Manfaat senyum

Senyum, Aktivitas Sederhana dengan 1001 Manfaat di Baliknya!

Dears, senyum merupakan aktivitas yang mudah dan simpel untuk dikerjakan. Cukup tarik kedua ujung bibir ke kanan dan ke kiri beberapa milimeter, sebuah senyum akan tercipta di wajah. Selain merupakan sedekah yang mudah dilakukan, ternyata aktivitas sederhana ini mempunyai 1001 manfaat. Bahkan berpengaruh baik bagi kesehatan jiwa ataupun raga kita.

Berbagai penelitian banyak dilakukan untuk mengetahui rahasia di balik sebuah senyuman. Dan secara ilmiah senyuman memang memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa faktanya.

Membuat Awet Muda

pics by go-dok.com

Saat tersenyum, tubuh otomatis akan merasa lebih rileks. Otot wajah akan tertarik ke atas dan membuat wajah terlihat lebih muda, Dears. Selain itu, saat tersenyum, hanya butuh setengah jumlah otot dibandingkan bila muka cemberut. Jadi, wajah akan bekerja lebih ringan.

Mengurangi Stres

Saat tersenyum, tubuh melepaskan hormon endorfin yang akan membuat kita lebih bahagia. Semakin banyak tersenyum, maka hormon ini akan semakin banyak diproduksi. Nah, saat merasa tertekan coba untuk memejamkan mata, tarik napas, dan tersenyumlah. Dijamin, stres yang melanda akan sirna.

Meningkatkan Sistem Imun

Foto: Pexels

Senyuman membuat tubuh lebih santai dan tidak tertekan. Hal ini membuat imunitas tubuh meningkat dan bekerja lebih baik. Orang yang sering tersenyum, membuatnya tidak mudah terserang influenza.

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung dan Menurunkan Tekanan Darah

Foto: Pexels

Hanya dengan sering tersenyum, resiko terkena serangan jantung bisa dikurangi. Saat tersenyum, volume oksigen yang masuk ke dalam aliran darah akan meningkat. Hal ini bisa mengurangi penyakit jantung. Tekanan darah juga akan menurun saat kita merasa bahagia, ya, Dears. Senyumlah, dan beban di kepala akan sedikit berkurang.

Membuat Orang Lain Bahagia

Foto: google.com

Tahukah, Dears, bahwa senyum bisa menular? Secara otomatis, kita akan merespon tersenyum balik saat seseorang memberikan senyumnya kepada kita. Tidak percaya? Coba saja buktikan!

Lebih Memesona dan Meningkatkan PD

Pict. by fimela.com

Menurut penelitian, senyuman lebih menarik dari pada make up yang diaplikasikan pada area muka. Wajah yang menyunggingkan senyum, pasti juga akan terlihat lebih enak dipandang dibanding wajah yang masam, bukan? Saat tersenyum rasa PD tanpa disadari juga akan meningkat.

Senyum Duchenne, Senyuman Terbaik

Foto: google.com

Senyum terbaik adalah senyuman yang tulus dan tidak terpaksa. Senyum yang tidak hanya melibatkan otot bibir, tapi juga mata. Senyum Duchenne atau senyum tiga jari merupakan temuan seorang ahli fisiologi Duchenne de Boulogne. Senyum jenis ini memberi efek stimulasi maksimal bagi tubuh. Cirinya, tersenyumlah hingga mata menyipit dan terlihat kerutan di sisi luar mata.

Ingin lebih sehat dan awet muda tak melulu harus mengeluarkan usaha atau dana ekstra, kan, Dears. Hanya dengan sebuah aktivitas sederhana, banyak manfaat bisa didapatkan. Tak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, murah senyum juga akan memberi dampak positif bagi orang lain. Sudahkah menebar kebaikan lewat senyuman hari ini?

 

*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *