Usia Sudah Matang Tapi Belum Juga Menikah? Hati-Hati dengan 5 Penyebab Ini, Dears!

Dears, usia seseorang menentukan ke mana arah dan tujuan hidupnya kelak. Seperti halnya menikah juga mempertimbangkan usia seseorang. Umumnya usia menikah perempuan sekitar 22-25 tahun, sedangkan untuk laki-laki sekitar usia 25-28 tahun.

Sebagian besar memilih untuk menikah di usia muda atau menikah di usia yang pas untuk membina keluarga baru. Urusan pekerjaan dan keperluan lainnya seperti sandang, pangan dan papan itu urusan belakangan. Asalkan ada jodoh dan direstui kedua orang tua, menikah di usia muda pun tak ada salahnya. Namun, tak sedikit yang menikah tidak dalam rentang usia tersebut, karena pilihan hidup seseorang untuk menjalin hubungan yang serius juga tidak bisa disamaratakan.

Kalaupun sampai di usia yang sudah cukup matang namun belum juga menikah, maka harus dilihat kembali nih, Dears, kira-kira faktor apa saja yang melatarbelakangi seseorang belum juga menikah. Nah, kali ini kita coba berbagi sedikit yuk, mengenai faktor yang menyebabkan sebagian orang belum menikah meski usianya sudah cocok untuk menikah.

1. Mencari yang Perfeksionis

Semua orang tanpa ditanya pun tentu menginginkan punya pasangan yang cantik atau tampan, baik, penyayang, humoris, baik akhlaknya dan kaya. Akan tetapi tidak ada satu pun manusia diciptakan dengan semua kelebihan itu, pasti terdapat kekurangan di dalam dirinya.

Jika kita menunggu pasangan yang terlalu perfeksionis dan menuntut pasangan kita seperti itu, sampai kapan pun tidak ada yang memiliki semua sifat yang kamu inginkan itu. Cobalah untuk berkaca diri sebelum menginginkan pasangan yang sempurna. Perbaiki diri terlebih dahulu dan minta diberikan  jodoh terbaik pilihan-Nya, karena pilihan Allah adalah yang terbaik dari keinginan kita.

2. Takut Patah Hati Berulang Kali

Untuk alasan kedua ini bisa terjadi pada orang yang sebelumnya pernah gagal dalam menjalin hubungan atau pacaran. Seperti perasaan trauma dan menganggap semua lawan jenis memiliki sifat yang sama dengan pasangan kita dulu. Tapi tidak semua orang seperti itu lho, Dears.

Kalau kamu masih seperti itu, sampai kapan untuk mencoba membuka hati dengan orang baru dan menjalin hubungan yang lebih serius. Ingat, semakin bertambah usia maka tingkat kesuburanmu juga akan semakin berkurang.

3. Mengejar Jabatan Kerja dan Gaji yang Tinggi

Apa kamu termasuk tipe orang yang workaholic?  Yang fanatik tentang pekerjaan dengan jabatan dan gaji tinggi? Memang tidak dimungkiri jika semua orang juga menginginkannya. Namun jika terus mengejar jabatan dan gaji yang tinggi hingga melupakan anjuran untuk menikah juga tidak dibenarkan, karena sejatinya menikah itu menyempurnakan sebagian dari agamanya.

4. Kurang Taat pada Orang Tua

Orang tua juga menjadi penyumbang faktor mengapa seseorang belum juga menikah meski usianya sudah matang. Hal yang dianggap sepele seperti peduli dan taat juga menjadi tiket dimudahkan segala urusan seorang anak. Termasuk dalam urusan menikah. So, jika masih kurang berbakti sepenuhnya pada orang tua segeralah diperbaiki dan meminta mereka juga untuk mendoakan agar segera dipertemukan jodoh yang terbaik.

5. Sering Meninggalkan Kewajiban

Selain orang tua, kita sebagai umat muslim memiliki kewajiban utama, yakni sholat. Perantara kemudahan yang paling mudah untuk dilakukan. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa mengerjakannya dengan tepat waktu. Sering meninggalkan atau mengulur waktu sholat juga bisa menjadikan seret rezeki, termasuk rezeki untuk dimudahkan dalam menikah.

Nah, Dears, jika sampai saat ini belum juga menikah meski usia sudah matang, cobalah untuk menurunkan kriteria standar pasanganmu. Selain itu, perbaiki beberapa poin yang dipaparkan di atas agar Allah selalu memberi petunjuk untuk memudahkanmu menikah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *