Wajib Tahu, Dears! 5 Kebiasaan Buruk Penerapan Skincare Ini Harus Kamu Hentikan

Setiap wanita tentu menginginkan wajah yang putih, bersih dan bersinar. Berbagai cara dilakukan, mulai dari perawatan dengan berbagai produk skincare hingga mendatangi klinik kecantikan. Namun, terkadang hasilnya tak terlihat bahkan justru timbul masalah kulit baru.

Masalah kulit wajah tentu menjadi salah satu yang membuat wanita menjadi kurang percaya diri dalam berpenampilan. Sebenarnya masalah ini muncul dari kebiasaan buruk ketika melakukan perawatan wajah yang terkadang tidak disadari. Selain itu, penggunaan skincare ataupun kebiasaan buruk lain yang dianggap sepele juga justru dapat menjadi penyebabnya.

Nah, berikut ini akan kami ulas mengenai 5 kebiasaan buruk penerapan skincare yang harus kamu hentikan. Simak yuk!

1. Membersihkan wajah secara berlebihan

Pict by. alodokter.com

Banyak wanita yang menganggap jika menginginkan wajah yang bersih maka harus sering membersihkan wajah secara maksimal. Mereka menganggap dengan menggosok wajah dengan keras akan membuat semua kotoran terangkat dan wajah bersih maksimal. Namun, hal ini ternyata salah karena jika kamu menggosok kulit terlalu keras, tak hanya kotoran namun pelindung kulitmu juga akan ikut terangkat.

Tentunya hal ini justru akan membuat kulit menjadi kering, iritas, mengelupas, sensitif serta masih banyak masalah lainnya. Jadi, kamu jangan terlalu keras ya Dears , saat membersihkan wajah. Cukup tekan sedikit dengan kapas yang sudah dibasahi dengan pembersih,atau pijat halus jika kamu menggunakan scrub.

2. Menggunakan terlalu banyak produk di saat bersamaan

Pict by. journal.sociolla.com

Berdasarkan trend 10 tahapan skincare yang berasal dari Korea, membuat banyak wanita bereksperimen menggunakan berbagai produk skincare secara bersamaan. Mereka beranggapan bahwa dengan menggunakan berbagai produk skincare akan medapatkan hasil yang maksimal.

Namun, ternyata itu adalah pemahaman yang salah lho, Dears. Karena sebenarnya kamu tidak boleh sembarangan mencampur berbagai produk skincare tersebut, karena ada beberapa bahan dalam skincare yang dapat melumpuhkan produk skincare lain.

Jadi akhirnya bahan-bahan yang sebenarnya berguna bagi kulit justru tidak bekerja sama sekali. Misalnya, skincare yang mengandung vitamin C tidak boleh di pakai bersamaan dengan skincare yang mengandung AHA/BHA dapat mengganggu keseimbangan ph kulit.

3. Tidur tanpa membersihkan makeup

Pict by. gaya.tempo.co

Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan para wanita yaitu lupa membersihkan makeup saat hendak tidur. Meskipun mereka tahu bahwa kebiasaan ini tidak baik, namun nyatanya banyak yang melakukannya dengan alasan lelah, malas atau bahkan lupa. Padahal, kebiasaan tersebut dapat menghambat proses regenerasi kulit. Padahal proses ini penting agar sel kulit mati hilang dan kulitmu tetap terjaga.

 4. Tidak menggunakan tabir surya

Pict by. lifestyle.okezone.com

Banyak yang menyepelekan penggunaan tabir surya, karena beranggapan jika dengan menggunakan pelembab yang mengandung SPF saja sudah cukup melindunginya dari sinar matahari. Nyatanya hal tersebut tidak benar, kamu sebaiknya tetap menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari langsung. Seperti dikutip dari laman muyass.com, banyak wanita beranggapan kalau tabir surya tidak lebih penting daripada skincare. Padahal, tabir surya tetap sama pentingnya untuk digunakan bahkan meski kita hanya beraktivitas di dalam ruangan sekalipun.

Jadi, pastikan tetap memakai tabir surya ketika hendak beraktivitas di luar rumah ya, Dears.

5. Penggunaan alat makeup yang kotor

Pict by. merahputih.com

Kebiasaan buruk berikutnya yang wajib kamu hentikan yaitu, lupa membersihkan alat makeup. Hal ini penting, karena alat makeup yang kotor dapat menjadi sarang kuman dan bakteri.

Usahakan untuk rajin membersihkan alat makeup minimal saru minggu sekali ya, Dears. Ini berlaku untuk semua alat makeup tidak hanya spons makeup saja, penjepit bulu mata juga perlu dibersihkan untuk menghilangkan sisa-sisa bulu mata yang menempel.

Yuk, Dears, hentikan kebiasaan buruk tersebut agar perawatan wajah yang kalian lakukan dapat terlihat hasilnya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *