Tentang Bibliophile, Inilah 5 Ciri yang Membedakannya dari Kutu Buku

Bibliophile dikenal sebagai istilah bagi orang yang sangat menyukai buku. Orang yang demikian tidak hanya suka membaca namun memiliki ketertarikan yang lebih jauh terhadap buku. Seorang Bibliophile bisa memperlakukan buku dengan sangat istimewa sebagai bacaan kesukaan dan sekaligus sebagai benda kesayangan. Masih banyak orang yang belum tahu tentang Bibliophile ini dan ciri-ciri yang melekat.

Jika melihat dari definisinya, Bibliophile ini sering disamakan dengan kutu buku. Kedua istilah itu memang memiliki arti yang serupa yaitu sebutan bagi orang yang tidak terlepas dari buku. Namun beberapa hal membuat kedua istilah itu berbeda. Inilah beberapa ciri spesifik Bibliophile yang bisa membedakannya dari kutu buku.

Memiliki Cetakan Lain dari Buku yang Sama

Seorang penyuka bacaan mungkin akan puas dengan memiliki satu buku saja. Bagi seorang Bibliophile, hal tersebut tidak cukup. Seorang Bibliophile rela membelanjakan uangnya untuk buku yang sama namun dengan cetakan yang berbeda. Biasanya cetakan berbeda itu terlihat dari desain sampulnya. Melihat banyak tampilan berbeda meski dari satu judul buku yang sama akan membuat seorang Bibliophile sangat senang.

Suka Mengoleksi Buku Langka

Fakta tentang Bibliophile selanjutnya bisa terlihat dari kesukaannya dalam mengoleksi buku-buku langka. Mendapatkan buku langka bagi seorang Bibliophile seperti mendapatkan harta karun yang sangat berharga. Baginya, harga buku langka yang umumnya sangat mahal bukanlah masalah. Kesulitan dalam menemukannya juga bukan halangan.

Selalu Memberikan Tempat Khusus bagi Buku

Bagi seorang Bibliophile, buku sama halnya seperti dekorasi ruangan. Dengan tatanan buku yang pas, ruangan akan terlihat lebih menarik. Karena itulah, Bibliophile selalu memberi ruang khusus untuk buku-buku kesayangannya. Buku-buku tersebut pun harus disusun dengan sangat rapi agar bisa menambah keindahan dekorasi ruangan.

Menata Buku dengan Spesifik

Pengoleksi buku mungkin sudah cukup ketika buku-buku koleksinya bisa tersusun rapi di rak. Namun bagi seorang Bibliphopile, hal tersebut belum cukup. Seorang Bibliophile akan menata bukunya dengan lebih spesifik. Tidak hanya akan menyusunnya di rak, buku-buku akan ditata berdasarkan warna yang sama, berdasarkan pengarang atau bahkan berdasarkan urutan abjad.

Menilai Seseorang dan Bacaan Kesukaan

Banyak cara untuk bisa menilai seseorang. Tapi seorang Bibliophile akan menilai orang lain berdasarkan apa bacaan yang disukainya. Begitu juga ketika pertama kali berkunjung ke rumah orang lain, seorang Bibliophile akan langsung tertarik pada koleksi buku yang dimiliki orang tersebut. Semakin banyak ragam buku yang dimiliki, maka semakin berwibawa orang tersebut di mata Bibliophile.

Ternyata beberapa fakta tentang Bibliophile sangat menarik untuk diketahui. Apalagi Bibliophile memiliki pandangan yang berbeda tentang buku yang sering dihubungkan dengan hal lain, seperti desain ruangan hingga karakter orang lain. Beberapa ciri di atas bisa dijadikan pengetahuan ketika ingin banyak tahu tentang Bibliophile atau sekadar ingin mengenali orang lain.

 

Featured image: Photo on Unsplash.com
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *