Susah Minum Air Putih? Lakukan 7 Hal Ini agar Kebutuhan Air Putihmu Tetap Terjaga

Sudah pernah mendengar kalau air putih bermanfaat untuk kesehatan, kan ya? Namun, ternyata banyak orang yang belum bisa melaksanakan anjuran ini karena berbagai kendala, termasuk di dalamnya karena lupa dan malas.

Nah, bagaimana caranya supaya kamu tetap bisa minum air sepanjang hari? Yuk, lakukan 7 hal ini ya, Dears!

1. Sediakan Botol Minum di Meja Dekat Tempat Tidur

Saat tidur selama 6 sampai 8 jam, tubuh tetap membutuhkan air. Namun saat terjaga kita seringkali malas mengambil air putih untuk minum karena harus ke luar kamar. Hal ini bisa disiasati dengan menyediakan air minum di dalam kamar. Bisa dalam gelas atau botol, menyesuaikan kebutuhan kita, yang penting air putih dalam jangkauan tangan kita. Minumlah air putih sebelum tidur, saat terjaga pada jam tidur dan saat bangun tidur. Bagi beberapa orang, kebiasaan minum air putih saat bangun tidur merupakan sebuah keharusan, sehingga kita dapat mencontohnya dalam kehidupan sehari-hari.

2. Sediakan Air Mineral di Kendaraanmu

Berkendara saat pergi atau pulang bekerja atau melakukan perjalanan lainnya membutuhkan energi yang banyak, apalagi kalau kita menyetir sendiri. Jika kamu mengendarai mobil, ada baiknya menyediakan air mineral botol di mobil dalam jumlah agak banyak, sehingga sewaktu-waktu harus melakukan perjalanan, air putih tidak akan lupa dibawa. Jika kamu terbiasa naik motor ke mana-mana, selalu pastikan ada botol air putih di bawah jok atau dalam tas yang dapat digantung di motor. Agar tidak lupa, siapkan pada sore hari sehingga saat bepergian sudah ada air putih tersedia.

3. Letakkan Botol Air Putih dalam Jangkauan Tangan

Beraktivitas, baik di dalam maupun di luar ruangan, seringkali membuat kita lupa minum air putih. Untuk menghindari lupa dan malas, letakkan air putih dalam jangkauan tangan kita. Jangan malu membawa botol besar jika kita beraktivitas di luar ruang atau berada di ruang ber-AC. Rasa haus mungkin tidak begitu terasa di ruang ber-AC, namun sebenarnya tubuh tetap memerlukan asupan air putih. Jika berada diluar ruang, pastikan air putih selalu ada di tas kamu ya, Dears.

4. Selalu Bawa Air Putih di Dalam Tas ke Mana pun Pergi

Buat kamu yang mobilitasnya tinggi, jangan lupa selalu membawa air putih di dalam tas. Banyaknya manfaat air putih  pasti akan membuatmu merasa sayang membawa tas tanpa air putih di dalamnya. Belilah botol minum yang menarik dan membuatmu selalu ingat untuk minum air putih. Membawa dari rumah tentu lebih baik karena tidak setiap saat kamu dapat membelinya di sela kesibukan dan aktivitas.

5. Selain di Ruang Makan, Letakkan Dispenser dan Gelas di Ruang Keluarga

Dispenser seringkali terletak di ruang makan, karena kita lebih sering minum sebelum dan sesudah makan. Namun tidak ada salahnya meletakkan dispenser air di ruang keluarga, sehingga saat berkumpul bersama keluarga, kita tetap  dapat mengambil air putih dalam jangkauan tangan. Saat bercengkerama dengan keluarga, kita dapat saling mengingatkan untuk banyak minum air putih.

6. Jangan Sungkan Meminta Air Putih saat Bertamu atau Makan Bersama

Saat bertamu kita seringkali disuguhi minum minuman yang manis. Sesekali bolehlah minum teh atau kopi manis, tapi buatlah target berapa banyak konsumsi dalam sehari agar tidak berlebihan. Kamu dapat menolak dengan halus jika disuguhi sirup, teh atau kopi manis dan sebagai gantinya mintalah air putih. Begitu pula saat makan bersama teman-teman atau keluarga, minumlah air putih sebagai teman makan. Selain hemat, meminum air putih saat makan akan meminimalkan asupan gula ke dalam tubuh kita.

7. Jadikan Minum Air Putih sebagai Gaya Hidup

Tren minuman terus berkembang saat ini, mulai dari produk lokal hingga resep luar negeri, tetapi sebagian besar mengandung gula. Bagi anak muda milenial atau keluarga berkecukupan, minum minman yang sedang ngetren membawa gengsi tersendiri.  Padahal minuman tersebut belum tentu sehat dan cocok untuk dikonsumsi. Bagaimanapun, memilih air putih sebagai gaya hidup adalah yang terbaik. Air putih akan menghidrasi tubuh kita dengan cepat, lebih hemat dan tentunya lebih sehat karena nol kalori.

Nah, kalau kamu sudah mengantisipasi berbagai kendala untuk minum air putih, jangan lagi beralasan lupa atau malas ya, Dears. Yang paling penting adalah pikirkan kesehatan kita sekarang dan kesehatan di masa depan dengan banyak minum air putih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *