Wajib Tahu, Dears! 6 Trik Penyimpanan Buah biar Tetap Segar, Enggak Ada Lagi yang Busuk!

Dears, tentunya kamu sudah tahu bahwa buah merupakan sumber makanan sehat yang seharusnya kita konsumsi setiap hari. Nah, agar tidak merepotkan kamu tentunya sering belanja buah untuk persediaan beberapa hari ke depan, ya, Dears.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang salah dalam menyimpannya sehingga kesegarannya pun tidak terjaga. Dears, supaya buah favoritmu tidak lagi terbuang sia-sia, berikut ini akan diulas mengenai beberapa trik untuk menyimpannya. Intip yuk!

1. Apel dan pir

Pict by. Moslem Lifestyle

Sebenarnya dalam menyimpan buah apel atau pir sangatlah mudah, cukup di disimpan dalam suhu ruangan. Namun, untuk menjaga kesegaran dan rasanya maka  lebih baik disimpan di dalam kulkas, ya, Dears.

Perlu kamu ketahui, Dears, kedua buah ini dapat memproduksi gas etilen lebih banyak dibanding yang lainnya. Dimana gas etilen adalah senyawa yang dapat membantu buah atau sayuran dalam proses pematangan.

Oleh karena itu, jangan simpan buah tersebut saling berdekatan dengan buah yang lainnya karena bisa memicu buah lainnya cepat membusuk. Jadi lebih baik kamu menggunakan wadah terpisah atau bisa juga membungkusnya dahulu sebelum menyimpannya di dalam kulkas.

2. Mangga

Pict by. Kumparan.com

Mangga juga termasuk buah yang bisa matang dengan sendirinya. Sehingga banyak penjual buah yang menjajakan mangga saat masih mentah. Bagi kamu yang suka makan mangga muda, lebih baik langsung saja menyimpannya di dalam kulkas.

Jika kamu menyimpannya dalam suhu ruangan maka proses pematangannya bisa semakin cepat, yakni kira-kira sekitar 3 hari. Sedangkan untuk mangga yang sudah  matang, bisa bertahan hingga dua pekan di dalam kulkas. Namun untuk mangga yang sudah dikupas atau dipotong hanya dapat bertahan 2-3 hari di dalam kulkas.

3. Semangka

Pict by. Dokter Sehat

Semangka sangat pas dikonsumsi untuk memberikan kesegaran saat cuaca panas dan dehidrasi. Lebih baik kamu menyimpannya di dalam kulkas agar tetap terasa manis dan segar.

Semangka utuh bisa bertahan selama 10 hari dalam suhu ruangan, sedangkan jika disimpan di dalam kulkas bisa bertahan hingga dua pekan. Sementara, untuk semangka potong, kamu harus membungkusnya seperti di supermarket sebelum masuk kulkas. Hal tersebut bisa membuat semangka bertahan hingga tiga hari dan rasanya tetap terjaga.

4. Melon

Pict by. Suara.com

Tentu kamu setuju, Dears, bahwa sama halnya dengan semangka, melon juga menjadi buah favorit di kala cuaca sedang panas terik. Simpanlah melon potong di dalam kulkas agar teksturnya tetap terjaga serta buah tidak lembek dan berair.

Sedangkan, untuk melon utuh cukup disimpan pada suhu ruangan saja. Hal ini karena kandungan antioksidan dalam melon yakni likopen dan betakaroten akan berkurang bila melon disimpan di dalam kulkas.

5. Jeruk

Pict by. WowKeren.com

Jeruk termasuk buah yang paling mudah penyimpanannya dibandingkan dengan buah lainnya. Kamu hanya perlu menyimpannya di dalam kulkas untuk menjaga rasa dan kualitasnya.

Tidak ada syarat serta ketentuan khusus lainnya, jeruk tidak menyebabkan sayuran atau buah lain di dekatnya menjadi cepat busuk. Hanya saja, usahakan menyimpan jeruk tidak secara bertumpuk karena bisa berdampak rusaknya buah di bawahnya.

Jika disimpan dalam suhu ruangan, jeruk bisa bertahan hanya satu pekan. Sedangkan jika di dalam kulkas bisa bertahan hingga satu bulan.

6. Anggur

Pict by. Kurio.id

Untuk menjaga rasa manis dan kesegarannya maka lebih baik menyimpan anggur di dalam kulkas. Sebelum disimpan sebaiknya anggur dicuci dan dikeringkan terlebih dahulu.

Anggur bisa bertahan hingga 10 hari di dalam kulkas dan bisa bertahan 3 bulan di dalam freezer. Namun, jika ingin mengonsumsi anggur yang disimpan dalam freezer, diamkan dulu pada suhu ruangan.

Nah, itulah cara yang baik dalam menyimpan buah-buahan favoritmu agar tetap lezat dan nikmat. Jadi, jangan sampai salah lagi ya, Dears!

 

Featured image: Photo on Pexels
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *