Staycation, Konsep Liburan Kekinian yang Digandrungi Milenial

Belakangan, istilah staycation mulai marak digunakan. Berasal dari dua kata dalam Bahasa Inggris, stay yang berarti tinggal dan vacation yang berarti liburan, istilah ini memiliki makna menikmati liburan tanpa pergi ke tempat yang tidak terlalu jauh atau yang masih dekat dengan tempat tinggal. Aktivitas yang dilakukan seputar mengunjungi museum atau taman bermain di pusat kota.

Konsep liburan ini awalnya muncul di Amerika Serikat ketika terjadi krisis ekonomi pada tahun 2007-2010. Cara berlibur ini dilakukan untuk bisa tetap menikmati pengalaman liburan yang menyenangkan namun dengan biaya yang rendah. Perlahan, tren berlibur hemat ini mulai tersebar ke seluruh wilayah lain, termasuk Indonesia dan menjadi tren berlibur kekinian ala milenial.

Mulai Beralih Arti

Foto: Pexels

Definisi awal staycation adalah berlibur ke tempat yang dekat jika dijangkau dari rumah atau tempat tinggal. Namun perlahan, definisi ini mulai bergeser. Dengan tetap mempertahankan tujuan liburan terdekat, liburan ala milenial ini berarti menghabiskan waktu untuk tinggal di hotel. Biasanya hotel yang dipilih adalah hotel berbintang dengan fasilitas lengkap. Jenis kegiatan yang dilakukan juga menjadi berbeda, yaitu seputar menikmati spa di hotel, berenang di kolam renang hotel, hingga menyantap makanan internasional di restoran.

Lebih Menghemat Anggaran

Foto: Pixabay

Seperti konsep awal yang sudah dikenalkan, staycation adalah cara berlibur hemat dan praktis. Karena alasan hemat dan praktis inilah, kaum milenial mulai menggandrunginya. Dengan modal uang jajan yang tidak terlalu banyak, siapapun bisa tetap merasakan pengalaman berlibur yang menyenangkan. Jika tidak mau terlalu banyak uang yang dihabiskan, hotel sederhana atau penginapan bisa menjadi pilihan untuk tinggal.

Tetap Bisa Eksis

Foto: Pexels

Apalagi yang dipentingkan kaum milenial kalau bukan untuk tetap bisa eksis, terutama di media sosial. Konsep staycation ini juga tak ketinggalan memberikan kesempatan bagi milenial untuk tetap bisa mengabadikan momen. Saat ini sudah banyak hotel atau penginapan, juga tempat wisata dengan konsep kekinian dan biaya masuk yang tidak terlalu mahal. Dengan kemampuan fotografi atau videografi yang mumpuni, konten untuk media sosial yang keren tetap bisa didapat meski menjalani liburan murah meriah.

Tetap Membuat Pikiran Lebih Segar

Foto: Pexels

Tujuan utama berlibur adalah untuk menyegarkan pikiran sebelum kembali ke rutinitas semula. Menjalani liburan hemat ala milenial ini juga tetap bisa menjadi pilihan untuk mendapat kesenangan tanpa biaya yang terlalu mahal. Sebagai pilihan kegiatan, mengunjungi coffee shop favorit dengan memesan menu yang berbeda dari biasanya bisa menjadi cara yang berbeda untuk menikmati waktu. Menonton film terbaru juga bisa menjadi salah satu aktivitas liburan murah untuk sejenak melupakan kesibukan.

Staycation mulai banyak dilakukan dengan banyak pilihan tempat tinggal, tidak terbatas hanya di rumah. Konsep liburan yang sedang hits ini juga bisa dilakukan dengan banyak pilihan kegiatan yang beragam. Waktu liburan akan terlewati dengan menyenangkan dan menghasilkan pengalaman seru yang tidak terlupakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *