Waspada, Dears! 5 Hal Ini Bisa Naikkan Berat Badan saat Lebaran

 

Perayaan Lebaran identik dengan makanan enak dan berlimpah. Terkadang kita lepas kontrol dan melahap berbagai jenis makanan secara berlebihan. Padahal, sebagian dari makanan tersebut mengandung kalori tinggi, yang dapat menaikkan berat badan lho, Dears.

Untuk mencegah hal semacam itu terjadi, kamu harus bisa mengontrol diri serta memerhatikan hal-hal yang mungkin luput dari perhatian. Nah, kamu harus hindari 5 hal ini, ya!

1. Terlalu Banyak Makan Kue

Kue kering, nastar serta camilan manis lainnya menjadi hidangan yang selalu ada ketika Lebaran. Mungkin kelihatannya tidak berpengaruh banyak terhadap berat badanmu. Namun, ternyata makanan ini turut berkontribusi membuat angka pada timbanganmu terus bergeser ke kanan, lho.

Sebenarnya, kamu tidak perlu menghindari kue kering. Cukup batasi jangan sampai berlebihan dan imbangi dengan makanan sehat lainnya, seperti buah-buahan, misalnya.

2. Mulai Jauhi Soda dan Sirup

Saat cuaca cukup terik, tentu keinginan untuk membuat minuman dingin akan menjadi hal yang tidak terhindarkan. Sirup serta soda yang diberi es batu menjadi pelepas dahaga yang sangat pas. Tahukah Dears, ternyata kedua minuman tersebut turut membuat berat badanmu meningkat, lho.

Nah, solusinya adalah, kamu dapat menggantinya dengan air putih yang jauh lebih sehat dan bermanfaat tentunya.

3. Makanan Tinggi Karbohidrat dan Kolesterol

Makanan khas Lebaran seperti opor, ketupat, hingga rendang adalah makanan yang paling ditunggu-tunggu. Namun, kamu jangan sampai kalap dan melahap banyak makanan hingga kekenyangan dan membuat berat badanmu naik.

Bukan berarti kamu tidak boleh makan makanan tersebut ya, hanya saja, kamu harus dapat memilih makanan serta batasi jumlahnya.

4. Kebiasaan Mager

Setelah berkeliling ke sanak saudara dan menikmati hidangan Lebaran, biasanya bersantai sambil tiduran atau sekadar nonton televisi bersama keluarga menjadi pilihan untuk melepas lelah. Hal ini tidak menjadi masalah, namun jika dilakukan berlebihan, apalagi selama liburan, tentu akan membuat berat badanmu bertambah.

Ada baiknya jika kamu memanfaatkan waktu tersebut untuk berolahraga. Tidak perlu ke tempat gym. Cukup lakukan gerakan ringan dengan mencontoh gerakan yang ada di YouTube.

5. Tidak Selektif dalam Memilih Camilan

Libur panjang selama Lebaran merupakan waktu yang tepat untuk beristirahat dari kepenatan serta rutinitas pekerjaan yang melelahkan. Selain dengan berlibur ke tempat wisata, ada juga yang lebih memilih untuk bersantai di rumah.

Bersantai sambil menikmati camilan manis atau yang banyak mengandung kalori jika dilakukan setiap hari akan membuat berat badanmu bertambah. Kamu harus hindari hal tersebut dengan memilih camilan yang sehat, seperti buah-buahan dan sayur.

Jadi, perlu diingat, Dears, Lebaran bukan ajang untuk balas dendam setelah satu bulan berpuasa dengan melahap semua makanan. Kamu harus bisa mengontrol diri, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *