The World Of The Married, Ini Pelajaran yang Bisa Diambil!

Akhir-akhir ini Indonesia sedang ramai memperbincangkan drama korea yang sangat menguras emosi, yaitu tentang kehidupan keluarga yang tadinya bahagia dan baik-baik saja dengan lingkungan pertemanannya, seketika hancur dalam semalam saat sang istri mengetahui suaminya berselingkuh dengan wanita lain yang jauh lebih muda. Dan lebih parah nya lagi, perselingkuhan itu sudah terjadi cukup lama.

Banyak sekali pelajaran tentang kehidupan yang dapat kita ambil dari K-drama ini loh, Dears, terutama untuk para ladies. Hayoo…Siapa yang udah nonton dramanya, nih? Pasti emosinya naik turun ya saat nonton. Untuk yang belum nonton, jangan khawatir, karena saya akan berbagi moral value dari drama yang sedang hype ini!

1.Wanita Harus Melek Tentang Keuangan

Sumber: google

Menjadi seorang wanita baik itu istri maupun yang belum menikah, harus bisa mengatur tentang keuangan dengan baik ya, Dears. Sebab, wanita adalah makhluk yang paling labil apabila menyangkut keuangan. Oleh karena itu, istilah melek keuangan di sini maksudnya adalah baik pengelolaan, pemanfaatan, dan pengendaliannya harus bisa dilakukan secara mandiri oleh kita para ladies.

Dalam drama ini, Ji Sun Woo yang berperan sebagai istri dari Lee Tae Oh yang berselingkuh, Sun Woo sangat pintar dalam hal mengelola keuangan. Dia melakukan berbagai cara untuk menyelidiki keuangan pribadi maupun keuangan perusahaan suaminya. Hingga akhirnya dia tahu bahwa suaminya melakukan hal yang mencurigakan karena sang suami menggunakan uang perusahaan dan uang asuransi milik anaknya untuk urusan pribadi.

2. Baik Wanita Karier atau Ibu Rumah Tangga, Tidak Ada yang Sempurna

Sumber: urbanasia.com

Jadi wanita karier atau ibu rumah tangga? Pertanyaan ini sudah sering muncul sejak era globalisasi. Seiring berkembangnya waktu, semakin meningkatnya biaya yang diperlukan untuk memenuhi hak anak mendapatkan pendidikan yang layak, maka saat ini sudah tidak asing lagi jika melihat pejabat, bos, direktur dan CEO wanita.

Ji Sun Woo merupakan seorang dokter yang sangat kompeten dan sibuk. Dia juga sebagai seorang direktur muda di rumah sakit tempatnya bekerja. Hingga waktu yang dia gunakan untuk mengurus anak dan suaminya sangat sedikit. Namun, dia tetap melakukan yang terbaik dalam mengurus sekolah dan les anaknya, masalah perusahaan suaminya, dan tetap memasak setiap hari untuk keluarganya. Jadi, baik wanita karier maupun ibu rumah tangga, keduanya tidak ada yang sempurna, karena masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan.

3. Banyak Orang Tua yang Tidak Terlalu Mengenal Anaknya

Sumber: google

Orang tua memang selalu ingin tahu apa yang anaknya lakukan dan apa yang anaknya inginkan, tapi kenyataannya, banyak anak-anak yang lebih memilih untuk tidak mengutarakan pendapatnya daripada harus mendengar penolakan dari orang tuanya. Hal yang harus dilakukan oleh orang tua adalah selalu mendukungnya dan jangan terlalu mengekang anak, terutama anak yang sedang memasuki usia remaja.

Joon Young, anak Sun Woo dan Tae Oh, merupakan anak lelaki yang sedang memasuki usia remaja. Ji Sun Woo sangat ingin anaknya pintar dalam akademik sehingga membuat Joon Young harus les sampai malam. Di sisi lain, Sun Woo tetap memberikan kesempataan kepada Joon Young untuk melakukan hobinya, yaitu bergabung dengan klub bisbol di sekolah. Walaupun sebenarnya Joon Young tidak ingin mengikuti les matematika, namun dia tetap menuruti permintaan ibunya.

Akhirnya, emosi Joon Young meluap saat ibunya tahu Joon Young bolos les matematika dengan berkata bahwa ibunya tidak tahu apa-apa dan tidak pernah punya waktu untuk mengurusnya.

Jadi, walaupun berkarier harus tetap dampingi dan pahami keinginan anak, terutama anak yang sedang menginjak usia remaja.

3. Wanita Harus Punya Prinsip Hidup

Sumber: idntimes.com

Bukankah ini hal yang memang diketahui oleh semua wanita? Namun nyatanya masih banyak saja wanita di luar sana yang menjadi buta karena cinta (alias bucin…hihihi). Prinsip pertama yang harus dimiliki wanita adalah bagaimana kamu ingin menikmati kehidupan, apakah ingin bahagia walaupun menjadi sedikit egois, atau selalu memaklumi kesalahan orang lain walaupun sedikit menyakitkan untukmu. Mempunyai prinsip dan pendirian bukan berarti kamu harus menjadi orang yang kaku, ya.

Sun Woo yang sudah mengetahui suaminya berselingkuh dengan Da Kyung menjadi semakin stres karena selalu memikirkan itu. Sempat berpikir untuk memaafkan suaminya karena Sun Woo tidak ingin rumah tangganya yang sudah dia bangun belasan tahun hancur karena wanita lain. Sun Woo juga tidak ingin anaknya menjadi korban perceraian dirinya dengan Tae Oh. Tapi, saat mengetahui bahwa Da Kyung hamil anak Tae Oh, Sun Woo justru menjadi semakin yakin untuk menceraikan suaminya walaupun banyak yang harus direlakan.

4. Kebahagiaan Dalam Keluarga Bukan Hanya Tentang Materi

Sumber: matamata.com

Tentu, dalam berkeluarga salah satu yang melengkapi kebahagiaan adalah tentang materi. Namun, perlu diingat bahwa materi bukanlah hal yang utama lho. Kunci utama untuk mendapatkan kebahagiaan dalam sebuah keluarga adalah kesetiaan dan kepercayaan. Jika sudah saling setia dan percaya, makan hal lainnya akan mengikuti dan saling melengkapi.

Min Hyun Seo, pasien Sun Woo yang mengalami kekerasan dalam hubungannya dengan pacarnya, mengira bahwa kehidupan Sun Woo sangat sempurna, karena memiliki suami yang tampan, family man, dan CEO perusahaan milik sendiri. Namun di balik hal itu, banyak kisah menyedihkan yang dialami Sun Woo dalam rumah tangganya yang terlihat sempurna itu, salah satunya adalah perselingkuhan yang sudah terjadi selama 2 tahun dan sampai sekarang baru ketahuan.

5. Segera Akhiri Jika Menyakitkan

Sumber: google

Apa pun itu, jika sesuatu yang menyakitkan itu merugikanmu, maka tidak akan ada penyesalan bagimu jika mengakhiri semua itu. Baik dalam hubungan, pertemanan, dan bahkan suami istri. Kamu harus tegas dalam menyikapi sesuatu. Jika ada yang salah, segera luruskan. Jika ada yang berkhianat, segara bicarakan. Jika tidak bisa dibicarakan, maka akhiri saat itu juga.

Min Hyun Seo, korban kekerasan dalam hubungannya dengan pacarnya. Sun Woo, korban perselingkuhan dalam rumah tangganya bersama suaminya. Kedua orang tersebut awalnya masih menganggap bahwa selama cinta itu masih ada, maka tidak masalah jika bertahan walaupun sedikit menyakitkan. Tapi, pada akhirnya, mereka menyerah dan mengakhiri hubungan tidak sehat itu.

6. Hati-Hati Dalam Memilih Lingkungan Pertemanan

Sumber: instabusters.net

Semua orang pasti memiliki lingkungan pertemanan. Tapi, kita harus tetap jaga privasi kita walaupun dengan sahabat sendiri ya, Dears. Apalagi saat sudah berkeluarga, alangkah lebih baik untuk curhat hanya antara suami dan istri, tidak perlu sampai ke luar. Karena, sahabat kita juga punya pasangan masing-masing, dan mereka punya lingkungan pertemanan yang berbeda pula. Jadi, jangan terlalu percaya dengan teman.

Sun Woo yang mengira bahwa dia dikelilingi oleh rekan kerja sekaligus teman-teman suaminya yang sangat baik dan pengertian, justru malah dikhianati. Teman-temannya bahkan membantu suaminya untuk menutupi perselingkuhan Tae Oh dengan Da Kyung. Teman-temannya masih mengira bahwa Sun Woo tidak mengetahui perselingkuhan itu. Bahkan mereka sering memberikan pujian kepada Sun Woo dan Tae Oh atas rumah tangganya yang selalu terlihat sempurna.  Namun sekarang Sun Woo lebih pintar memilih dan memilah teman, walaupun akhirnya tidak ada teman yang benar-benar dia percaya

 

Featured image: Photo on Urbanasia.com
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *