Sedih, BBM Resmi Ditutup Mei Mendatang! Adakah Aplikasi Penggantinya?

Dears, para remaja di era tahun 2000-an pasti tak asing dengan Blackberry Messenger (BBM). Meroket bersama ponsel pintar Blackberry, aplikasi ini sukses menguasai jagat media sosial selama bertahun-tahun. Namun, kabar tak segar kini tengah ramai diperbincangkan. Apalagi jika bukan karena pernyataan resmi dari PT. Elang Mahkota Technologi Tbk (EMTK), tentang penghentian layanan operasi BBM pada tanggal 31 Mei 2019 yang akan menjadi hari terakhir aplikasi ini beroperasi.

Dalam pernyataan resminya, pihak BBM mengakui bahwa sekarang ini mereka sudah tidak sanggup lagi menandingi aplikasi lain. Itulah mengapa BBM resmi ditutup satu bulan mendatang.

“Instant messaging adalah pasar yang sangat fleksibel dan kompetitif. Sejak 2016 kami telah mencoba semua yang terbaik untuk bersaing di pasar ini dan meluncurkan banyak fitur dan konten baru yang kami harapkan akan menumbuhkan basis pengguna BBM,” jelas CWM dalam situs resmi BBM, Kamis (18/4/2019).

Pada tahun 2016, Creative Media Works Pte. Ltd (CMW Pte Ltd) telah menandatangani perjanjian lisensi konsumen bersama Blackberry Limited untuk pengoperasian layanan pesan BBM Consumer Cross Platform, dengan total 99% saham CMW Pte Ltd dimiliki oleh PT Kreatif Media Karya (KMK).

Meski aplikasi BBM ditutup, tapi kamu tak perlu khawatir Dears, karena BBM akan menggantinya dengan aplikasi lain, yakni BBMe yang juga menyediakan layanan obrolan pribadi, video, suara, dan obrolan group seperti Whatsapp.

Pesan perpisahan ini sudah disebar oleh BBM kepada semua penggunanya.
Pengguna BBM akan menemukannya saat membuka aplikasi yang identik dengan kode PIN tersebut.
Pada halaman awal, pengguna akan menemukan poster beserta posting-an yang ada di lini masa resmi BBM Channel.

“Waktunya untuk mengucapkan selamat tinggal,” jelas poster itu disertai dengan stiker ikon BBM yang sedang melambaikan tangan.

Tak dimungkiri bahwa BlackBerry Messenger pernah menjadi salah satu aplikasi yang cukup populer pada masanya dengan fitur khas emoticon dan “PING!”.  Penggunaan “Ping!” yang kerap kali kita temui saat orang ingin dibalas pesannya dengan cepat memang dipelopori oleh BBM pada masa itu. Hal tersebut akan menjadi kenangan manis yang masih bisa kita rasakan. Walaupun BBM resmi ditutup, setidaknya kita tetap memiliki kenangan dengan aplikasi yang memiliki banyak tipe autotext itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *