percaya diri

Si Kecil Kurang Percaya Diri? Yuk, Simak 11 Tips Untuk Meningkatkan Percaya Diri Pada Buah Hati

percaya diri
Foto: Pexels.com

Memiliki anak yang sukses adalah dambaan setiap orang. Namun, kesuksesan tak bisa datang dengan tiba-tiba. Perlu usaha dan kerja keras untuk meraihnya.

Terkadang harapan kita begitu besar untuk melihat kesuksesan anak kita. Hanya saja, justru kita mendapati bahwa mereka lebih cenderung menjadi anak yang kurang percaya diri. Nah, simak 11 tips untuk meningkatkan percaya diri pada si kecil berikut ini, Dears.

  1. Berkomunikasi dengan Anak

Ajalah anak untuk berbicara dan saling mengungkapkan pendapat. Meskipun mereka belum dewasa tetapi mereka sebenarnya memiliki pendapat yang patut kita hargai. Usahakan untuk selalu melibatkan anak dalam pengambilan keputusan, terutama yang menyangkut kepentingan mereka.

  1. Ciptakan Lingkungan yang Kondusif

Lingkungan yang nyaman akan menciptakan perasaan yang damai pada anak. Mereka akan lebih leluasa untuk berkreasi jika kondisi lingkungan mendukung mereka. Usahakan jangan ada bully ataupun kekerasan dalam kehidupannya.

  1. Bantu Anak Menemukan Bakatnya

Setiap anak terlahir bagai kertas putih, tinggal bagaimana orang tua akan mengisinya. Setiap anak pasti memiliki bakat yang terpendam. Sebagai orang tua kita harus kritis untuk mengetahui bakat apa yang dimiliki oleh anak kita, sehingga kita akan lebih mudah untuk mengarahkannya.

  1. Berikan Pujian Sewajarnya

Tidak ada salahnya jika kita memberikan pujian atas keberhasilan anak kita. Meskipun terlihat sepele, pujian sangat diharapkan oleh mereka. Namun, jangan memberikan pujian terlalu berlebihan sehingga anak akan menjadi sombong.

  1. Jangan Menghakimi Anak

Setiap anak pasti pernah melakukan kesalahan. Jangan menghakimi mereka atas kesalahan yang telah mereka perbuat. Lebih baik ajak anak untuk melakukan evaluasi atau introspeksi diri atas kesalahan yang telah diperbuat sehingga tidak akan diulangi lagi di masa yang akan datang.

  1. Ajak Anak Untuk Fokus Pada Cita-citanya

Sejak masih kecil anak pasti punya cita-cita, walaupun terkadang mereka belum memahaminya. Bantu anak untuk berpikir tentang arah dan tujuan dari cita-citanya tersebut sehingga anak akan fokus untuk meraih mimpinya.

  1. Berikan Penjelasan Tentang Makna Kesuksesan dan Kegagalan

Di dalam hidup ada hal yang bertentangan, contohnya kegagalan dan kesuksesan. Berikan pemahaman pada anak tentang makna kesuksesan dan kegagalan sehingga anak bisa menghargai setiap proses yang telah mereka kerjakan.

  1. Tanamkan Sikap Disiplin

Tak kalah pentingnya kedisiplinan perlu ditanamkan pada anak sejak kecil karena ini bisa menjadi kunci sukses seseorang.

  1. Ajarkan Anak Bertanggung Jawab

Anak perlu bertanggung jawab terhadap setiap tindakan yang telah mereka lakukan. Ini diperlukan supaya mereka tidak ceroboh dalam setiap tindakannya. Jadi anak akan melakukan perencanaan yang matang jika mereka ingin melakukan suatu pekerjaan.

  1. Jadilah Teladan yang Baik

Sebagai orang tua kita seharusnya tidak hanya berteori saja. Kita perlu memberikan teladan supaya anak bisa mempercayai kita. Dan lagi, mereka akan jauh lebih mudah mengikuti contoh ketimbang nasihat.

  1. Jangan Terlalu Memanjakan Anak

Bagaimanapun kondisinya tidak akan baik jika kita terlalu memanjakan anak. Mereka yang dimanja terlalu berlebihan tidak akan bisa mandiri dalam menentukan keputusan. Nantinya jika anak sudah berpisah dengan orang tuanya, mereka harus bisa membuat keputusan sendiri untuk kehidupannya.

Kesuksesan bisa datang bukan hanya karena seseorang itu pandai, tetapi karena mereka percaya pada dirinya sendiri sehingga mampu melakukan sesuatu lebih baik. So, jika buah hati belum percaya diri, tips di atas bisa dicoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *