luka kena pisau

Tahapan Penyembuhan Luka yang Perlu Kamu Ketahui

Luka adalah suatu hal yang wajar terjadi karena diakibatkan oleh berbagai sebab. Salah satunya luka jari kena pisau. Luka ini biasanya terjadi saat kita sedang memotong bumbu dapur ataupun mengerjakan pekerjaan tertentu dan tidak sengaja melukai jari sendiri.

Jika hal ini terjadi pada kamu, apakah pertolongan pertama yang akan dilakukan? Sebelum diperban, akan lebih baik jika luka kena pisau dibersihkan terlebih dulu, baru diobati dan dibalut dengan perban. Ingat, jangan asal memilih perban. Menurut sumber gue sehat, ada berbagai jenis perban yang digunakan sesuai dengan jenis lukanya. Salah-salah, luka yang dialami bukannya membaik, malah semakin merusak jaringan lebih luas. Lebih parahnya, bisa berakhir dengan amputasi.

Selain menyesuaikan jenis luka, pastikan luka harus dalam keadaan bersih supaya terhindar dari infeksi

Nah, untuk membalut luka pada jari tangan atau kaki, perban yang digunakan adalah perban tubular. Perban ini terbuat dari bahan yang halus dan tidak memberikan tekanan untuk menghentikan perdarahan. Sementara itu, jenis perban lainnya yaitu perban gulung, perban segitiga, dan perban penutup luka (wound dressing). Perban penutup luka ini pun masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis seperti film dressing, simple island dressing, non adherent dressing, moist dressing, dan absorbent dressing.

Apakah yang terjadi ketika terjadi luka jari kena pisau?

Normalnya, luka akan sembuh setelah melalui beberapa tahap. Tahap penyembuhan tersebut yaitu fase koagulasi, fase inflamasi, fase proliferasi, dan fase maturasi.

Fase pertama yaitu koagulasi terjadi ketika luka terjadi dan berusaha untuk menghentikan pendarahan. Fase kedua yaitu inflamasi dimana jaringan luka mengalami peradangan guna mencegah infeksi terjadi. Ketiga, fase proliferasi dimana jaringan tubuh yang rusak akan digantikan dengan jaringan yang baru. Terakhir, fase maturasi dimana jaringan baru akan dimatangkan sampai luka sembuh seperti sedia kala.

Waktu penyembuhan luka memang tidaklah cepat. Namun, kamu bisa mempercepat proses penyembuhannya dengan menggunakan pita perekat dan kain kassa steril pada perban lukanya. Pastikan pula untuk mengganti perban setiap hari supaya luka tetap kering dan bersih.

 

Featured image: Photo by Hellosehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *