan, kamu dapat berkonsultasi ke Dinas Tenaga Kerja Kabupaten/Kota. Di dinas ini ada petugas khusus yang memfasilitasi penyelesaian kasus ketenagakerjaan, mungkin masalah perjanjian kerja, upah, waktu kerja, kesehatan dan keselamatan kerja, perlindungan pekerja anak dan perempuan, jaminan sosial, hingga penghitungan pesangon.

Permasalahan ketenagakerjaan yang muncul dari hubungan industrial hingga permasalahan penempatan tenaga kerja di luar negeri dapat dikonsultasikan di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten/Kota ini, sehingga jangan sungkan untuk datang atau mengirim surat pengaduan jika diperlukan. Dinas akan membantu dengan sepenuh hati sesuai kewenangan yang dimilikinya.

Nah, itu dia, Dears, pelayanan yang tersedia di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten/Kota terdekatmu. Meskipun saat ini semua hal bisa diperoleh dan didapat dari dunia maya, tidak ada salahnya kamu memanfaatkan apa yang disediakan oleh pemerintah demi membantu warga negaranya. Good luck, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *