Tipe Teman Toxic Punya Sifat Ini. Hindari bila Ada di Sekelilingmu!

Dears, sebuah hubungan pertemanan seharusnya membawa pengaruh positif. Saling mengingatkan dan memberi masukan demi kebaikan bersama. Bergaul dengan pedagang parfum akan membuatmu terkena wangi. Begitu juga, saat kamu berada dalam lingkungan pertemanan yang taat beribadah. Secara otomatis, kamu juga menjadi taat beribadah.

Namun, bagaimana bila di sekelilingmu ada teman yang memberi pengaruh negatif? Sudah pasti hal tersebut juga akan menular kepadamu, Dears. Tipe teman yang membawa dampak tidak baik, adalah teman toxic. Sebaiknya jauhi dan hindari, karena bisa membuatmu menjadi orang yang lebih buruk. Tipe apa saja yang termasuk teman toxic? Nih, daftarnya.

Si Penjilat

Image by Pinterest

Teman dengan tipe penjilat sering memberikan pujian dan sanjungan yang berlebihan tapi palsu. Selalu ada maksud tersembunyi dibalik semua sikapnya. Jarang, bahkan mungkin tidak pernah tulus memberi perhatian. Sering ramah, tapi berlebihan sehingga terkesan lebay. Jauhi, ya, Dears, karena tipe teman begini, tidak akan ada buatmu dan tidak akan membantu, bila berada dalam kondisi kesulitan.

Si Manipulator

sumber: http://www.supportingeducation.org/

Sebenarnya, teman dengan sifat ini, pintar memengaruhi orang lain. Tepat bila dijadikan staff marketing. Namun, si manipulator ini terlalu suka mengatur, munafik, dan pandai berpura-pura. Bahkan hal kecilpun, tak luput dari pengaturannya. Dia akan mengerahkan segala cara untuk membuat segala sesuatu seperti keinginannya.

Si Kritikus

Pict by. idn times.

Tipe ini merupakan teman yang tak pernah bersyukur. Dia merasa paling benar dan tidak pernah mau disalahkan. Apapun yang dilakukan orang lain akan dinilai jelek dan tidak benar. Bahkan, teman toxic satu ini selalu mengeluh, bila semua hal tidak sesuai dengan standartnya. Namun, tidak mampu memberikan pendapat dan solusi bila diminta.

Si Pemakan Energi

Pict by. batamnews.co.id

Pernah menghadapi teman yang selalu meributkan hal-hal sepele, tidak pernah sekalipun mendukung tindakanmu, dan mendebat setiap pendapat serta perkataanmu, Dears? Tipe teman toxic ini bakal menguras energimu dengan sia-sia. Teman tipe ini hanya akan membuat kita capek lahir batin, Dears. Menyalahkan tapi tak mampu memberi jalan keluarnya, bahkan sering berpikiran tidak logis.

Si Pesimis

Photo by. lifestyle.okezone.com

Sifatnya yang pesimis dan sering merendahkan kemampuan orang lain akan membuatmu ragu untuk maju. Rasa takut yang berlebihan membuat orang disekitarnya ikut merasakan hal yang sama. Tak jarang, teman tipe pesimis akan meragukan kemampuanmu dan membuat performamu terlihat jelek.

Si Bermental Korban

Foto: Pexels

Teman tipe ini bagai duri dalam daging, Dears. Dia akan mengkambing hitamkan orang lain atau faktor lain untuk setiap kesalahan serta kegagalan yang dialaminya. Sulit membuatnya mengaku, bila itu adalah kesalahannya. Saat situasinya terpojok, dia akan berdalih, bahwa ini adalah ide orang lain. Sangat suka mencari perhatian, tapi akan memakai seribu alasan bila diberi tugas dengan tanggung jawab besar.

Benar-benar sifat yang tidak menyenangkan dan sangat merugikan bukan? Tidak hanya bagi diri sendiri tapi juga orang lain. Semoga kita dan lingkungan pertemanan kita dijauhkan dari teman toxic ya, Dears. Pandailah memilih teman agar kamu tak salah langkah.

 

Featured image: Photo by Dương Nhân on Pexels
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *