Ternyata Posisi Tidur Miring Ini Memengaruhi Kualitas Tidurmu

Dears, tidur termasuk dalam kebutuhan yang penting, karena dengan tidur bisa kembali menyegarkan pikiran dan membuatmu lebih fokus dalam melakukan pekerjaan. Tetapi bukan hanya manfaat tidur saja yang penting untuk kamu ketahui. Bagaimana posisi tidur yang baik juga perlu kamu pelajari, karena ternyata sangat memengaruhi kualitas tidurmu.

Dears, posisi tidur yang salah bisa berdampak pada tulang dan menjadi masalah, seperti pada tulang leher dan tulang punggung. Meski setiap orang memiliki posisi tidur sesuai dengan kepribadiannya masing-masing, akan tetapi ada anjuran bagaimana posisi untuk menghasilkan tidur yang berkualitas. Selain itu, tidak dianjurkan tidur dalam kondisi kenyang karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan memperberat kerja lambung.

Posisi tidur yang kita ketahui pada umumnya adalah terlentang, miring ke kanan, miring ke kiri, dan tengkurap. Dari empat posisi tersebut, tidur miring ke kanan diketahui sangat baik untuk tubuh. Tidur dengan posisi miring kanan ini dapat membantu tubuh tetap berada dalam kondisi yang baik dan tidak memperberat kerja organ dalam. Sebagai contoh, ketika kamu tidur tengkurap organ jantung akan tertindih oleh beban tubuh, sehingga seseorang bisa kehabisan nafas dan berujung kematian jika tidak memperbaiki posisi tidurnya. Duh, jangan sampai ya, Dears.

Nah, berikut ini kita bahas posisi tidur miring ke kanan yang memiliki banyak manfaat luar biasa bagi organ dalam.

1. Posisi Jantung Berada di Atas

Jantung berada di sisi sebelah kiri, sehingga ketika kamu tidur dengan posisi menghadap ke kanan, beban tubuh tidak akan menindih jantung dan aliran darah tidak akan terganggu sehingga tidak menyebabkan kematian.

2. Pengambilan Oksigen saat Tidur Tidak Terganggu

Pengambilan oksigen tentu dipengaruhi oleh paru-paru. Ukuran paru-paru kiri lebih kecil dibandingkan sebelah kanan, sehingga ketika miring ke kanan beban paru-paru kiri tidak begitu berpengaruh besar terhadap jalan keluar masuknya oksigen.

3. Cairan di Lambung akan Turun ke Bawah

Bentuk lambung juga akan memberikan keuntungan bagi tubuh ketika tidur dengan miring ke kanan. Pasalnya, cairan yang ada di lambung akan turun ke kandung kemih mempercepat pengosongan lambung. Akibatnya, tidak akan memperberat kerja lambung saat tubuh sedang beristirahat.

4. Merangsang Buang Air Besar (BAB)

Ketika semua sisa bahan makanan termasuk racun di dalam tubuh yang ada di lambung turun ke bawah, akibatnya akan tertimbun di kandung kemih dan organ ekskresi lainnya. Hal inilah yang mengakibatkan posisi tidur miring ke kanan merangsang lancarnya pencernaan, baik buang air kecil maupun buang air besar di pagi hari.

Dears, itulah beberapa manfaat posisi tidur miring ke kanan. Anjuran dari Rasulullah Saw juga sebaiknya kita tidur dengan posisi ini. Kamu sendiri bagaimana? Lebih nyaman tidur dengan posisi miring ke kanan atau punya cara lain, Dears?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *