Waspada! Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan Ini Berpotensi Menimbulkan Kanker Tanpa Kamu Sadari

Dears, pernahkah kamu menyangka jika kebiasaan yang sering kamu lakukan ternyata tidak baik untuk kesehatan? Hal itu karena beberapa kebiasaan tersebut dapat memicu timbulnya penyakit tanpa kamu sadari.

Penyakit yang banyak ditemukan di masyarakat saat ini umumnya karena pola hidup yang tidak sehat, seperti kebiasaan sehari-hari yang tidak seharusnya dilakukan, sehingga kemungkinan munculnya penyakit tidak menular lebih banyak dibanding penyakit menular.

Padahal, penyakit tidak menular seperti diabetes, hipertensi, stroke, jantung dan kanker dulunya tidak meningkat seperti saat ini. Namun, perkembangan zaman dan teknologi memicu perubahan yang signifikan di masyarakat sehingga mengubah kebiasaan dan pola hidup seseorang.

Berikut beberapa kebiasaan yang dapat memicu timbulnya penyakit tidak menular, salah satunya yaitu penyakit kanker.

1. Begadang

Foto : Pinterest.com

Kebiasaan buruk yang satu ini kerap kali tidak dihiraukan, terutama oleh anak muda, baik mahasiswa ataupun tidak. Begadang menjadi kebiasaan yang sulit untuk ditinggalkan. Padahal dampak negatif yang ditimbulkan dari begadang cukup banyak, diantaranya yang paling membahayakan adalah menyebabkan kanker hati.

Mengapa kanker hati? Karena di malam hari saat tidur, tubuh mendetoksifikasi racun melalui hati. Namun karena seseorang masih terjaga dari tidurnya sehingga fungsi hati tidak berjalan sebagaimana mestinya dan pada akhirnya menyebabkan kanker hati.

Selain itu juga timbul penyakit lainnya yang diakibatkan dari kebiasaan begadang, yaitu obesitas, imunitas menurun, kecerdasan menurun dan mengakibatkan diabetes tipe 2.

 

2. Makan sambil Menonton Televisi

Foto : google.com

Kebiasaan yang banyak dilakukan dari usia muda hingga tua ini juga sebaiknya dikurangi atau bahkan dihindari. Kenyataannya memang nyaman jika dilakukan, namun kebiasaan seperti ini ternyata tidak baik dilakukan terus menerus. Hal itu karena proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh tidak bekerja maksimal dan memicu makan dengan porsi lebih banyak, sehingga dapat menambah berat badan dan menyebabkan obesitas.

 

3. Sering Mengonsumsi Junkfood

Foto: pinterest.com

Junkfood saat ini menjadi makanan yang umum di kalangan masyarakat karena kepraktisannya yang mudah didapat tanpa menungu waktu lama, hingga menjadi pilihan banyak orang di zaman yang serba praktis dan mudah seperti saat ini. Tapi Dears, dibalik lezat dan praktisnya makanan junkfood ternyata menimbulkan banyak penyakit berbahaya, lho.

Diantara penyakit yang sering diakibatkan karena banyak mengonsumsi junkfood adalah obesitas dan kanker. Hal itu karena junkfood mengandung tinggi kalori dan lemak, serta zat pemicu karsinogenik seperti pada makanan olahan daging. Adapun penyakit hipertensi juga dapat terjadi pada sebagian orang yang tidak tahan dengan makanan tinggi garam.

 

4. Makanan Tinggi Garam

Foto : pinterest.com

Sebagian orang lebih suka makanan yang sedikit lebih asin dibanding makanan pada umumnya, alasannya lebih gurih dan enak. Namun, perlu kamu ketahui, jika makanan tinggi garam mengakibatkan tekanan darah meningkat yang biasa orang menyebutnya hipertensi. Nah, daripada memiliki penyakit di usia muda, lebih baik kurangi makanan asin, ya, Dears.

5. Duduk Terlalu Lama Tanpa Melakukan Aktivitas

Foto: pinterest.com

Orang yang aktivitas utamanya bekerja di kantor selalu disibukkan dengan pekerjaan di depan layar komputer dan duduk terlalu lama. Kebiasaan seperti itu harus diikuti dengan rajin berolahraga atau paling tidak melakukan peregangan ketika badan terasa pegal. Hal itu karena kebiasaan duduk terlalu lama dapat mengakibatkan penyakit jantung.

Mengapa bisa penyakit jantung? Karena ketika kondisi duduk, kita cenderung tidak melakukan aktivitas berat, sehingga kerja jantung melemah. Selanjutnya dapat mengakibatkan tubuh menjadi lesu karena kekurangan pasokan oksigen.

Nah, sekarang kamu sudah tahu, kan, kebiasaan yang sebaiknya dihindari agar kita sebagai generasi muda lebih menjaga diri dan tidak mudah terjangkit penyakit akibat kebiasaan yang kurang sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *