Tak Perlu Mahal! 5 Bahan Alami Ini Bisa Memutihkan Gigi, Dears!

Memiliki gigi putih nan sehat adalah impian untuk setiap orang, apalagi jika kamu adalah orang yang selalu berhadapan dengan orang lain. Lalu bagaimana jika gigi kita mulai berwarna kekuningan? Zaman sekarang, orang-orang memilih cara instan untuk memutihkan dan menghilangkan plak. Padahal, jika kita cermati, ada banyak rempah alami yang mampu memutihkan gigi tanpa harus keluar kocek mahal.

Gigi yang menguning umumnya disebabkan oleh seringnya mengonsumsi kopi, minum teh dan merokok tapi jarang menyikat gigi. Kandungan nikotin pada rokok, tannin pada teh dan kafein pada kopi adalah penyebab terbesar menguningnya gigi. Selain tak sehat, gigi yang kuning tentu mengurangi rasa percaya diri.

Cara umum memutihkan gigi yang dilakukan biasanya adalah mendatangi dokter dan membersihkan karang giginya. Namun, tentu butuh biaya yang lumayan besar untuk itu semua.

Daripada mengeluarkan biaya besar dan menanggung risiko tak terduga, lebih baik kita mencoba memutihkan gigi dengan cara alami. Selain ramah di dompet, kita juga akan terhindar dari segala kemungkinan. Tentunya murah meriah, Dears.

Berikut adalah daftar bahan alami yang dipercaya ampuh untuk memutihkan gigi. Ada di sekitar kita, lo ….

1. Kulit Jeruk

Foto: Unsplash

Jeruk selain segar dan mengandung banyak vitamin C ternyata bisa juga untuk memutihkan gigi. Cukup dengan menggosokkan bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih secara teratur maka gigi secara perlahan akan menunjukan perubahan warnanya.

2. Baking Soda

Foto: Pexels

Baking soda memang sering direkomendasikan untuk memutihkan gigi. Baking soda juga mampu bekerja dengan menghapus plak-plak yang melekat pada gigi, sehingga gigi menjadi tampak lebih cling dan bersih. Cukup tambahkan baking soda pada pasta gigi lalu oleskan pada gigi.

3. Cuka Sari Apel

Foto: Unsplash

Selain efektif sebagai antibiotik alami, cuka apel bisa juga menjadi pembersih gigi dari noda yang sulit hilang. Terutama noda akibat sering minum kopi dan dampak paparan nikotin dari merokok.

Kandungan senyawa asam asetat, kalium, magnesium, probiotik dan enzim yang mampu membunuh kuman serta bakteri berbahaya dan mendorong pertumbuhan bakteri probiotik yang baik bagi pencernaan, sehingga asam cuka dapat membersihkan plak pada gigi dan membersihkan zat-zat berbahaya lainnya yang menempel di gigi. Kandungan PH cuka apel juga dapat menghapus noda di gigimu lho, Dears.

4. Merawat Gigi dengan Jahe

Foto: Pexels

Bahan rempah yang satu ini memang sudah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, siapa sangka jahe juga bisa memutihkan gigi lo, Dears.

Caranya sangat gampang, yaitu dengan membuat pasta gigi dari jahe, lalu gosokkan pada gigi secara bertahap setiap hari selama dua minggu berturut-turut dan lihat gigimu yang semula berwarna kuning akan berubah menjadi putih bersih.

Masih banyak bahan alami yang dapat kita gunakan untuk memutihkan gigi. Hanya perlu waktu dan kesabaran ekstra, karena apa pun yang alami tidak akan seinstan bahan kimia. Terpenting adalah aman untuk tubuh dan ramah di kantong. Demikianlah beberapa info seputar pemutih gigi alami, semoga bermanfaat ya, Dears.

 

*Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *