Sudah Tertib Money Management tapi Uang Belanja Tak Cukup Hingga Akhir Bulan? Mungkin Bocor di Pos-Pos Ini!

Money management sangat penting untuk mengatur cash flow keuangan agar tak kelabakan di akhir bulan. Berabe kan, bila gajian masih lama tapi dompet sudah tipis. Namun, selama ini kamu sudah mengatur pengeluaran dengan tertib, tapi tetap saja nggak cukup persediaan di akhir bulan? Mungkin keuanganmu bocor di beberapa pos yang tak kamu perkirakan. Pos-pos apa saja yang tak terlalu diperhatikan, tapi ternyata menguras banyak pengeluaran? Nih, daftarnya.

Tagihan Tahunan

Pengeluaran bulanan, seperti belanja, tagihan listrik, atau telepon, pasti ada dalam daftar pengeluaran rutin. Tapi bagaimana dengan pengeluaran tahunan, seperti pajak kendaraan, pajak bangunan, atau ongkos perpanjang SIM? Mungkin terlewat. Untuk meringankan beban saat harus mengeluarkan tagihan ini setahun sekali, jumlah keseluruhan tagihan, dibagi dengan 12 bulan. Ingat, kamu harus disiplin, ya, Dears. Tiap bulan wajib menyisihkan untuk disimpan hingga saat digunakan.

Tagihan Sosialisasi

Sering mentraktir teman saat jalan bareng? Mungkin kalau hanya sekali-dua kali sebulan nggak masalah, ya. Tapi kalau hampir tiap ketemu teman-teman, kamu terbiasa nge-bossy, wah, keuanganmu bisa jebol, Dears. untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menganggarkan berapa budget yang akan digunakan untuk bersosialisasi. Bila telah melewati batas, kamu harus bisa menahan diri untuk tak hangout dulu.

Kondangan dan Hadiah

 

Berapa kali ada undangan dalam sebulan? Jawabannya tidak pasti, bukan. Ada kalanya tidak ada sama sekali, tapi sering juga dalam sebulan, ada banyak undangan pernikahan atau ulang tahun yang harus dihadiri. Nah, biaya untuk membeli hadiah atau hanya sekedar tali asih pasti tidak sedikit. Itulah sebabnya, pos satu ini harus mulai diperhatikan. Anggarkan sejumlah tertentu dalam satu bulan. Jadi kamu bisa tambal sulam bila bulan ini banyak undangan, dengan bulan-bulan sebelumnya yang minim undangan.

Jajan

Kalau anggaran belanja bulanan pasti sudah melingkupi kebutuhan makan selama sebulan di rumah. Namun, bagaimana dengan biaya makan di luar? Pasti ada masanya malas masak lalu memutuskan mengajak seluruh anggota keluarga makan di restoran. Padahal, biaya sekali makan di luar ini bisa dua kali lipat dengan ongkos makan di rumah. Jadi, mulai atur dan tentukan berapa kali makan di luar, agar pengeluaran bulananmu tak berlebih, ya, Dears.

Memanjakan Diri

Saat merasa galau, banyak deadline, atau sedang diterpa banyak masalah, pasti pengen melakukan apapun yang bisa mengembalikan semangat diri, ya, Dears. Biasanya, bisa ke salon, nonton, atau window shopping dan borong. Nah pengeluaran ini juga nggak sedikit. Kalau sering-sering bisa bikin dompetmu tak lagi berisi saat akhir bulan. Coba mulai masukkan pos mood booster di anggaranmu agar keuangan bulanan lebih terkontrol.

Mengatur keuangan bulanan memang harus detail dan disiplin, Dears. Usahakan semua diperkirakan dengan cermat. Walau memang rejeki sudah dijamin oleh Tuhan, tapi wajib bagi kita untuk tetap berusaha hemat agar tidak kesusahan bila akhir bulan tiba. Bisa-bisa gajian hanya untuk gali lubang tutup lubang.

 

Featured image: Photo on Pexels.com
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *