perawatan ketiak

Yuk, Cegah Ketiak Iritasi Setelah Bercukur dengan 4 Cara ini

Dear, meski jarang terekspos, tetapi tidak bisa dipungkiri, banyak wanita yang tidak percaya diri dengan adanya bulu ketiak. Makanya, jangan kalau banyak wanita yang rela melakukan berbagai cara untuk melenyapkan bulu-bulu halus tersebut. Nah, salah satunya dengan mencukur. Dibanding mencabut tweezer atau waxing, proses cukur bulu ketiak cukup digandrungi karena minimnya rasa sakit. Selain itu juga tidak memakan banyak waktu dan jauh lebih praktis karena bisa dilakukan di rumah.

Sebenarnya, mencukur bulu ketiak sendiri memiliki beberapa opsi, mulai dari menggunakan female shaver sampai depilatory cream. Namun, meski terkesan simple, tetap saja ada berbagai risiko yang timbul setelah bercukur. Mulai dari kulit rentan kering, kasar, lelet, dan iritasi. Nah, yuk, kita bahas cara mencegahnya.

1. Pilih Pakaian Berpotongan dan Longgar

Foto: SoCo.id

Ada sebagian orang yang belum tahu bahawa ketika mencukur ketiak dengan shaver tidak hanya melenyapkan buku-buku halus, tetapi juga mengikis bagian teratas kulit di area tersebut. Bahkan penggunaan yang terlalu kencang juga akan berisiko membuat kulit lecet atau tersayat. Nah, Dear, dalam kondisi ini sangat disarankan untuk menghindari penggunaan pakaian ketat. Solusinya, kita bisa menggunakannya pakaian Berpotongan longgar. Selain untuk meminimalkan gesekan antara kulit dan kain, pakaian longgar juga bisa menghindari kulit ketiak menjadi gelap dan hitam.

2. Jangan Semprotkan Wewangian di Area Ketiak

Foto: Tribunnews

Bau badan adalah salah satu faktor menurunkan rasa percaya diri seseorang. Oleh karena itu, banyak orang melakukan berbagai cara untuk mengatasi dan meminimalisir timbulnya bau badan. Nah, salah satunya dengan menyemprot parfum atau jenis wewangian ke area ketiak. Namun, sebenarnya cara ini justru membuat kulit di area ketiak iritasi, apalagi jika melakukannya setelah bercukur. Selain akan menimbulkan sensasi panas terbakar pada kulit yang terkelupas akibat bercukur juga akan terasa perih saat terkena parfum.

3. Jangan Mandi Air Hangat

Foto: Journalsosial.com

Biasanya kondisi kulit setelah bercukur rentan kering bahkan lecet, jadi kita tidak disarankan untuk langsung mandi dengan air hangat. Pasalnya, uap air hangat bisa menghilangkan kandungan minyak di kulit yang justru membuat kondisinya semakin kering. Tidak hanya itu, uap air hangat juga berpotensi membuat kondisi kulit lecet semakin meradang. Kita bisa menyemprotkan spring water untuk memberikan efek sejuk dan meredakan iritasi atau kemerahan di kulit ketiak.

4. Beri Pelembap

Foto: HonestDoct

Kebiasaan mencabut dan mencukur ketiak secara rutin bisa menyebabkan kulit kering dan meninggalkan noda gelap. Untuk menghindarinya, sebaiknya oleskan krim cukur dahulu sebelum mencukur ketiak dan akhiri dengan pelembap setelahnya. Penggunaan krim dan pelembap membantu mengurangi iritasi yang bisa menimbulkan warna hitam.

Nah, Dear, inilah beberapa tips yang bisa diterapkan ketika kita mencukur bulu ketiak agar tidak iritasi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *