Sering Dianggap Sama, Inilah Perbedaan Antara Serum dan Essence yang Bisa Bikin Kulit Wajahmu Sehat dan Glowing

Banyaknya jenis produk skincare yang beredar di pasaran seringkali membuat kita bingung dan sulit membedakannya satu sama lain. Terlebih jika produk skincare tersebut memiliki tekstur yang hampir mirip. Serum dan Essence misalnya. Banyak, lho, yang mengira 2 jenis skincare ini sama, padahal keduanya berbeda, antara lain dalam hal fungsi, konsentrat, dan cara pemakaiannya. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasannya dibawah ini, ya, Dears!

 

1. Serum

Foto : dermalogica.com.vn

 

Serum. Tentu kamu sudah tidak asing dengan jenis skincare yang satu ini. Serum memiliki konsentrat atau kandungan bahan aktif yang lebih tinggi dibandingkan essence. Serum secara intensif ampuh untuk menjawab permasalahan spesifik pada kulit wajahmu,  misalnya, kandungan antioksidannya yang bisa kamu pakai untuk menjaga kulit wajahmu di siang hari, atau bisa juga sebagai anti-aging untuk merawat kulit wajahmu di malam hari.

Serum diklaim mampu menembus bagian wajah terdalam pada kulit secara lebih cepat, mudah, dan merata dibandingkan pelembab wajah biasa. Hal ini disebabkan karena serum memiliki partikel lebih halus sehingga mudah diserap bagian kulit terdalam.

Biasanya serum dikemas dalam botol kecil yang berisi pipet, ukurannya beragam, mulai dari 30 – 50 ml. Serum digunakan setelah pemakaian cleansing, toner dan essence,  yakni satu langkah sebelum kita menggunakan pelembab.  Untuk cara pemakaiannya, kamu tinggal mengambil 1-2 tetes serum lalu usapkan rata pada area wajah dan leher. Perlu diperhatikan, Dears, kamu tidak boleh berlebihan dalam mengaplikasikan serum, ya, karena nantinya serum justru tidak akan bekerja dengan efektif.

 

2. Essence

foto : dermstore.com

 

Essence memiliki tekstur yang lebih cair dibandingkan serum, sehingga seringkali essence disebut sebagai serum ringan. Essence kini lebih populer di Indonesia berkat menjamurnya tren kosmetik Korea. Essence digunakan setelah toner dengan tujuan untuk menambah lapisan hidrasi sebelum memakai serum, juga untuk mempersiapkan kulit wajahmu sebelum menerima nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam serum. Dengan menggunakan essence terlebih dahulu, serum akan bekerja lebih efektif dan optimal untuk memberikan hasil yang signifikan bagi kulit wajahmu, Dears.

Essence yang beredar di pasaran biasanya dikemas menggunakan botol kaca. Cara mengaplikasikan essence ke wajah bermacam-macam. Kamu bisa menuangkan sedikit essence kedalam kapas, kemudian ditepuk-tepuk ke wajah sebanyak 3 kali. Selain itu, kamu juga bisa menuangkannya langsung ke dalam telapak tangan sebelum ditepukkan ke wajah. Untuk kamu yang tidak ingin ribet, kamu bisa memasukkan essence ke dalam botol spray.

Nah, bagaimana, Dears? Sudah tak bingung lagi, kan, membedakan serum dan essence. Untuk memberikan hasil yang optimal, kamu bisa mengombinasikan 2 jenis skincare ini ke dalam daily skincare routine-mu.

Ingat ya, urutan penggunaannya dimulai dari skincare yang bertekstur ringan terlebih dahulu, yakni toner, essence, dan baru kemudian serum. Untuk menghasilkan kulit wajah yang sehat dan glowing ala K-Beauty memang tidak mudah, namun kalau kamu rajin dan telaten, maka hasilnya pun akan optimal.

Selamat mencoba, Dears!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *