Selain Jamu, 5 Minuman Tradisional Indonesia yang Melegenda Ini Tak Kalah Bermanfaat

Indonesia dikenal karena keberagamannya. Tidak hanya kesenian, Indonesia juga memiliki banyak jenis makanan dan minuman tradisional yang melegenda. Beberapa minuman khas Indonesia bahkan dikenal hingga mancanegara. Minuman tradisional Indonesia tersebut umumnya terbuat dari rempah-rempah dan tumbuhan herbal asli Indonesia yang memiliki berjuta manfaat.

Minuman tradisional berbahan rempah tidak hanya ada satu jenis. Karena Indonesia terdiri dari banyak wilayah, maka masing-masing wilayah memiliki jenis minuman khas. Dengan nama dan bahan yang berbeda, kelima jenis minuman legendaris ini masih sering dikonsumsi hingga sekarang karena khasiatnya yang terpercaya.

Bir Pletok

Foto: Food.detik.com

Nama salah satu minuman tradisional Indonesia ini sudah sangat tidak asing. Bir pletok masih mudah ditemui di tempat asalnya, Jakarta, terutama ketika perayaan hari besar kota Jakarta. Meski disebut bir, minuman ini sama sekali tidak memabukkan. Bir pletok disebut sebagai minuman tandingan yang diciptakan warga Betawi ketika Belanda yang menjajah Indonesia identik dengan minuman keras yang memabukkan.

Bir pletok terbuat dari jahe, secang, cengkeh, kayu manis, kapulaga, buah pala, dan batang serai. Dengan berbagai jenis rempah tersebut, tidak heran jika minuman ini memiliki banyak manfaat. Manfaatnya antara lain, meredakan nyeri lambung, mengobati masuk angin dan menambah stamina.

Wedang Uwuh

Foto: pegipegi.com

Sebutan wedang identik dengan masyarakat Jawa. Benar, wedang uwuh memang sangat populer di daerah Semarang hingga Yogyakarta. Nama uwuh yang memiliki arti “sampah” memang sesuai dengan penampakannya yang dipenuhi dedaunan. Wedang uwuh terbuat dari jahe, kayu secang, kayu manis, pala atau daun pala, kapulaga, gula batu dan akar atau daun sereh.

Soal manfaat, minuman tradisional Indonesia yang satu ini bisa diandalkan. Wedang uwuh bisa menjadi minuman yang menghangatkan perut sehingga bisa terhindar dari masuk angin. Kandungan jahe dan rempah lainnya terbukti bermanfaat menjaga kesehatan dan mencegah beberapa penyakit berat, seperti jantung dan stroke.

Sarabba

Foto: beritagar.id

Beralih ke provinsi Sulawesi, ada sarabba sebagai salah satu minuman tradisional Indonesia yang punya sejuta manfaat. Minuman yang asli dari Makassar ini diracik dari campuran jahe, kuning telur, gula aren, santan dan merica bubuk. Rasanya hampir sama dengan wedang jahe. Namun perbedaan ada di teksturnya yang lebih kental karena memakai santan.

Merica sebagai salah satu bahan pembuatan sarabba membuat minuman ini memiliki rasa yang sedikit pedas. Tapi hangatnya jahe mampu memberikan rasa nyaman pada perut terutama ketika cuaca dingin. Minuman ini masih mudah ditemui di kedai-kedai pinggir jalan di Makassar terutama pada malam hari.

Wedang Secang

Foto: Hipwee.com

Seperti namanya, minuman tradisional Indonesia ini berbahan utama kayu secang. Karena bahan utamanya hanya ada satu jenis, maka cara membuatnya pun tidak terlalu rumit. Kayu secang yang sudah bersih diiris dan kemudian direbus. Untuk menambah rasa, biasanya diberi gula pasir. Setelah matang, air rebusan secang ini bisa langsung diminum.

Kayu secang memiliki antioksidan alami yang bisa menangkal radikal bebas. Selain itu juga ada kandungan vitamin C yang bisa menjaga imunitas tubuh serta mencegah risiko serangan jantung. Minuman berwarna merah ini juga dikenal ampuh menghentikan pendarahan.

Bandrek

Foto: bogor.net

Bandrek merupakan minuman tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Barat. Minuman ini terbuat dari jahe, gula aren, daun pandan, cengkeh, kayu manis dan garam yang direbus dengan air. Untuk menghasilkan efek hangat yang lebih maksimal biasanya ditambahkan serai atau merica.

Karena terkenal di daerah bersuhu dingin di Jawa Barat, minuman ini memiliki fungsi utama untuk menghangatkan badan. Fungsi lain yang juga tidak kalah menakjubkan, yaitu bisa mencegah penyakit kanker. Minuman ini juga bisa untuk meringankan gejala batuk, melancarkan pencernaan dan menurunkan tekanan darah.

Kekayaan bangsa Indonesia turut menghasilkan minuman tradisonal Indonesia dengan berjuta khasiat. Rutin mengonsumsi minuman tersebut akan mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan. Tentu, tidak ada efek samping yang terlalu membahayakan seperti mengonsumsi obat kimia.

 

*Artikel merupakan kiriman kontributor. Seluruh isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *