Tak Pernah Diduga! 5 Benda Ini Menjadi Sarang Kuman di Rumah, Waspadalah!

Dears, kamu pasti tahu, tempat-tempat umum seperti ATM, pegangan kereta belanja, dan tombol lift merupakan salah satu tempat kuman bersarang. Namun, menurut Centers for Disease Control and Prevention, 76 juta orang Amerika setiap tahunnya mendapat serangan infeksi justru dari rumah, bukan dari tempat umum.

Ironisnya lagi, area yang paling kita cemaskan seperti dudukan toilet, justru paling sedikit kumannya karena kita rajin membersihkannya.

Dears, berikut ini kita ulas 5 sarang kuman tak terduga di rumah dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Spon Dapur

Hanya dalam beberapa jam, satu bakteri di dalam  spon pencuci piring dapat meledak menjadi populasi 1 miliar, jelas Bonnie Henry, MD., dalam Soap and Water & Common Sense. Hal itu disebabkan spon punya banyak celah dan sudut di mana bakteri dapat bersembunyi.

Bagaimana cara mengatasinya? Kamu bisa memasukkan spon lembab nonmetalik ke dalam panci panas atau microwave selama 1 menit.

2. Baju yang Baru Dicuci

Mencuci dengan mesin cuci masa kini memerlukan hanya sedikit air. Jumlah deterjen yang digunakan pun lebih sedikit dan temperatur pengering lebih rendah sehingga kurang efisien dalam membersihkan dan membunuh kuman.

Baju yang baru dicuci sekitar 25% terkontaminasi kuman yang berasal dari teknologi. Untuk mencegah hal tersebut, cuci pakaian dengan beban yang lebih kecil, sehingga air sabun bisa melewati kain secara bebas dan kuman dapat dikeluarkan dan dibilas. Cuci pakaian dalam dan handuk secara terpisah, karena keduanya merupakan sumber kuman terbanyak.

3. Shower Head

Shower head- ditemukan terkontaminasi mikrobakteri oleh para ahli di University of Colorado, Boulder. 

Mikrobakteri ini dapat menyebabkan infeksi paru yang bisa memicu batuk, demam, kurang nafsu makan, dan lelah.

Cara mengatasinya, gosok shower sekali seminggu dengan sikat bulu keras, lalu bilas dengan air bersih. Tutup hidung dan mulut terlebih dahulu untuk mencegah terhirup mikroba ini.

4. Remote Televisi

Baik studi maupun pengalaman pribadi menunjukkan, remote televisijarang dibersihkan, tapi sering dipegang. Hal ini menciptakan sarang kuman yang berkembang biak pesat pada alat ini.

Cara mengatasinya, rajin membersihkan remote seminggu sekali dengan lap desinfektan. Usapkan lap pada permukaannya, lalu buang.

5. Sepatu

Menurut sebuah studi, sol sepatu mengandung paling banyak kuman. Untuk mencegah lantai terkontaminasi kuman dan menurunkan risiko infeksi, lepaskan sepatu di luar pintu rumah dan kenakan sandal khusus untuk di dalam rumah.

Nah, Dears, tak pernah kita duga bukan? Ternyata sarang kuman ada juga di dalam rumah kita. Yuk, atasi sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *