Tak Melulu dengan Harta Benda, Inilah 7 Cara Sederhana Bahagiakan Orang Tua Menurut Islam!

Berbakti dan membahagiakan orang tua adalah kewajiban seorang anak. Sebagian orang beranggapan, membuat orang tua bahagia artinya melimpahi mereka dengan harta benda. Hal tersebut sejatinya hanya salah satu cara mengukir senyuman di bibir ayah-bunda.

Penting dicatat bahwa garis hidup masing-masing orang berbeda. Ada yang ditakdirkan kaya sejak lahir, menggapai kesuksesan dengan jerih payah sendiri, atau sebaliknya, justru hidup dalam kesederhanaan. Bagi kamu yang merasa tak memiliki harta, coba buat orang tua bahagia dengan melakukan beberapa cara sederhana ini!

1. Berbicara Sopan

Foto: Pexels

Allah telah memerintahkan tiap anak untuk berbuat baik kepada ayah-bunda dan menyayangi mereka sepenuh hati. Hal tersebut tertuang dalam QS. Al-Israa’ ayat 23-24. Jangankan berkata kasar, menyebut kata “ah” saja tidak diperbolehkan, lo. Oleh sebab itu, jagalah sikap di hadapan orang tua, terlebih jika mereka telah berusia lanjut. Bertutur kata yang sopan dan lembut. Turunkan nada suaramu. Ingatlah bahwa mereka mencurahkan seluruh tenaga dan kasih sayang untukmu sewaktu kecil. Sudah sepatutnya kamu membalas kebaikan mereka kala tenaga dan tubuhnya mulai tak berdaya.

2. Selalu Menjaga Nama Baik dan Tak Mengambil Barang Milik Orang Tua Tanpa Izin

Foto: Pexels

Menjaga nama baik orang tua dapat dilakukan dengan berbagai cara. Sebagai contoh, tidak melakukan hal negatif yang berimbas pada tercorengnya nama baik ayah-bunda dan hindari membicarakan keburukannya di hadapan orang banyak. Selain itu, kamu juga harus menjaga sikap. Jangan mentang-mentang orang tua sendiri, lantas kamu bebas mengambil barang mereka sesuka hatimu. Tetap minta izin terlebih dahulu. Siapa tahu benda yang kamu ambil, sangat berharga bagi mereka ya, Dears.

3. Meringankan Beban Orang Tua

Foto: Pexels

Ringankan beban orang tua dengan membantu mereka melakukan pekerjaannya. Diminta bantuan atau tidak, selalu temui mereka dengan wajah ceria. Nah, apabila kamu sedang ada kepentingan sewaktu orang tua meminta bantuan, alangkah baiknya berikan mereka pengertian terlebih dahulu. Katakan alasanmu tidak dapat membantu mereka. Menjaga komunikasi dengan orang tua, akan membuat hubungan kian erat dan jauh dari perselisihan.

4. Memuliakan Kerabat serta Sahabat

Foto: Pexels

Tidak hanya bersikap sopan santun dan menyayangi orang tua saja, kamu juga harus peduli dan berperilaku baik kepada saudara serta sahabat dari ayah-bundamu. Perlakukan mereka layaknya orang tua sendiri. Memuliakan kerabat maupun sahabat dari orang tua, akan membuat hidupmu lebih bahagia dan berkah.

5. Biarkan Orang Tua Makan Lebih Dahulu

Foto: Pexels

Di masa kini, sering kita lihat anak mengambil makanan lebih dahulu. Sebagian orang tua mungkin tidak mempermasalahkan hal tersebut. Akan tetapi, sebagai anak sebaiknya kamu mengutamakan orang tua saat berada di meja makan. Kalau perlu, ambilkan mereka hidangan dan tawari mana yang mereka sukai. Selanjutnya barulah mengambil bagianmu.

6. Hindari Kebohongan

Foto: Pexels

Berbohong apapun alasannya tetaplah salah. Terlebih tindakan tersebut dilakukan kepada orang tua. Berusahalah untuk selalu berkata jujur. Kejujuran meski awalnya terasa mengecewakan atau pahit, ujungnya pasti melegakan.

7. Berziarah ke Makam Orang Tua

Foto: Pexels

Hal terbaik yang dapat kamu lakukan bagi orang tua yang sudah meninggal dunia adalah berziarah ke makamnya. Tidak cuma membersihkan makam saja, yang lebih penting adalah kirim doa untuk ayah-bunda. Seperti kita tahu, terdapat  tiga amalan yang tidak terputus bahkan setelah meninggal dunia yaitu, sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, serta doa anak yang saleh.

Tidak perlu menunggu kaya atau punya banyak harta untuk dapat membahagiakan orang tua. Rawat mereka sepenuh hati, berikan hal terbaik yang kamu miliki, dan senantiasa berperilaku sopan kepada ayah-bunda, niscaya mereka akan merasa bangga serta bahagia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *