Tidak Punya Banyak Waktu Membuat MPASI, Cek 5 Resep Puree yang Mudah dibuat dan Bergizi

Untuk seorang ibu, terlebih yang baru pertama kali memberikan MPASI ( makanan pendamping ASI ), kegiatan ini merupakan momen yang menyenangkan. Setelah bayi genap berusia 6 bulan, buah hati kita sudah siap menerima makanan padat karena di usia itu mereka membutuhkan nutrisi lebih. Dan ASI saja tidak cukup.

Masalahnya kita tidak bisa sembarangan memberikan makanan pada bayi, karena mereka masih sulit untuk menelan dan mencerna makanan yang sifatnya keras. Puree atau bubur halus merupakan MPASI pertama yang bisa diberikan untuk si kecil, dan sebaiknya menggunakan bahan makanan yang biasa dikonsumsi di rumah, bukan bubur pabrikan.

Lalu makanan apa yang bergizi mudah dibuat dan tetap lezat untuk buah hati kita? Tidak perlu bingung. Dilansir dari zonamama.com ada 5 resep puree yang bergizi tinggi dan mudah diadaptasikan. Yuk, Dears, kita buat buburnya.

1. Bubur Susu Kacang Hijau

Tahu nggak, Dears, ternyata si kecil bulat hijau ini memiliki banyak sekali manfaat dan kandungan gizi yang untuk bayi, lho. Ada vitamin A, D, E, K, dan B-6 , protein, zat besi, flavoroid, asam folat dan kalsium. Dilihat dari gizinya, dengan mengonsumsi kacang hijau dapaylt membantu perkembangan tulang gigi, mendukung perkembangan otak sampai meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Bahan yang diperlukan
~ 10gram tepung kacang hijau
~ 200ml ASI
Cara buatnya mudah kok.
Masak terlebih dahulu tepung hijau dengan sedikit air. Setelah matang, angkat dan taruh di mangkuk kemudian tambahkan ASI.Didinginkan. Setelah itu bubur susu kacang hijau bisa diberikan kebuah hati kita.

2. Puree Beras Merah

Sudah tak asing lagi, beras merah sering dibuat bubur untuk bayi karena kandungan gula yang lebih rendah dari beras putih. Tidak hanya itu, beras merah mempunyai banyak zat gizi antara lain: vitamin A, vitamin B kompleks, protein, zat besi, serat, asam amino triptopan, selium, magnesium dan asam lemak alpa linolenat.

Bahan untuk membuat puree beras merah:
~ Beras merah secukupnya
~ ASI
Cara buatnya tidak rumit kok.
Pertama masak beras merah hingga menjadi bubur, lalu saring pakai saringan kawat kemudian campur dengan ASI.
Tadaaa … puree beras merah sudah jadi. Mudah bukkan membuatnya?

3. Puree Alpukat

Alpukat jenis buah yang disukai banyak orang ini mempunyai kandungan lemak tak jenuh dari vitamin E. Alpukat memiliki rasa yang enak dan tekstur yang lembut, sehingga pas untuk dijadikan sebagai makanan pendamping ASI.

Bahan yang dibutuhkan membuat Puree alpukat:
~ 50gram alpukat ( yang sudah dikupas, dicuci bersih dan dipotong – potong)
~ 30ml ASI
Seperti ini cara buatnya:
Penyet – penyet alpukat, saring sampai halus tanpa. Yambahkan air kemudian, taruh di mangkuk, lalu campur dengan ASI. Puree alpukat siap disantap si kecil.

4. Puree Pisang

Pisang memiliki pasokan nutrisi penting dapat membantu perkembangan sehat bayi. Di antaranya kalsium, kalium, magnesium, karbohidrat dan lain-lain. Pisang juga bisa langsung diberikan karena rasanya yang manis, tekstur yang lembut dan mudah dilumat sikecil.

Bahan membuat puree pisang antara lain:
~ 1 buah pisang ambon
~ 30ml ASI
Cara buatnya gampang sekali.
Kamu hanya perlu mengerok pisang menggunakan sendok lalu tambahkan ASI.
Tidak sulit membuatnya kan, Dears?

5. Puree Apel

Buah khas kota Malang ini memiliki banyak kandungan gizi seperti vitamin A, vitamin C, kalium, magnesium dan mineral lainnya yang sangat baik bagi pertumbuhan anak. Selain mudah dicerna juga tidak menyebabkan alergi untuk buah hati kita.

Bahan untuk mengolah puree apel:
~ 50gram apel manis
~ 20ml ASI
Cara buat puree aple cukup mudah.
Kukus apel sampai empuk, lalu saring dengan saringan kawat hingga lembut, kemudian tambahkan ASI.
Puree apel pun sudah jadi siap untuk dilahap sikecil.

Bagaimana, Dears, simpel dan mudah ckan buatnya? Kita harus pintar memilih makanan yang baik untuk si kecil, tidak hanya nilai gizinya saja, tetapi harus aman dikonsumsi bayi.

Mudah, praktis dan bergizi ya makanan homemade ini? Bisa jadi alternatif. Selain aman, nilai gizinya pun terjamin. Nah Dears, 5 resep ini bisa kamu aplikasikan untuk bayi kamu.

Foto: Smartmama.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *