Sirtfood, Diet Sehat Favorit Para Bangsawan dan Selebriti UK

Diet sirtfood merupakan cara menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan, yang dicetuskan oleh Aidan Goggins dan Glenn Matte sekitar 3 tahun yang lalu. Mereka merupakan ahli gizi dari sebuah pusat kebugaran terkenal di Britania Raya, Dears. Diet sirtfood menjadi fenomenal karena merupakan favorit keluarga kerajaan dan selebriti di Inggris, lo. Adik Kate Middleton, Philippa Charlotte Middleton dan Adele adalah dua di antaranya.

Diet ini pun, tidak ribet seperti jenis diet lainnya, Dears. Bahkan, dikenal sebagai diet yang sehat dan murah. Hebatnya lagi, diet ini mampu mengurangi berat badan hanya dalam waktu singkat.

Diet Sehat

Pict by. Klikdokter.com

Sirtfood disebut diet sehat karena makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah sayur dan buah yang berwarna hijau, merah, dan ungu. Jenis makanan tadi, dianggap sebagai aktivator sirtuin di dalam tubuh. Sirtuin merupakan jenis protein yang berfungsi melindungi sel-sel dalam tubuh, membantu mengontrol metabolisme, meningkatkan massa otot, dan mempercepat pembakaran lemak.

Semakin banyak sirtuin yang diproduksi, tubuh bisa kurus dengan sendirinya. Jadi, jenis diet ini lebih menekankan pada makanan berprotein nabati yang banyak mengandung fitonutrien dan antioksidan. Selain menurunkan berat badan, ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bukan.

Tahapan Diet Sirtfood

Pict by. myvega.com

Diet ini hanya dilakukan selama 3 minggu dan memiliki dua tahapan. Tahap awal adalah 1 minggu pertama. Pada 3 hari pertama, asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh dibatasi tidak boleh lebih dari 1000 kalori. Caranya dengan meminum jus hijau, dari sayur dan buah, tiga kali sehari. Ditambah 1 kali makan berat yang terdiri dari beragam makanan sirtuin.
Empat hari berikutnya, asupan makanan dibatasi hanya 1500 kalori. Mengonsumsi makanan yang sarat dengan sirtuin dua kali sehari, dan dua porsi jus hijau. Jus dikonsumsi setengah jam sebelum makan. Seminggu pertama ini, berat badan bisa berkurang 2 hingga 3 kg.

Untuk 2 minggu selanjutnya, tidak ada pembatasan asupan kalori yang dimakan. Namun, hanya diperbolehkan mengonsumsi makanan sirtuin saja ditambah 1 porsi jus hijau. Jenis makanan sirtuin antara lain, teh hijau, seledri, jahe, oregano, basil, coklat hitam, kangkung, peterseli, bawang merah, kurma, sawi, cabai, minyak zaitun, anggur merah, wortel, bayam, terong, buah bit, lemon, bluberi, stroberi, dan kedelai.

Pro Kontra Diet Sirtfood


Walaupun merupakan dietnya para pesohor, tapi tetap saja ada yang menganggap diet ini kurang tepat. Dikarenakan asupan kalori yang kurang dari 1200 kalori ke dalam tubuh, akan membuat tubuh kekurangan energi untuk melakukan berbagai aktivitas berat. Terlebih lagi, singkatnya waktu pelaksanaan diet, bisa memicu kenaikan berat badan bila telah selesai diet. Itulah mengapa, diet ini dianjurkan dilakukan setiap tiga bulan sekali. Namun segi positifnya, diet ini bagus karena makanan yang dianjurkan merupakan bahan yang kaya antioksidan.

Bagaimana, Dears? Merasa memiliki berat badan yang berlebih? Bisa kok mencoba mengikuti diet jenis ini. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter langganan agar tidak salah, ya. Jangan sampai hanya karena ingin kurus, malah membahayakan kesehatanmu.

 

*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *