Ujian Datang Silih Berganti, Bisa Jadi Ini Penyebabnya, Dears!

Dears, setiap orang yang masih hidup pasti akan mengalami ujian, cobaan, hingga musibah yang datang silih berganti. Itu semua tidak dapat dimungkiri karena bertujuan untuk menguji seberapa kuat dan tangguh iman kita ketika diberi ujian dan musibah tersebut.

Namun pernahkah kamu merasa jika ujian selalu datang meski diri kita tak berbuat hal-hal yang dilarang? Atau ada yang sering berbuat keburukan, namun kemudahan dan kelancaran selalu berada dipihaknya. Pernahkah kamu membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain, Dears?

Tidak salah jika kita membandingkan dengan orang lain, karena memang sifat asli kita seperti itu. Hanya saja, tidak boleh kamu lakukan terus menerus. Ketika ujian, cobaan, dan musibah selalu menghampiri kita silih berganti, ada dua kemungkinan yang terjadi.

Pertama, Allah memang ingin menguji seberapa mampu kamu melewati semua ujian yang diberikan untuk menaikkan derajatmu satu tingkat dari sebelumnya.

Kedua, bisa juga ada hal lain yang menjadi penyebab ujian dan kesulitan hingga berlarut-larut. Mau tahu apa saja penyebabnya? Simak penjelasan berikut ini, ya, Dears.

Sering Menunda Salat

Apa hubungannya sih antara salat dan kesulitan yang dihadapi? Dengan salat, maka semua kesulitan dan masalah akan dibantu oleh Allah tanpa kita sadari. Selain itu, salat mampu membuka pintu rezeki dan pintu kebaikan yang lain. Oleh karenanya, ketika sering menunda salat, Allah akan menjauhkan rahmat-Nya dari seorang hamba sehingga disulitkan dan diberi cobaan.

Tidak Patuh terhadap Orang Tua

Orang tua menjadi kunci keberhasilan seorang anak. Jika selalu taat dan membuat senang orang tua, maka semua pekerjaan dan jalan hidup terasa mudah dan lancar berkat doa orang tua. Namun, masih banyak di antara kita yang meremehkan hal ini, sehingga ketika ada masalah, seakan-akan rumit dan tidak segera terselesaikan karena tidak mendapat rida dari orang tua .

Menyepelekan dan Mempersulit Orang Lain

Hal yang dianggap sepele ini ternyata memiliki manfaat luar biasa bagi kita tanpa disadari. Terkadang, bantuan yang tanpa sengaja diberikan kepada orang lain akan menjadi penolong bagi kita ketika mengalami kesulitan. Berbeda halnya ketika mempersulit atau mengabaikan orang lain saat kesulitan, maka akan menutup pintu kemudahan bagi kita saat menghadapi ujian yang Allah berikan.

Dears, ujian bisa datang kapan saja kepada setiap orang, meski selalu berbuat kebaikan. Akan tetapi, ujian juga bisa datang karena kelalaian kita sebagai manusia dalam melakukan hal-hal yang menjadi penyelamat ketika sedang kesulitan.

Jika masih ada kesempatan untuk berbuat kebaikan, lakukanlah sebanyak yang kita bisa tanpa mengharap imbalan. Karena imbalan tersebut bisa datang kapan saja sesuai dengan yang kita butuhkan, bahkan tanpa kita minta sekalipun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *