Tak Ada Waktu untuk Sarapan? Simak 5 Resep Sarapan Praktis Ini, yuk!

Pagi hari, kamu sudah berpakaian rapi dan siap berangkat ke tempat kerja. Perut mengingatkan kalau kamu belum sarapan, tapi sudah tak ada waktu lagi. Sering mengalami hal ini, Dears?

Sarapan memang penting, tapi kita seringkali melewatkannya karena kesibukan di pagi hari. Padahal, melewatkan sarapan membuat kadar gula darah kita rendah, dan kita pun merasa lesu dan tidak bersemangat. Selain itu, jika tidak sarapan, maka kita cenderung menginginkan camilan manis menjelang siang hari. Ini tentunya tidak baik bagi kamu yang sedang menjaga keseimbangan berat badan.

Lalu, bagaimana menyiapkan sarapan yang praktis dan cepat, tapi tetap enak dan bergizi? Ayo kita coba 5 resep di bawah ini!

1. Smoothie

Membuat smoothie sangat mudah dan cepat. Masukkan 4 sendok makan rolled oats ke dalam blender, tambahkan potongan buah yang kamu suka. Bisa apel, pisang, atau yang lainnya. Jika kamu suka manis, bubuhi madu atau gula palem. Untuk cairannya, kamu bisa menggunakan air perasan jeruk, susu kedelai, ataupun air putih biasa. Tambahkan ke dalam blender, lalu proses hingga halus. Tuangkan ke dalam gelas, dan smoothie  sehat siap dinikmati.

2. Overnight Oats

Salah satu trik membuat sarapan cepat adalah menyiapkannya sejak malam sebelumnya. Siapkan toples kecil atau wadah bertutup lainnya, lalu masukkan 5 sendok makan rolled oats. Tambahkan potongan buah yang kamu sukai, serta kacang-kacangan untuk variasi rasa dan tekstur. Masukkan madu atau gula palem, lalu tambahkan susu atau yoghurt. Tutup toples, lalu kocok hingga isinya tercampur. Simpan dalam kulkas. Di pagi hari, kamu tinggal menikmatinya, atau membawanya ke tempat kerja tanpa repot memasak.

3. Granola

Siapkan granola di hari Minggu untuk persediaan seminggu. Campurkan dua cangkir rolled oats, kacang-kacangan dan buah kering. Masukkan secangkir madu dan mentega kacang, aduk hingga tercampur rata. Tuang ke dalam wadah datar yang lebar, lalu tekan-tekan hingga padat. Masukkan ke dalam kulkas selama kurang-lebih 4 jam. Potong-potong sesuai selera, lalu kemas dalam plastik. Simpan dalam wadah bertutup rapat.

4. Muesli

Kenal cereal? Anak-anak biasanya sangat suka makan cereal dicampur susu. Nah, muesli ini juga tidak jauh berbeda dengan cereal, hanya saja lebih menyehatkan karena terdiri dari berbagai biji-bijian dan buah-buahan. Caranya mudah. Ke dalam sebuah mangkuk sedang masukkan seperempat cangkir rolled oats, seperempat cangkir cornflakes, serta berbagai buah-buahan yang kamu suka. Bisa juga menggunakan buah kering seperti kismis atau cranberry. Tambahkan juga kacang-kacangan sebagai tambahan protein dan lemak sehat. Tuangkan susu, atau jika kamu tidak bisa minum susu bisa menggunakan susu kedelai. Muesli yang sedap siap dinikmati.

5. Banana-Oat Pancakes

Kalau kamu ingin sarapan yang lebih “berat”, resep pancake ini boleh dicoba. Haluskan dua buah pisang yang tua, campur dengan sebutir telur dan setengah cangkir susu atau yoghurt. Tambahkan secangkir rolled oats, beri sedikit garam dan baking powder. Kalau suka boleh dibubuhi setengah sendok teh kayu manis bubuk. Panaskan wajan dadar, lalu tuang adonan menggunakan sendok sayur. Tutup, tunggu 3 menit. Kue akan terlihat berlubang-lubang dan mengering di bagian pinggir. Balikkan, lalu tunggu 3 menit lagi. Lakukan sampai adonan habis. Hasilnya sekitar 4 buah pancake yang yummy dan mengenyangkan.

Ternyata menyiapkan sarapan tidak harus memakan waktu lama, ya, Dears. Jadi tunggu apa lagi? Ayo siapkan sarapan praktis bergizi untuk memulai hari-hari produktifmu.

 

*Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *