Siklus Menstruasimu Tidak Teratur? Lakukan 4 Hal Ini untuk Tingkatkan Peluang Hamil

Proses kehamilan akan sangat erat kaitannya dengan kapan seorang wanita mengalami ovulasi. Tanpa adanya ini, proses kehamilan tidak akan terjadi. Salah satu cara untuk mengetahui kapan masa ovulasi pada wanita adalah dengan menandai siklus menstruasinya. Pada wanita yang memiliki siklus menstruasi yang teratur per 28 hari, hari ovulasinya akan selalu terjamin di hari ke-14 di pertengahan siklus. Kemudian, wanita itu akan mengalami hari pertama menstruasi lagi setelah 14 hari dari hari ovulasinya. Dengan pola semacam ini, wanita dengan menstruasi teratur akan memiliki 11-13 periode menstruasi setiap tahun. Artinya, peluang hamil tiap tahunnya sebanyak 13 kali.

Hal in berbeda dengan wanita yang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Peluang hamilnya akan lebih sedikit dibanding dengan wanita yang memiliki siklus menstruasi yang teratur. Siklus menstruasi yang tidak teratur dapat menunjukkan bahwa wanita tersebut tidak berovulasi secara konsisten. Pada beberapa kasus tertentu, bahkan tidak berovulasi sama sekali. Hal ini yang menyebabkan perencanaan kehamilanny jauh lebih sulit pula.

Siklus menstruasimu tidak teratur? Jangan putus asa dulu, Dears. Siklus menstruasi yang tidak teratur bukan berarti akan membuatmu tidak mampu untuk hamil. Berikut ini langkah yang bisa kamu tempuh untuk meningkatkan peluang hamil.

Terapkan Pola Hidup Sehat

Jika kamu termasuk orang yang malas berolahraga dan mengkonsumsi makan-makanan sehat, mulai ubah pola hidupmu untuk mengembalikan siklus menstruasi menjadi teratur. Lakukan olahraga secara teratur setiap hari selama minimal 30 menit. Mulailah mengkonsumsi makanan-makanan sehat seperti buah dan sayur setiap hari. Perhatikan pula kandungan nutrisi di dalamnya. Pilih makanan yang bisa meningkatkan kesuburan. Jika kamu punya masalah obesitas, mulailah untuk menurunkan berat badan.

Lengkapi dengan Suplemen Peningkat Kesuburan

Suplemen peningkat kesuburan diperkaya vitamin pranetal dan agen penyeimbang hormon. Kamu bisa melengkapi menu makanmu dengan suplemen ini untuk mengembalikan siklus menstruasimu. Konsumsi vitamin pranetal untuk wanita yang sedang melakukan program hamil akan sangat berguna untuk menjamin tubuh menyerap segala nutrisi penting yang dibutuhkan. Nutrisi yang cukup pada tubuh akan mendukung kesuksesan kehamilan dan dapat membantu janin untuk tumbuh dan berkembang dengan sehat.

Ketahui Masa Subur Setiap Siklus

Siklus menstruasi yang tidak teratur memang akan menyulitkanmu untuk mengetahui kapan ovulasi pada setiap siklus terjadi. Jangan khawatir. Kamu hanya perlu menggali lebih dalam untuk menentukan waktu paling suburmu.

Gunakan kalender

Kamu bisa melacak ovulasimu dengan cara menandai kalender. Gunakan kalender untuk merekam data siklus menstruasi. Semakin lama kamu melakukan ini, pola menstruasimu juga akan semakin jelas. Ini akan sangat berguna sebagai rekam jejak yang dapat dijadikan bahan konsultasi ke dokter di kemudian hari jika diperlukan.
Kamu bisa mencari tahu kapan kiranya jendela kesuburan terbuka lebar dengan melacak siklusmu selama beberapa bulan. Temukan siklus menstruasi rata-rata, kurangi 17 dari yan terpendek dan 11 dari siklus terpanjang. Misalnya, jika siklusmu adalah 28 hari di bulan ini, 21 hari di bulan berikutnya, dan 32 hari di bulan berikutnya lagi, maka kurangi 17 dari siklus terpendek (21 hari) dan 11 hari dari siklus terpanjang (32 hari). Dari contoh ini, kamu dapat mendapati hari paling suburmu terletak antara hari ke-4 dan 21 dari siklus menstruasimu.

Cek Lendir Rahim

Lendir rahim merupakan sekresi vagina yang umum dan dapat dijadikan penunuk ovulasi. Amati lendir yang keluar. Lendir yang menjadi penanda ovulasi adalah lendir dengan warna transparan, kental, dan elastis. Tekstur lendir ini menyerupai putih telur. Hari paling suburmu akan ditandai dengan kondisi lendir yang paling berwarna terang, licin, dan paling mudah melar.

Cek Suhu Basal Tubuh

Pengecekan suhu basal tubuh setiap hari setelah bangun dan sebelum melakukan aktivitas apapun, termasuk beranjak dari tempat tidur. Aktivitas fisik sedikit saja dapat mengubah suhu tubuhmu. Kamu bisa menggunakan thermometer khusus untuk mengecek suhu basal ini. Gunakanlah thermometer basal digital yang mampu menghitung suhu tubuh dengan sangat terinci hingga sepersepuluh derajat bahkan lebih. Rekam suhu tubuhmu setiap hari. Masa ovulasi dapat ditandai dengan lonjakan suhu basal ini.

Tes Darah dan Urin

Kamu juga bisa menggunakan alat pemeriksa ovulasi yang tersedia di pasaran untuk mengecek kelebihan hormon dalam urin. Kamu juga bisa membeli monitor kesuburan, yaitu mesin kecil untuk mengumpulkan urin secara teratur untuk menentukan kapan kamu sedang berovulasi berdasarkan tingkat hormonmu. Selain tes urin, kamu juga bisa melakukan tes darah untuk mengetahui secara pasti kapan masa ovulasimu. Silahkan konsultasikan hal ini dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi cara yang paling tepat untuk membantu menentukan ovulasi.

Atur Frekuensi Hubungan Seks dengan Pasangan

Untuk meningkatkan peluang hamil, kamu juga perlu memperhatikan frekuensimu saat berhubungan seks dengan pasangan. Sejumlah studi akan menunjukkan bahwa kamu dapat meningkatkan peluang hamil dengan melakukan hubungan seks satu kali setiap 2 hari dalam sebulan jika kamu tidak tahu persis kapan masa ovulasimu. Kamu juga bisa melakukan hubungan seks satu kali sehari di 3-4 hari sebelum dan saat hari ovulasi. Selama kondisi sperma sehat, tanpa faktor masalah kesuburan pria, peluang hamil akan dapat meningkat.

Hal yang perlu kamu ketahui adalah sel telur wanita hanya bisa bertahan hidup kurang lebih 24 jam setelah dilepaskan dari folikel rahim. Sedangkan sperma, dia dapat bertahan hidup di saluran reproduksi wanita selama 3-5 hari, tergantung pada kualitas dan kuantitas lendir serviksmu. Jadi, penting untuk berhubungan seks 1 atau 2 hari sebelum kamu berovulasi untuk memberikan pasokan sperma yang sehat dan segar yang mampu menempel di tuba fallopi sembari menunggu sel telur dilepas.

Sumber Foto: Merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *