Simak 5 Kemungkinan Membelanjakan Penghasilan Tak Terduga

Jika kamu seorang karyawan disebuah perusahaan atau instansi, pada saat tertentu kamu pasti akan menerima penghasilan diluar gaji. Penghasilan itu mungkin berupa gaji lembur, tunjangan hari raya atau jasa produksi. Jika gaji bulanan sudah cukup digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, maka sebaiknya kamu mengatur agar penghasilan tak terduga tersebut bermanfaat.

Nah simak 5 hal ini agar penghasilan tak terduga itu lebih bermanfaat Dears.

1. Melunasi Hutang

Kalau kamu mendapatkan penghasilan tak terduga, sebaiknya kamu segera melunasi semua hutang yang  kamu miliki. Jika hutang itu hutang insidentil dan jumlahnya sedikit, lunasi saja semuanya. Jika hutang itu jumlahnya banyak dan harus dicicil setiap bulan, bayarlah cicilan untuk beberapa bulan kedepan, sehingga kamu bisa bernafas lebih lega pada bulan-bulan berikutnya.

2. Menambah Intensitas Ibadah

Uang berlebih yang kamu peroleh diluar gaji dapat dibelanjakan untuk menambah intensitas ibadahmu Dears. Jika kamu beragama Islam, kamu dapat berbagi kepada anak yatim di panti asuhan, berinfaq lebih banyak kepada fakir miskin, membantu orang tua dan saudara jika membutuhkan, berqurban pada saat Idul Adha, dan umroh bersama orang-orang tercinta. Sisi baiknya adalah jika kamu menggunakan uangmu untuk berbagi kepada sesama, sebenarnya uang itu tidak berkurang, tetapi justru bertambah keberkahannya.

3. Menuntut Ilmu

Menuntut ilmu adalah tuntutan zaman, karena pendidikan akan meningkatkan kapasitas diri dan meningkatkan status sosial seseorang. Banyak perusahaan dan institusi mensyaratkan karyawannya untuk menempuh pendidikan lebih tinggi dengan biaya sendiri atau dibantu oleh perusahaan dan institusi. Jika hal itu terjadi, maka gunakan penghasilan di luar dugaan yang diterima untuk mengikuti kursus, pelatihan atau pendidikan. Bicarakan dengan atasan mengenai bantuan perusahaan atau institusi dalam pembiayaannya.

4. Membangun Bisnis Berkah

Saat ini banyak orang yang menjalankan bisnis sampingan di luar kesibukannya sebagai karyawan  di perusahaan atau institusi. Bisnis yang dibangun seringkali memerlukan modal yang tidak sedikit. Jika kamu hanya mengandalkan gaji untuk modal, mungkin tidak cukup untuk mengembangkan bisnis. Nah saat kamu mendapatkan penghasilan tak terduga, manfaatkan untuk modal usaha dan pengembangannya. Dengan cara ini bisnismu akan semakin besar dan uangmu akan bertambah.

5. Mewujudkan Mimpi

Sebagai karyawan kadangkala gaji kita tidak cukup untuk mewujudkan mimpi yang memerlukan biaya sangat besar, misalnya melakukan perjalanan wisata, membeli kendaraan atau membeli rumah. Kamu bisa mengalokasikan penghasilan tidak terduga yang didapat untuk hal itu Dears. Jika uang yang ada belum cukup, sebaiknya ditabung dan dikumpulkan dengan penghasilan tak terduga lainnya hingga cukup pada saatnya nanti.

 

Dears, sudah paham kan kemana kamu sebaiknya membelanjakan penghasilan tak terduga? Jika kamu membelanjakannya dengan baik, bukan tidak mungkin mimpi-mimpimu menjadi kenyataan dan bisnismu semakin besar.

 

*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *