Segudang Manfaat Buah Tin Ini Wajib Kamu Ketahui, yang Terakhir Penting Banget untuk Wanita

Dears, apa pendapatmu terhadap buah tin yang sudah ranum?

Bentuknya yang seperti lonceng kecil dengan kulit yang mulus lembut berwana gelap kecoklatan dan ungu tua memberikan penampilan yang unik. Daging buahnya chewy dan juicy, di dalamnya mengandung tekstur indah laksana biji-bijian. Biji tersebut bukanlah biji sejati karena buah ini tidak mengalami polinesasi. Tak dimungkiri, buah tin memang buah yang memberikan kelezatan rasa yang mewah.

Harus diperhatikan ya Dears, buah tin bersifat perishable, cepat sekali rusak kesegarannnya, jadi harus dimakan segera setelah dipetik atau beli. Ia bisa juga disimpan di kulkas sehingga kesegarannya bisa sampai dua atau tiga hari. Buah ini sering langsung dikeringkan dan diolah oleh para petani atau pebisnis tin. Namun jangan cemas Dears, hal ini tidak akan mengurangi kelezatan dan manfaatnya.

Apa saja ya Dears, manfaat buah tin terhadap kesehatan kita? Yuk, kita kepo-in pendapat para ahli tentang buah tin ini.

Mencegah Sakit Jantung

Buah tin kaya potassium, dan potassium pada buah ini bisa mengimbangi kadar kelebihan sodium dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari sehingga detak jantung dan tekanan darah kita terkontrol.

Mencegah Stroke

Terutama daun tin, terbukti menurunkan triglyceride level dalam tubuh yang dapat mencegah stroke dan serangan jantung mendadak.

Mengurangi Risiko Jantung Koroner

Buah tin yang sudah dikeringkan mengandung phenol, Omega 3 dan Omega 6, asam lemak yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner.

Mencegah Insomnia

Buah tin mengandung nutrisi yang disebut tryptophan, berfungsi meningkatkan efektifitas otak dalam menggunakan glukosa sehingga memberi stimulus untuk tidur nyenyak.

Mengatasi Konstipasi

Buah tin mengandung serat yang tinggi, berfungsi sebagai laksativ alami sehingga mempermudah buang air besar.

Mengontrol Berat Badan

Lima buah tin mengandung lebih dari serat yang kita perlukan sehari-hari, membantu kesehatan pencernaan, dan memberikan rasa kenyang.

Menurunkan Gula Darah

Potasium dalam buah tin juga berfungsi meregulasi dan mengontrol level insulin dalam tubuh kita, sehingga dapat mengimbangi level gula darah setiap kali selesai makan.

Mencegah Kanker

Serat buah tin membantu menyingkirkan radikal bebas yang menyebabkan kanker dalam tubuh. Antioksidan juga berfungsi menyingkirkan radikal bebas dan zat penyebab kanker lainnya dalam tubuh. Ia juga dapat mencegah kanker payudara setelah menopause.

Mencegah Penyakit Mata Tua (Macular Generation)

Tingginya kandungan antioksidan, karotenoid, Vitamin A, C, dan E, pada buah tin memberikan dampak untuk penglihatan yang lebih terang.

Membebaskan Batu Ginjal

Dipercaya bahwa dengan rebusan buah tin ini dapat meluruhkan batu ginjal.

Mencegah Osteoporosis

Potassium pada buah tin bersenyawa dengan kalsium, mencegah hilangnya kalsium yang disebabkan konsumsi makanan yang kadar garamnya tinggi, sehingga keropos tulang bisa lebih cepat teratasi.

Wajah dan Kulit Lebih Glowing

Buah tin dapat mencegah jerawat karena tingginya kandungan air, sehingga membantu mengeluarkan toksin dan kotoran dari tubuh. Buah tin juga digunakan untuk pengobatan eczema (eksim) dan psoriasis, membuat kulit lebih sehat dan glowing.

Mencegah Tumbuh Uban secara Dini

Zat copper yang dalam buah tin dapat menjaga warna alami rambut.

Ternyata begitu banyak manfaat buah tin, ya Dears. Tapi meskipun demikian, sebaiknya kamu tidak berlebihan dalam mengonsumsinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *