Pekerjaan

Sering Menganggap Remeh Pekerjaan Orang Lain, Kamu Harus Baca Ini

Dears, seberapa sering kamu meremehkan pekerjaan orang lain? Atau pernahkah kamu berprasangka buruk terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang? Tanpa disadari pasti banyak di antara kita yang sering melakukannya. Biasanya karena muncul sifat sombong atau membanggakan dengan pekerjaan saat ini, sehingga ketika melihat orang lain dengan pekerjaan yang lebih rendah dibanding kita cenderung meremehkan dan menyepelekan. Pekerjaan seperti petugas kebersihan, ART, pedagang kaki lima atau bahkan pekerjaan lain yang sering ditemui di kota-kota besar yang dianggap kurang menunjukkan eksistensinya, kerap tidak dihargai keberadaannya.

Padahal jika kita sadari, pekerjaan yang sering dianggap remeh itulah salah satu pekerjaan dasar yang patut kita hargai keberadaannya. Karena tanpa mereka semua kita akan kesulitan untuk melakukannya sendiri tanpa bantuan dari mereka. Namun cara pandang seseorang masih saja banyak yang berlaku seenaknya seperti menyepelekan dari berbagai pekerjaan tersebut.

Memangnya apa susahnya menjadi orang yang tidak begitu sok tahu mengenai kehidupan orang lain sih. Kita cenderung suka melihat kehidupan orang lain dan membanding-bandingkannya dengan hidup kita. Baik yang statusnya di bawah atau di atas kita. Kebiasaan seperti itu hanya akan membuat pribadi menjadi orang yang tidak pandai bersyukur dengan pemberian yang telah ada. Untuk kamu yang masih sering meremehkan dan tidak menghargai pekerjaan orang lain, kamu harus baca ini, Dears.

1. Pekerjaan Diusahakan Sesuai Kesanggupannya

Tiap orang memiliki pekerjaan yang disesuaikan dengan kesanggupannya. Jika memang sanggupnya memiliki pekerjaan kasar atau sebagai kuli, pun tidak masalah yang penting halal ‘kan. Dan yang pasti pekerjaan tersebut sudah diusahakannya dan tidak seharusnya meremehkan pekerjaan tersebut jika tidak ada feedback dari kita untuk memberinya pekerjaan yang lebih baik.

2. Orang Lain Tidak Membutuhkan Pendapatmu

Yap! Orang yang sudah memiliki pekerjaan dan mensyukuri terhadap pekerjaan yang dijalaninya tidak membutuhkan pendapatmu untuk mengomentari pekerjaannya. Jadi, seburuk apapun pekerjaannya disepelekan oleh orang lain tidak akan berdampak pada penghasilannya yang menurun ataupun bertambah.

3. Bertanggung Jawab dengan Pekerjaannya

Yang terpenting meski pekerjaan seseorang dianggap remeh oleh para pekerja yang memiliki derajat yang lebih tinggi. Tapi setidaknya mereka adalah orang-orang yang tetap bertanggung jawab penuh dengan pekerjaan yang dijalaninya dan tidak sibuk mengurusi orang lain.

4. Pekerjaan yang Sangat Diinginkannya

Orang yang sering diremehkan karena pekerjaannya dianggap kurang wah dan biasa-biasa saja, bisa jadi adalah pekerjaan yang sangat diinginkannya. Kebutuhan dan cara pendang seseorang terhadap segala situasi memang berbeda-beda. Apa yang terlihat sepele bagi orang lain bukan berarti buruk bagi semua orang. Karena tiap orang memiliki orientasinya masing-masing, begitu juga dalam hal memilih pekerjaan yang dijalaninya.

5. Berimpact Besar Terhadap Kehidupannya

Yang terakhir, pekerjaan yang diremehkan oleh orang lain juga bisa jadi adalah pekerjaan yang memberikan berkah dan impact yang besar bagi kehidupannya dibanding sebelum mendapat pekerjaan tersebut. Banyak dari kita yang masih sering menyudutkan pekerjaan tertentu hanya karena terlihat tidak wah dan tidak sesuai dengan latar belakang keluarganya atau pendidikannya.

Pekerjaan apapun sejatinya baik dan tidak ada yang perlu diremehkan atau disepelekan. Selama pekerjaan yang dilakukannya halal dan bermanfaat bagi yang melakukannya tak perlu lah kita masih mengurusi dan bahkan menyudutkan pekerjaan seseorang. Jika di antara kita bisa memberikan pekerjaan yang lebih baik dari pekerjaannya tersebut tentu akan lebih baik dibanding meremehkan dan tidak menghargai pekerjaan orang tersebut.

 

Featured image: Photo by Kaboompics.com on Pexels
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *