Usia Semakin Bertambah, Alasan Utama Seseorang Mudah Merasa Insecure

Seringkali kita mendengar istilah insecure dalam pergaulan maupun di media sosial. Sebenarnya apasih insecure itu? dan kenapa seseorang mudah merasa insecure?

Insecure dalam pengertian bahasa inggris merupakan perasaan tidak aman yang bisa menimbulkan kecemasan berlebih. Rasa tidak aman ini muncul karena diri sendiri merasa kurang dalam berbagai hal dibandingkan orang lain di sekitarnya. Orang yang merasa insecure bisa disebabkan kurangnya rasa percaya diri sehingga memandang rendah dirinya, bisa juga diakibatkan perasaan malu karena memiliki kekurangan serta ketidakmampuan dalam melakukan suatu hal.

Insecure ini sebenarnya bisa dikontrol karena pada dasarnya perasaan ini datang dari diri sendiri yang merasa kurang puas dan cemburu serta iri dengan kelebihan orang lain. Perasaan iri dan cemburu terhadap orang lain hanya akan membentuk mental pembenci pada diri sendiri ketika orang lain memiliki kelebihan dibanding kita.

Perasaan insecure bisa dialami oleh siapa saja tanpa memandang usia. Namun kebanyakan kerap menghantui mereka yang berada di usia labil seperti quarter life crisis yang rentan akan membanding-bandingkan diri sendiri dan orang lain. Nah berikut penyebab perasaan insecure yang kerap dialami oleh sebagian besar orang.

Mengalami Kegagalan

Image by Pinterest

Siapa sih yang tidak pernah gagal, tanpa merasakan kegagalan kita tidak akan tahu rasanya berusaha keras untuk mencapai apa yang kita mau. Namun terkadang kegagalan ini membuat beberapa orang merasa down hingga berlarut yang menjadikan dirinya merasa tidak aman alias insecure ini. Mereka tidak aman karena dalam mindset nya dipandang rendah orang lain akibat kegagalan yang dialaminya. Padahal mindset buruk itulah yang membuat perasaan insecure itu semakin dipupuk dalam dirinya.

Rasa Trauma Masa Lalu

Pun hampir semua orang pernah mengalami kejadian yang kurang mengenakkan hingga membuat trauma. Melepaskan rasa trauma memang sulit, tidak semua orang mampu terbebas dari rasa trauma yang dialaminya. Seperti trauma akibat penolakan, pengabaian juga menimbulkan rasa tidak aman ketika bertemu dengan orang baru. Mencoba untuk kembali beradaptasi dan take your time untuk bisa menyembuhkan rasa trauma agar tidak lagi merasa insecure.

Kurangnya Rasa Percaya Diri

Image by Pinterest

Tiap orang memiliki rasa percaya diri yang berbeda di setiap situasi. Bisa dikatakan bahwa hanya pada kondisi tertentu kepercayaan dirinya mendadak turun drastis. Contoh saja, ketika berhadapan dengan orang dengan berbagai kelebihan dan skill yang dimiliki rasanya kepercayaan diri mendadak ciut hanya dengan melihatnya saja. Kebanyakan dari kita sangat mudah untuk menilai seseorang, dan tak jarang penilaian yang salah justru memupuk sifat iri terhadap orang lain.

Lantas, apa hubungannya dengan bertambahnya usia? Perasaan iri dan cemburu dengan kehidupan orang lain menjadi alasan utama seseorang mudah merasa insecure. Memandang diri sendiri terlalu rendah akibat kegagalan, kurang rasa percaya diri hingga trauma yang mengakibatkan kehidupannya tidak berjalan seperti orang yang ditemuinya dengan kehidupan yang lebih baik dan lebih segalanya.

Kalau kamu gimana Dears, di antara tiga penyebab utama tersebut mana yang paling sering kamu alami. Sadari bahwa perasaan insecure tidak seharusnya terus dipupuk dalam diri dan tidak semua hal yang ada di depanmu harus berjalan sesuai keinginan dan kendalimu. So, ketika beberapa hal tidak berjalan dengan sempurna, jangan merasa insecure dan memandang rendah diri sendiri. Justru harus bisa menghadapi rasa insecure itu dan kepercayaan terhadap diri sendiri meningkat serta tidak lagi memandang diri terlalu rendah dibanding orang lain.

 

Featured image: Photo by Juan Pablo on Pexels
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *