Selain Opor, Ini 5 Menu yang Cocok Disajikan Bersama Ketupat saat Lebaran Tiba

Tidak terasa ya, Dears, Lebaran telah tiba. Segala persiapan untuk menyambut Hari Kemenangan sudah dilakukan, mulai dari membeli baju Lebaran, mudik, hingga mempersiapkan kue lebaran serta menu yang akan dihidangkan saat Lebaran.

Pada perayaan Lebaran biasanya akan berkumpul keluarga besar untuk saling bersilaturahmi serta makan bersama. Menu wajib yang harus ada yaitu ketupat yang biasanya disajikan bersama opor dan menu lainnya. Namun, ketika berkunjung ke sanak keluarga lain dan disuguhkan menu yang sama tentunya akan bosan ya, Dears.

Agar tidak bosan, tidak ada salahnya jika kamu mencoba menu lain yang sama enaknya untuk disajikan bersama ketupat. Nah, berikut ini ada 5 menu yang dapat kamu coba. Intip, yuk!

1. Rendang

Di beberapa daerah di Indonesia, rendang menjadi salah satu menu wajib yang dihidangkan di Hari Raya Idulfitri. Biasanya, rendang dihidangkan dengan ketupat. Bumbu yang kuat dan rasa yang khas pada rendang membuat sajian ini cocok jika disantap bersama ketupat. Sangat cocok disajikan saat Lebaran.

2. Sayur Lodeh

Makanan yang terbuat dari bahan nabati seperti nangka muda, tahu, tempe, dan kacang panjang membuat sayur lodeh menjadi menu yang lebih menyehatkan dibanding opor ayam. Ditambah kuah santan pada lodeh, sukses membuat masakan ini menjadi pasangan yang pas dengan ketupat.

3. Gulai Kambing

Lezat dan gurihnya daging kambing serta cita rasa yang kuat dan khas dari kuah gulai membuat gulai kambing sangat cocok dijadikan santapan dihari yang istimewa. Apalagi jika disajikan dengan ketupat, perpaduan dari keduanya dijamin membuat perayaan Lebaran tahun ini menjadi lebih istimewa.

4. Soto

Dears, buat kamu yang sedang menghindari kuah santan, soto bisa menjadi alternatif pengganti opor ayam yang bisa kamu sajikan bersama ketupat. Saat kebanyakan dari tetangga dan kerabat memasak masakan berat berkuah santan, tidak ada salahnya jika kamu membuat menu yang lebih ringan dan sehat seperti soto. Dijamin, hidangan Lebaran di rumahmu akan jadi yang paling berbeda.

5. Semur Betawi

Hidangan khas dari Jakarta ini bisa dipastikan ada di atas meja makan orang Betawi saat perayaan Hari Raya Idulfitri. Dengan menggunakan bumbu yang kuat dan khas, serta daging yang bertekstur lembut, membuat semur Betawi terasa lezat dan gurih. Apalagi jika dihidangkan bersama ketupat pada momen perayaan Lebaran, dijamin acara Lebaran terasa lebih spesial.

Bagaimana, Dears, mau pilih menu apa untuk hidangan Lebaran tahun ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *