skripsi

Tips Jitu Mengerjakan Skripsi, Pejuang Skripsi Wajib Tahu!

“Skripsinya udah sampe mana?”

“Ehh kapan lulus?”

Pejuang skripsi pasti sudah hal biasa mendapatkan pertanyaan seperti itu. Terkadang pertanyaan yang sebenarnya memang ditujukan murni untuk menanyakan progres skripsi, terdengar menyebalkan di telinga.

Belum ada ide topik, mana dosbing killer banget, tetangga ribut nanyain mau kerja dulu apa langsung nikah, ehh, teman-teman tak kalah menyebalkan. Keep calm, Dears. Daripada kamu terlanjur frustasi dan menunda kelulusan, yuk simak trik jitu dalam mengerjakan skripsi,

1. Ambil Topik yang Kamu Sukai

sumber: bustle.com

Dears, sebelum kamu berkecimpung dengan landasan teori, penelitian terdahulu, dan sebagainya ada baiknya kamu memikirkan topik skripsi yang benar-benar kamu sukai. Karena skripsi bukan sekadar tugas akhir yang harus kamu selesaikan sebelum mendapat gelar sarjana, skripsi lebih ke karya pribadi yang benar-benar menunjukkan kamu banget.

Ambil topik yang sekiranya kamu akan have fun dalam mengerjakannya. Mungkin bab pendahuluan dan landasan teori bukan masalah besar untuk kamu kerjakan, tapi setelah memasuki bab pembahasan kamu akan mulai mendapatkan masalah yang nyaris bikin frustasi. Entah metodenya tidakk bener, alat analisisnya salah, dan masalah-masalah lain yang membuat kamu malas menyelesaikannya dan ada keinginan ganti judul.

Nah, sebelum kamu terlanjur basah dan tidak bisa naik ke permukaan, lebih baik antisipasi dari awal.

2. Rajin Bimbingan

sumber: photodune.net

Iya tau dosennya killer dan mendadak ruang dosen lebih mirip rumah keluarga Perron di film The Conjuring, tapi, Dears, walaupun begitu kamu harus tetap rajin bimbingan. Jadwalkan bimbingan secara rutin, seminggu sekali atau dua minggu sekali.

Tahukah, Dears, se-killer-killer-nya dosen, mereka akan tetap memberikan masukan untuk skripsi kamu. Setidaknya memberikan sepenggal kalimat pencerahan tentang kebingungan kamu. So, kalau kamu mulai pusing dan merasa butuh bantuan datang ke dosen pembimbingmu ya. Katakan apa masalahmu, nanti kamu akan langsung mendapatkan omelan tersiratkan pencerahan. Hehe.

3. Diskusikan dengan Teman

sumber: supportingeducation.org

Kamu pasti punya kan teman satu prodi yang pintar luar biasa sampai menguasai semua mata kuliah? Saat kamu kesulitan dengan salah satu teori ada baiknya kamu mendiskusikan dengan temanmu.
Jika kamu akan kena ceramahan panjang dengan dosen pembimbing, kamu akan mendapatkan penjelasan dari berbagai sisi jika berdiskusi dengan temanmu. Secara tidak langsung temanmu akan memberikan solusi dari masalah yang kamu hadapi.

4. Kerjakan Secara Berkala

sumber: gosto-disto.com

Sistem kebut semalam juga tidak baik diterapkan untuk skripsi lho. Kamu perlu pemahaman mendalam untuk mengerjakan skripsi. Lebih baik kamu buat jadwal berkala, 3 jam/hari untuk mengerjakan skripsi lebih baik daripada kamu hanya menggunakan sehari penuh dalam seminggu untuk berkecimpung dengan teori.
Hasilnya jauh lebih baik, dan pastinya kamu tidak akan mudah pusing.

5. Rehat Sejenak

sumber: creativemarket.com

Setelah tiga perempat jam kamu menghadap laptop dan kamu mulai menguap, mata berair, atau kehilangan ide dalam otak, ada baiknya kamu berhenti sejenak. Renggangkan otot dan beranjak. Sekadar ke dapur untuk membuat minuman hangat atau menengok kebun sebelah rumah yang dipenuhi tanaman hijau. Itu akan membuat ngantukmu hilang dan kembali bersiap melanjutkan pekerjaan.

6. Jangan Lupa Liburan di Akhir Pekan

Sempatkan liburan ya, Dears. Jangan teralu fokus dengan skripsi sampai kamu lupa bersenang-senang. Kamu juga perlu berlibur untuk membuat pikiranmu kembali fresh dan nantinya siap digunakan kembali untuk menyelesaikan skripsi. Pantai atau bukit bisa kamu jadikan alternatif liburanmu di akhir pekan.

7. Berdoa

sumber: sarahmuzaffar.wordpress.com

Tanpa doa, segala usaha yang dikerahkan akan sia-sia. Setelah cukup berusaha tidak ada salahnya untuk berdoa. Manusia lumrahnya menargetkan dan Allah yang akan mengabulkan. So, sertakan Allah dalam usahamu ya.

Itulah, beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam mengerjakan skripsi. Semoga bisa membantu ya, Dears. Terus berusaha dan jangan patah semangat para pejuang skripsi! Tinggal selangkah lagi menuju gerbang kelulusan.

 

Featured image: Pexels.com
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

3 thoughts on “Tips Jitu Mengerjakan Skripsi, Pejuang Skripsi Wajib Tahu!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *