Selain Indonesia, Inilah 5 Negara di Dunia yang Paling Sering terkena Gempa, Sudah Tahu Belum, Dears?

Indonesia adalah salah satu negara yang seeing terkena gempa. Berita terbaru Aceh dan Situ Bondo diguncang gempa, setelah sebelumnya gempa mengguncang Lombok dan Tsunami menerpa Palu, Donggala, juga Sigi.

Tanggal 15 Oktober 2018, Banda Aceh dan Kab Nagan Raya  diguncang gempa sebesar 5,4 SR pukul 23.26 WIB berdasarkan Twitter @InfoBMKG, gempa berpusat di laut  74 km Barat Daya Kabupaten Aceh Barat dengan kedalaman 25 km.

Sebenarnya gempa bumi yang terjadi belakangan ini disebabkan lempeng bumi yang senantiasa bergerak. Tak hanya di Indonesia, negara lain pun sering terjadi gempa.

Inilah 5 negara selain Indonesia yang paling sering terkena gempa. Simak, ya, Dears!

1. Jepang

Kasus gempa yang terjadi 90 persen dari total kasus gempa bumi di dunia disebabkan pergerakan lempeng tektonik bumi.

Ring of fire atau ‘Cincin Api Pasifik’ adalah lempeng tektonik di dasar samudera Pasifik yang melewati kawasan pantai Jepang, Selandia Baru, hingga Amerika Utara dan Selatan.

Jepang dengan Ring of fire atau Cincin Api Pasifiknya menyebabkan negara ini sering terkena gempa bumi.

Jepang telah memiliki persiapan yang baik dalam menangani gempa, salah satunya adalah model rumah yang didesign untuk menanggulangi gempa.

2. Meksiko

Meksiko adalah salah satu negara yang terletak pada tiga lempeng tektonik besar, yaitu lempeng Amerika Utara, Pasifik dan Cocos. Meksiko merupakan negara yang sering terjadi gempa.

Sejarah mencatat pada bulan September 1985, gempa bumi 8,1 SR yang berpusat di Acapulco menewaskan lebih dari 4.000 orang di kota Mexico City, 300 kilometer dari pusat gempa.

Pada tanggal 07 Spetember 2017, gempa besar dengan kekuatan 8,4 skala Richter  dengan potensi tsunami menerpa pesisir Meksiko.

Dampaknya adalah banyak berjatuhan korban jiwa dan kerusakan bangunan secara besar-besaran.

3. Filipina

Filipina terletak di perbatasan lempeng Pasifik dan juga dilewati oleh Cincin Api Pasifik sehungga Filipina sering terkena  gempa juga letusan gunung berapi.

Pada tanggal 15 Oktober 2013  gempa bumi sebesar 7,1 SR  di Filipina merupakan gempa bumi paling mematikan karena energi yang dikeluarkan oleh gempa tadi hampir sama dengan 32 bom atom yang pernah menimpa Hiroshima.

4. Turki

Turki berada di antara tiga lempeng  bumi, yaitu Afrika, Eropa dan Arab. Hal inilah yang menyebabkan Turki sering kali diguncang gempa.

Pada tanggal 17 Agustus 1999 gempa terlama di dunia mengguncang Turki bagian barat dengan kekuatan gempa 7,6 SR.

5. Nepal

Deretan pegunungan di Nepal muncul akibat pergerakan lempeng tektonik Hindia mendesak di bawah daerah Asia Tengah sehingga menyebabkan daerah ini rawan terkena gempa.

Dua lempeng bumi ini bergerak dengan kecepatan 4-5 cm per tahunnya dan semakin mendekat. Hal inilah yang menyebabkan Nepal seringkali terkena gempa.

Efek gempa ini adalah penduduk Nepal berpotensi besar mengalami kematian akibat gempa dibandingkan dengan negara lain

Kita berdoa untuk Saudara kita yang terkena efek gempa yang hebat, terutama di daerah Lombok, Palu, Donggala, Sigi dan  sekitarnya bisa segera ditangani dan diberikan kekuatan untuk melewati semua ini

Ternyata tak hanya di Indonesia saja yang rawan terkena gempa bumi, beberapa negara di atas hanya sebagian negara yang paling sering terkena gempa. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya, Dears.

Sumber Foto: beritagar.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *