stress

Stress Bikin Bad Mood? Ganti Camilanmu dengan 5 Makanan Sehat Ini, Dears

Masing-masing orang tentu pernah merasakan stress. Entah itu karena lbeban kerja yang terlalu tinggi, atau masalah-masalah lain yang datang dalam hidupnya. Stress pada seseorang akan sangat mempengaruhi pola makannya. Sebagian orang ketika stress akan memiliki nafsu makan yang besar sehingga tak jarang di antara mereka menjadi lebih gemuk dari biasanya. Sedangkan sebagian yang lain justru sebaliknya, tak memiliki nafsu makan sama sekali.

Ketika stress, dorongan untuk mengonsumi camilan biasanya akan lebih besar dibanding dalam kondisi normal. Tak jarang juga camilan yang dipilih adalah junk food. Padahal ini justru akan memperparah stress karena kandungan yang ada di dalamnya. Cobalah ganti junk food dengan makanan-makanan sehat ini. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya tak hanya menyehatkan, tapi juga bisa membantumu untuk menghilangkan stress.

Alpukat

stress
Foto: Pexels.com

Alpukat punya kandungan glutathione yaitu zat yang secara khusus menghalangi penyerapan lemak tertentu pada usus yang menyebabkan kerusakan oksidatif. Selain glutathione, alpukat juga mengandung lutein, beta-karoten, vitamin E, vitamin B, dan folat. Selain bisa dinikmati secara langsung, kamu bisa mengiris tipis alpukat untuk dijadikan sandwich. Meskipun alpukat termasuk jenis buah, dia memiliki kandungan lemak di dalamnya. Jadi, jika kamu suka mengonsumsi buah ini, kamu perlu mengatur porsinya.

Berry

stress
Foto: Pexels.com

Blueberry dikenal sebagai buah yang mengandung antioksidan tinggi. Kandungan antosianin pada blueberry dapat menajamkan kognitif otak serta dapat melindungi jantung. Tak hanya blueberry saja, tapi semua buah-buahan jenis berry, seperti strawberry, raspberry, dan blackberry, memiliki kandungan vitamin C yang mampu digunakan untuk melawan stress. Peneliti Jerman telah melakukan survey kepada 120 koresponden dengan meminta mereka untuk berpidato. Setelah itu merea diminta untuk menyelesaikan soal matematika yang sulit. Dari hasil survey tersebut, koresponden yang telah mengkonsumsi vitamin C memiliki tekanan darah dan tekanan kortisol yang lebih rendah setelah rangkaian tes yang telah dilalui. Buah yang kaya akan manfaat ini lebih nikmat jika dibekukan lalu diblender dengan air.

Kacang Mede

stress
Foto: Pexels.com

Kacang mede merupakan salah satu jenis camilan yang digemari oleh banyak orang. Selain renyah dan rasanya yang gurih, kacang mede juga bisa membantu menghilangkan stress yang paling baik di antara semua jenis kacang-kacangan. Kandungan zinc yang tinggi dalam kacang mede mampu memenuhi 11% dari kebutuhan zinc harianmu. Kadar zinc yang terlalu rendah dalam tubuh dapat meningkatkan potensi kecemasan tinggi dan kecenderungan depresi. Sayangnya, tubuh kita tidak dapat menyimpan cadangan zinc sehingga kita harus mendapatkan asupannya setiap hari.

Kamu bisa memakannya langsung sebagai camilan, atau mencincang kasar kacang mede untuk taburan di atas roti panggang yang dioles alpukat. Tapi ingat, kandungan kalori dalam kacang mede ini cukup tinggi. Jadi, kamu tetap harus membatasi porsinya juga, Dears.

Cokelat

stress
Foto: Pexels.com

Dark-chocolate, secara khusus dikenal untuk menurunkan tekanan darah serta membantu menenangkan perasaan. Ini karena cokelat jenis ini memiliki kandungan polifenol dan flavonol yang merupakan antioksidan penting dibandingkan beberapa jenis jus buah. Kamu bisa tetap mengkonsumsi dark-chocolate dengan aman sebagai camilan seminggu sekali.

Siapa yang tak suka dengan makanan satu ini? Selain rasanya yang lezat, cokelat juga memiliki kandungan antioksidan yang sehat di dalamnya. Cokelat juga memiliki hubungan tak terbantahkan dalam hal memperbaiki suasana hati.

Jeruk

stress
Foto: Pexels.com

Kadar vitamin C paling tinggi dalam tubuh secara alami akan ditemukan di dalam kelenjar adrenalin. Dalam sebuah penilitian, persediaan vitamin C dalam tubuh dapat terkikis akibat stress. Inilah yang menyebabkan orang yang memiliki kadar vitamin C yang tinggi tidak mudah stress. Selain itu, mereka juga akan lebih mudah untuk bangkit kembali dari kondisi stress mereka dibanding mereka yang memiliki kadar vitamin C yang rendah.

Jeruk sudah terkenal dengan kandungan vitamin C di dalamnya. Manfaat vitamin C di dalam jeruk dapat berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin ini juga terbukti ampuh untuk mengurangi efek fisik dan psikologis akibat stress.

Itulah beberapa camilan sehat penghilang stress yang bisa kamu pilih, Dears. Selain enak, kamu juga bisa merasa jauh lebih baik setelah mengonsumsinya, lho. Yuk, jangan lupa bersyukur supaya hidupmu lebih bahagia dan stress pun menjauh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *