Tak Banyak yang Tahu, 6 Makanan Ini Ternyata Bagus Dikonsumsi Bagi Penderita Asam Lambung

Dears, buat kamu yang memiliki riwayat penyakit asam lambung tentu sangat dianjurkan untuk selektif dalam memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi. Jangan sampai makanan tersebut mengandung zat yang dapat memicu naiknya asam lambung.

Penyakit asam lambung atau disebut juga GERD (Gastroesophageal Reflux Disease ) adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi rasa terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Banyak jenis makanan dan minuman yang memicu naiknya asam lambung, diantaranya cokelat, kopi, makanan berlemak, makanan pedas, buah asam, tomat, bawang bombay, dan bawang putih. Nah, untuk kamu yang sedang mengalami penyakit asam lambung, jangan khawatir, ternyata ada beberapa jenis makanan yang bisa bantu redakan asam lambungmu. Apa saja jenis makanan tersebut ? Yuk, simak penjelasannya dibawah ini, Dears !

  1. Oatmeal

Foto: Pexels.com

Oatmeal merupakan salah satu makanan diet yang baik dikonsumsi bagi penderita asam lambung,  karena dapat menyerap asam berlebih di lambung sehingga dapat mengurangi gejala penyakit asam lambung. Salah satunya adalah gejala reflux, yakni naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Selain itu, oatmeal yang kaya serat juga bisa membuat perut kenyang lebih lama.

2. Jahe

Foto: Pexels.com

Jahe sejak lama dipercaya untuk mengatasi masalah pencernaan. Jenis rempah yang satu ini ternyata tidak saja memberikan rasa hangat , tapi juga mampu mengurangi risiko naiknya asam lambung karena jahe mengandung zat anti-inflamasi. Untuk mendapatkan khasiat jahe yang luar biasa ini, kamu bisa menyajikannya dalam bentuk wedang jahe hangat.

3. Lidah Buaya

Foto: journal.sociolla.com

Selain bagus untuk kulit dan rambut, lidah buaya ternyata juga dapat membantu menenangkan saluran pencernaan akibat naiknya asam lambung. Menurut penelitian dari Journal of Science dan Kesehatan Lingkungan, minum jus lidah buaya secara teratur dapat membantu mencegah refluks, karena mengandung zat mukopolisakarida yang dapat mengurangi peradangan, termasuk peradangan di saluran cerna dan arthritis.

4. Pisang

Foto: Pexels.com

Pisang memiliki pH 5,6 sangat bagus untuk membantu meringankan gejala penyakit asam lambung. Selain itu , kandungan kalium yang terdapat pada pisang juga dapat membantu menyeimbangkan pH (derajat keasaman) di dalam lambung. Pisang juga mampu memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga baik dikonsumsi sebagai selingan diantara dua waktu makan. Selain itu, kandungan potasium yang terdapat ada pisang juga bermanfaat untuk menormalkan peningkatan tekanan darah yang terjadi akibat stres berlebih.

5. Sayuran Hijau

Foto: Pexels.com

Sayuran hijau seperti kacang hijau, brokoli, asparagus, kembang kol, selada, kentang, dan mentimun merupakan jenis sayuran yang mengandung kadar gula dan lemak yang rendah. Selain itu,  kadar asamnya yang rendah, sayuran hijau dapat membantu mengurangi naiknya asam lambung, serta dapat menenangkan lapisan esofagus. Brokoli misalnya, merupakan sayuran hijau yang mengandung kalium dan sulfur. Sulfur merupakan zat yang berperan sebagai antioksidan pelindung lapisan dalam kulit lambung.

6. Kentang Rebus

Foto: Pexels.com

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung serta mampu memberikan rasa kenyang yang cukup lama. Kentang rebus yang bersifat basa atau alkali, tentunya baik dikonsumsi sebagai menu sarapanmu untuk menetralisir asam lambung sebelum menyantap makanan lainnya.

Nah, itu dia, Dears, 6 makanan yang bisa membantumu meredakan sakit akibat naiknya asam lambung. Baiknya, semua makanan tersebut dikonsumsi secara teratur sebagai menu harianmu agar penyakit asam lambungmu tidak mudah kambuh.

Selain memperhatikan jenis makanan, tentunya kamu juga perlu menerapkan gaya hidup sehat seperti tidak merokok dan menghindari stres. Jika penyakit asam lambungmu tak kunjung sembuh dalam jangka waktu yang lama, tentunya kamu harus mengonsultasikannya ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *