Sering Diabaikan, Ternyata 3 Kata Ini Merupakan Kunci Sukses dalam Bergaul

Menjadi pribadi yang luwes dan menyenangkan adalah dambaan tiap insan di dunia ini, karena menjadi makhluk sosial adalah kodratnya. Tidak dimungkiri, dalam berinteraksi dengan orang-orang sekitar, sering mengalami riak-riak kecil yang memungkinkan terjadinya masalah. Sebenarnya ada 3 kata yang sering diabaikan tetapi apabila diterapkan, maka hal itu akan menjadi kunci sukses dalam bergaul.

Dears, apa saja sih  3 kata yang jadi kunci sukses bergaul?

1. Meminta Maaf

Meski permintaan maaf tidak bisa mengubah apa yang telah kita lakukan, akan tetapi perbuatan meminta maaf tersebut bisa meredakan emosi dan  stres orang lain yang sedang bersitegang dengan kita. Dengan meminta maaf akan memberikan harapan bisa membangun kembali suatu hubungan yang sudah tercerai-berai agar bisa berjalan lebih baik dan harmonis.

2. Meminta Tolong

Jika direnungkan, ketika mengucapkan kata tolong, secara otomatis ekspresi atau bahasa tubuh yang terlihat adalah ekspresi orang yang meminta bantuan. Bisa dibuktikan, saat berbicara dengan menggunakan  kata tolong, maka kita tidak akan berbicara dengan nada tinggi ataupun ketus. Kata tolong sangat besar pengaruhnya. Bantuan yang datang akan terasa lebih ikhlas. Dari kedua pihak, baik yang ditolong dan si penolong pun akan sama-sama merasa dihargai. Jadi,  jika memang butuh, hindari kalimat perintah bernada tinggi.

3. Berterimakasih

Ucapan ‘terima kasih’ sangat bermakna dan indah diucapkan. Ucapan terima kasih dapat membuat hati seseorang menjadi senang dan merasa lebih dihargai. Jika ucapan terima kasih dijadikan kebiasaan oleh setiap orang, maka dunia ini akan penuh warna dan penghargaan atas ucapan terima kasih tersebut.

Selain membuat orang merasa dihargai, ternyata berterima kasih bisa memotivasi seseorang untuk berbuat kebaikan dan dapat mengatasi masalah.

Dears, tidak ada salahnya bukan, mulai sekarang bersama-sama mencoba untuk tidak lagi mengabaikan kata maaf, tolong dan terima kasih dalam berinteraksi dengan orang-orang disekitar kita. Ketiga kata ini akan menjadi langkah sukses untuk menjalin silaturahmi. Baik diucapkan terpisah ataupun digabung,  maknanya secara global akan sama, merupakan kata-kata untuk menghargai orang yang kita ajak berkomunikasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *