ortu sedih

Sering Terjadi, 5 Hal Ini Sering Kamu Keluhkan dan Bisa Membuat Orang Tua Sedih

Dears, menjadi pribadi yang baik dapat dimulai dengan menumbuhkan rasa syukur atas apa yang kita miliki saat ini, entah itu pemberian dari orangtua atau hasil kerja keras kita sendiri.

Meski demikian namun dalam praktiknya, seingkali kita masih saja mengeluhkan apa yang dimiliki. Bahkan parahn a lagi, keluhan tersebut kerap ditunjukkan di depan banyak orang, termasuk orang tua.

Tahukah Dears, bahwa beberapa hal yang sering kamu keluhkan di depan orang tua  bisa membuat mereka sedih? Nah, apa saja hal tersebut, berikut ulasannya.

1. Sekolah atau tempat belajar

Pict by. Brilio

Setiap orang tentunya memiliki jalannya sendiri dalam menentukan sekolah atau tempat belajar yang saat ini mereka singgahi. Entah itu sekolah negeri atau swasta, favorit, atau biasa saja.

Namun, stigma masyarakat mengenai popularitas dan keuntungan belajar di lembaga pendidikan negeri dan favorit masih sering menghantui pikiran sebagian orang dari kita. Kemudian ujung-ujungnya, hal ini dikeluhkan di depan orang tua dan tentunya akan membuat orang tua sedih.

Ada beberapa kasus curhatan di media sosial yang menunjukkan bahwa seorang anak minder bersekolah di tempat biasa saja dan menyalahkan orangtua karena dianggap tidak bisa berusaha mendapatkan dana lebih untuk memasukan ke sekolah terbaik.

Dears, sebelum mengeluhkan hal ini sebaiknya kamu pikirkan ulang karena di manapun kamu belajar, keputusan masa depan tetap ada pada diri sendiri. Tidak peduli seberapa terkenal tempatmu menuntut ilmu, namun jika kamu tidak bisa mengendalikan kehidupanmu sendiri, tidak bisa mengembangkan bakat serta memanfaatkan kesempatan untuk meraih sesuatu yang lebih tinggi dan masih senang bermalas-malasan, maka kamu akan kesulitan mencapai apa yang kamu inginkan.

2. Tempat yang sedang ditinggali

Pict by. Brilio

Pernahkah kamu mengeluhkan mengenai rumah yang sedang kamu tinggali saat ini? Merasa iri kepada teman-teman lain yang memiliki segala kemudahan di tempat tinggalnya? Mengeluhkan rumah yang sudah susah payah dibangun dan dipertahankan oleh orangtua sebagai sesuatu yang menurutmu tidak lebih baik dari orang lain?

Dears, sikap ini tentunya tidak mencerminkan rasa syukur yang seharusnya tertanam di hati setiap manusia. Sebab, pikiranmu hanya akan dipenuhi rasa iri terhadap bayangan rumah tinggal orang lain yang megah dan menyenangkan.

Namun sadarkah kamu jika perilaku tersebut dapat membuat orang tuamu sedih? Tentu mereka tidak akan menunjukkannya di depanmu, akan tetapi dalam hati mereka justru jauh lebih sedih atas apa yang kamu keluhkan.

Tempat tinggal bukanlah sesuatu yang bijak untuk dipamerkan, ini bukan tentang seberapa besar dan megah ruangan dalam rumahmu. Namun lebih dari itu adalah seberapa hangat nilai kekeluargaan yang ada di dalamnya.

Ingat, bahwa tidak semua orang yang tinggal di dalam rumah megah adalah orang bahagia, serta tidak pula semua orang yang tinggal di tempat terbatas adalah orang yang menderita. Karena semua tergantung pada siapa yang mengisinya dan bagaimana suasana tercipta di dalamnya.

3. Makanan yang dihidangkan

Pict by. Brilio

Sesuatu yang tak kalah sering dikeluhkan adalah makanan yang tersaji di atas meja. Makanan yang menurutmu tidak sesuai kemauan dan kamu keluhkan, sering kali jadi kesedihan bagi orang yang telah berupaya memasaknya.

Akan lebih baik jika kamu tidak menyukai makanan itu, maka sampaikan dengan baik dan sopan, bukan menyindir dan menolak mentah-mentah hingga membuat ibumu merasa bahwa apa yang mereka buatkan sia-sia.

Jika kamu sering membanding-bandingkan makananmu dengan makanana orang lain yang lebih mewah seperti fastfood, daging mahal, atau seafood berkelas. Kembali lagi bahwa akan jauh lebih berharga makanan yang terhidang jika diiringi oleh kehangatan keluarga, bukan seberapa mahal makanan yang tersaji dalam piring makanmu.

4. Barang yang mereka belikan

Pict by. IDN Times

Sebagai anak tentu kamu pernah meminta sesuatu pada orang tua. Entah hanya sekadar berbicara biasa, atau merengek hingga mogok makan. Boleh saja meminta sesuatu, tapi lihat kembali kondisi keuangan keluargamu, apakah orangtuamu sanggup atau justru hanya akan memberatkan beban kehidupan yang sudah ada.

Belum lagi jika sampai orang tua sudah susah payah membelikan, namun kamu menolak karena tidak sesuai keinginanmu dan mulai mengeluhkan dengan kata-kata yang menyakitkan.

Dears, itu bukan saja membuat kecewa, akan tetapi juga akan membuat mereka merasa belum bisa menjadi orang tua yang baik, akibatnya mereka akan terus memikirkan hal tersebut hingga mengabaikan kesehatannya sendiri demi anak-anaknya.

Jadi, selagi kamu belum berpenghasilan sendiri, maka akan lebih baik memilah apa saja yang memang diperlukan dan yang tidak. Diskusikan terlebih dahulu apakah sesuatu tersebut bisa dipenuhi atau tidak. Apabila orangtuamu belum sanggup atau hanya mampu memenuhi sebagian saja, maka kamu tidak diperkenankan untuk mengeluh pada mereka.

5. Pekerjaan orang tua

Pict by. PxHere

Meski sama sekali tidak melibatkanmu dalam pekerjaan mereka, namun pekerjaan orang tua rupanya seringkali menjadi masalah bagi anak-anaknya. Terlebih lagi, jika pekerjaan tersebut berhubungan dengan kegiatan serabutan, membantu urusan rumah tangga, dan pekerjaan lain yang dianggap kurang elegan.

Dears, kamu harus tahu meski mereka tidak pergi ke gedung tinggi dengan seragam rapi, namun mereka tetap berusaha yang terbaik bagi anak-anaknya. Makanan yang tersaji untuk kamu, pakaian, bahkan gadget yang selalu siap sedia di tanganmu adalah hasil keringat mereka.

Jadi, selagi pekerjaan tersebut bisa bermanfaat bagi orang banyak dan tidak melanggar hukum, harusnya kamu memberi semangat agar mereka juga termotivasi untuk terus menjalani hari-harinya yang penuh perjuangan.

Itulah beberapa hal yang kerap kali dikeluhkan anak dan secara tidak sadar bisa menyakiti hati orang tua. Meski belum bisa menjadi anak yang baik dan membanggakan, sebaiknya kita mulai menanamkan rasa syukur atas apa yang kita miliki. Setidaknya hal ini akan menambah nilai kehangatan dalam keluarga.Semoga bermanfaat.

 

Featured image: Photo by Josh Willink on Pexels
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *