Tips Beres-beres Rumah Saat Malas Melanda

Rumah yang bersih dan rapih adalah cerminan pemiliknya. Kenyamanan tentu mutlak di perlukan bagi penghuni suatu hunian. Bagaimanapun, tingkat kebersihan dan kerapihannya sangat memengaruhi semangat serta mood dalam melakuan semua aktivitas.

Namun demikian, tidak selamanya semangat ada dalam diri kita. Ketika malas melanda, stres dengan urusan lainnya yang menyita perhatian serta pikiran, menjadikan aktivitas beres-beres rumah sangatlah sulit dilakukan.

Dears, ketika ini terjadi padamu, 7 tips berikut bisa kamu coba agar rumah tetap rapih, cek apa saja, yuk !

1.Tentukan Skala Prioritas

Saat malas melanda, tentu kamu tidak bisa melakukan rentetan pekerjaan seperti biasanya. Buatlah tingkatan pekerjaan berdasarkan prioritas. Misal, dari 10 checklist pekerjaan rumah, 3 diantaranya mau tidak mau harus dilakukan, maka fokus saja pada 3 pekerjaan tersebut. Sisanya kamu bisa atur di kemudian waktu.

2. Jangan Tunda Pekerjaan Kecil

Kamu tidak akan pernah tahu kapan rasa malasmu berakhir. Untuk itu, jika ada kesempatan melakukan langkah sederhana yang bisa meringankan beban pekerjaanmu secara keseluruhan, maka lakukanlah hal tersebut. Misalnya, setelah selesai makan, kamu bisa langsung mencuci piring meski hanya satu piring saja.

3. Turunkan Standar

Jika pada kondisi normal kamu punya standar tinggi, maka ketika si malas datang, turunkan standarnya. Contoh, kamu terbiasa mengepel lantai dalam satu hari sebanyak dua kali, maka saat kondisi malas, cukup lakukan satu kali saja, atau jika hanya dengan menyapunya lantai sudah terlihat bersih, itu saja sudah lebih dari cukup.

4.Kelompokan Pekerjaan

Kelompokan pekerjaan dari yang ringan sampai berat. Lakukan pekerjaan yang bisa kamu lakukan dalam kurun waktu singkat dan tak banyak menguras tenaga serta pikiranmu. Misal hari ini kamu akan fokus pada pekerjaan mencuci saja, artinya pekerjaan lain di luar mencuci tidak usah kamu lakukan. Lupakan sejenak pekerjaan menguras kamar mandi, menyapu halaman yang luas, dan pekerjaan lainnya yang menurutmu berat untuk dilakukan saat ini.

5. Lakukan dengan Santai

Tidak usah terburu-buru melakukan pekerjaan yang ada. Jika sebelumnya kamu bisa melakukan semua pekerjaan rumah dalam kurun waktu satu sampai dua jam, maka saat malas atau stres melanda, jangan buat target pekerjaanmu dengan durasi sama. Lakukan sesuai nyamannya suasana hatimu, diiringi lagu kesukaan, nyemil makanan favorit, jeda untuk istirahat setelah melakukan suatu pekerjaan, adalah beberapa alternatif santai yang bisa kamu lakukan.

6.Taruh Alat Kebersihan dengan Benar

Meski kamu sedang tidak bersemangat, tidak ada salahnya menaruh alat kebersihan pada tempat yang biasa dilihat dan konsisten meletakannya di tempat yang sama. Hal ini akan sangat membantumu di setiap kesempatan untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Ingat, moodmu tambah kacau jika kamu tidak menemukan alat kebersihan di tempat biasanya, bisa jadi kamu akan uring-uringan untuk suatu hal yang disebabkan oleh ulahmu sendiri.

7.Minta Bantuan Anggota Keluarga

Jika kamu tinggal bersama, tidak ada salahnya minta bantuan anggota keluarga lain. Dengan mengerjakan bersama, tentu semua pekerjaan akan semakin ringan dilalukan. Minta pasangan atau anak-anak membantumu dalam penyelesaian pekerjaan rumah.

Dears, itulah 7 tips yang bisa kamu lakukan agar aktivitas beres-beres rumah tetap terlaksana, meski malas sedang melanda, semoga terbantu ya.

 

*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *