Terapkan 6 Hal Ini agar Anak-Anak Kita Rukun dan Saling Menyayangi

Dears, memiliki anak lebih dari satu tentu menyenangkan. Setiap orang tua tentu menginginkan anak-anak mereka kompak, rukun, damai, dan saling menyayangi. Tidak bisa dibayangkan, betapa sedih hati kita bila anak-anak mudah sekali bertengkar, saling iri, dan tidak ada kedekatan.

Meski demikian, layaknya sebuah hubungan, tentu hubungan kakak adik tidak mungkin selalu akur. Akan selalu ada masalah yang membuat mereka bertengkar. Sebagai orang tua, kita harus mengupayakan agar hubungan kedekatan antar saudara dapat dipupuk sejak dini agar tidak ada permusuhan.

Bagaimana caranya agar kakak adik rukun dan saling menyayangi?

1. Siapkan Kakak sebelum Lahir Adiknya

Jauh sebelum adiknya lahir, kakak harus sudah diberi pengertian, bahwa akan ada di tengah keluarga sosok lain selain dirinya yang juga disayang ayah dan ibu. Libatkan kakak mengurus adiknya sejak baru lahir. Jadikan dirinya tetap berharga meski ada adiknya dan ajaklah untuk bersama-sama menyayangi.

2. Ajarkan Anak Konsep Berbagi

Sejak bisa diajak komunikasi, anak harus segera diajarkan konsep berbagi. Tidak hanya berbagi barang atau makanan, tetapi juga kasih sayang, perhatian, waktu, dan kesempatan. Buatlah mereka sedini mungkin memahami dengan caranya, bahwa berbagi tidak berarti mengurangi tetapi justru menambah kasih sayang

3. Berikan Pengertian Saling Menolong

Anak-anak harus dipahamkan bahwa dirinya bukan makhluk individu, tetapi makhluk sosial. Akan ada saatnya membutuhkan pertolongan orang lain, terutama saudara. Baik kakak maupun adik harus saling menolong. Beri anak contoh betapa menderitanya hidup sendiri tanpa ada yang menolong dalam kesulitan.

4. Tegas Menegur

Bukan karena kakak harus mengalah hingga adik tidak pernah disalahkan dan selalu dibela. Bersikaplah adil. Buat semua mengerti bahwa ayah dan ibu akan bersikap tegas menegur siapa pun yang bersalah. Semua anggota keluarga harus terbiasa menyayangi dengan cara mudah memaafkan kesalahan dan menjaga agar tidak terulang kembali.

5. Biasakan Saling Mendukung dan Melindungi

Adik harus dibiasakan sejak kecil menghormati kakak, sebagaimana kakak juga harus dibiasakan sejak kecil bersikap dan bertutur kata yang baik agar menjadi contoh bagi adik. Perbedaan harus segera dicari jalan keluarnya. Bila tak mungkin disamakan, jadikan perbedaan sebagai cara untuk saling mengisi, serta tetap saling mendukung dan saling melindungi.

6. Tidak Membandingkan Kakak dengan Adik

Hal yang tak sadar sering dilewatkan orang tua adalah mengunggulkan atau merendahkan salah satu anak di depan anak lain. Bila berlanjut sampai dewasa hal demikian sangat berbahaya. Jangan pernah membedakan apalagi membandingkan anak-anak kita. Biarkan mereka menilai diri mereka sendiri dan memacu diri menjadi lebih baik dengan cara yang baik. Jadikan mereka sama-sama berharga bagi ayah dan ibu.

Keenam hal di atas tidak sulit dilakukan bila sungguh-sungguh mengupayakan. Memiliki anak-anak yang rukun sejak kecil hingga dewasa tentu menyenangkan, ya, Dears. Yuk, kita upayakan sejak dini!

 

*Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *