Viral, Fenomena Crosshijaber yang Sukses Bikin Warga Resah, Ini Faktanya

Akhir-akhir ini jahat media sosial tengah ramai memperbincangkan soal crosshijaber. Lalu, apa sebenarnya crosshijaber ini?
Fenomena crosshijaber merupakan seorang pria yang suka menggunakan baju muslim perempuan. Tak sampai di situ, ada juga yang lengkap dengan hijab bahkan cadar. Sehingga banyak yang tidak tahu bahwa sebenarnya mereka adalah pria. Namun, mereka mengaku tidak memiliki penyimpangan seksual. Fenomena ini sukses membuat geger jagad maya.

Hal ini yang mengakibatkan banyak kaum hawa khawatir, lantaran para Crosshijaber berani masuk ke ruang-ruang privasi perempuan. Berikut beberapa fakta tentang fenomena crosshijaber yang marak diperbincangkan.

1. Ada Komunitas dan Tidak Memiliki Penyimpangan Sosial

Foto: Arab.com

Mereka mengaku tidak memiliki penyimpanan orientasi seksual. Bahkan para crosshijaber ini memiliki komunitas sendiri. Salah satunya @crosshijaber di Instagram. Bahkan beberapa netizen yang pernah membukanya, mengambil tangkapan layar dan membagikan di akunnya. Namun, sekarang akun itu telah dihapus.

2. Banyak Kaum Hawa Khawatir

Foto: YouTube.com

Banyak orang terutama perempuan khawatir tentang fenomena crosshijaber yang ramai menjadi perbincangan publik. Kekhawatiran itu mengenai batasan-batasan penggunaan ruang umum khusus wanita seperti toilet dan tempat wudu. Ada beberapa orang yang menolak adanya komunitas tersebut karena dinilai mencoreng makna hijab yang seharusnya hanya digunakan oleh kaum perempuan saja. Ada pula yang khawatir akan dijadikan alat untuk melakukan kejahatan. Oleh karena itu, penganut crosshijaber agar tidak menggunakan hijab di tempat umum dan juga tidak menggunakan fasilitas umum untuk wanita.

3. Tanggapan MUI

Foto: youtube.com

Menanggapi fenomena crosshijaber tersebut, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menegaskan hal itu suatu tindakan yang diharamkan dalam ajaran Islam. Menurut Zinut, Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wa salam sudah melarang hal ini sejak dulu. Bahkan ada beberapa hadis yang menyebutkan, bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala melaknat kaum pria yang menyerupai wanita dan sebaliknya. Salah satunya hadisnya adalah

“Rasullullah Shallallahu’Alaihi wa salam melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan para wanita yang menyerupai laki-laki,” (HR. Imam Bukhori).

Ia mengimbau kepada seluruh pihak untuk mewaspadai fenomena tersebut. Mengingat belum diketahui motif mereka melakukan hal itu.

4. Muhammadiyah Meminta Polisi Cepat Bertindak

Foto: koran Kaltim

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu’ti meminta kepolisian agar segera menyelidiki motif dari kelompok crosshijaber tersebut. Dia juga menambahkan, jika memang ada upaya mereka sengaja meresahkan masyarakat, maka akan dilakukan proses hukum lebih lanjut. Diketahui crosshijaber adalah komunitas laki-laki yang berdandan seperti wanita. Mereka mengenakan baju muslim yang modelnya panjang dan lebar seperti pakai-pakaian sya’i bahkan ada yang menggunakan cadar, sehingga sering kali terkecoh karena tidak ada yang tahu bawa mereka adalah laki-laki.

Muti menjelaskan, jika seorang laki-laki sengaja memakai pakaian wanita dengan hijab dan cadar, berarti mereka telah mengalami penyimpangan psikologi yang harus dilakukan adalah pembimbingan ke psikolog dan rutin mengikuti acara keagamaan. Dia juga meminta untuk masyarakat tidak perlu mengambil kesimpulan dan lebih baik berhati-hati.

Nah, Dear, itulah beberapa fakta tentang crosshijaber yang wajib kita tahu. Semoga bermanfaat.

 

*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *