Stop! Jangan Panik, Lakukan 5 Langkah Ini Ketika Anak Demam

Demam merupakan tanda perlawanan tubuh yang sedang melawan infeksi dengan adanya suhu yang tinggi sehingga dapat memperlambat pertumbuhan bakteri ataupun virus. Oleh sebab itu usaha yang salah sewaktu mengatasi demam bisa memperpanjang sakit.

Dears, menurut kamu kapan waktu yang tepat untuk membawa anak ke dokter? Saat buah hati mengalami demam lebih dari 24 jam dan panasnya diatas 38,5° C, kamu pasti sudah panik. Tapi, ada baiknya kamu memerhatikan tanda-tanda dan penyebab demamnya dulu, Dears. Jika dema yang disebab oleh virus seperti batuk dan pilek, kamu bisa lebih tenang dan melaukan perawatan di rumah kecuali ada tanda-tanda gawat darurat.

Apabila demam di atas 40°C dan kejang – kejang tak perlu berpikir lama apalagi menunda harus segera diberi bantuan medis.

Tapi bagaimana kalau panas tubuh di bawah 38,5°C, apa yang harus kamu lakukan? Dikutip dari womentalk, 1 Agustus 2017. Ada 5 langkah yang harus dilakukan saat anak demam, tetapi sebelum itu kamu harus tenang dan tidak panik.

Nah, berikut langkah – langkah yang harus kamu lakukan,

1. Mengompres dengan Air Hangat

IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) merekomendasikan kompres dengan air hangat. Kompresnya di area lipat ketiak dan lipat selangkangan serta bagian punggung karena bagian itu paparannya luas, air hangat membuat pembuluh darah melebar sehingga pori – pori kulit terbuka dan membuat panas yang tertangkap dalam tubuh bisa menguap ke luar.

2. Berendam di Air Hangat

Tidak mandi saat demam tidak baik, lho, disarankan mandi air hangat karna manfaatnya sama seperti saat tubuh dikompres. Boleh dicoba dengan berendam air hangat, setelah berendam air hangat suam – suam kuku tubuh akan terasa segar dan demam perlahan mulai menghilang.

3. Perbanyak Minum

Minum air saat demam akan membantu membuang racun dan zat sisa dalam tubuh, dengan minum air akan menggantingkan cairan yang hilang dan menggantikan mineral yang keluar dari tubuh. Bila tidak minum justru membuat tubuh terasa lebih panas dan dehidrasi. Minumlah sedikit tapi sering, Dears.

4. Pakaikan Baju yang Nyaman

Sebaiknya agar suhu tubuh cepat turun gunakan pakaian yang bahannya menyerap keringat yang membuat anak jadi nyaman dan tidak kegerahan. Tetapi jika demam menggigil pakaikan selimut, sweter, dan kaus kaki.

5. Beri Obat

Berikan obat yang sesuai dosis dengan umur anak baik dalam bentuk tablet, sirup dan lainnya. Sebelum memberikan obat pada anak, lebih baik cek dahulu tanggal kadarluarsanya, bila tidak teliti akan berdampak buruk untuk buah hati kita. Selain itu, sesuaikan juga dengan berat tubuh anak.

Seperti itulah, Dears langkah yang perlu kamu lakukan saat si kecil demam. Akan tetapi hal yang paling penting saat anak demam adalah tetap membuat dia nyaman agar tidak terlalu rewel dan sabar karna buah hati kita sangat membutuhkan kita.

Sumber Foto: Hellosehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *