Sedang Tren, Inilah 7 Manfaat Saffron bagi Kesehatan

Seiring semakin gencarnya gaya hidup sehat di era modern ini, muncul juga banyak makanan dan minuman kesehatan berbahan herbal. Minuman saffron mungkin menjadi salah satu yang sering terdengar belakangan ini dan sering dikatikan dengan gaya hidup sehat. Benar saja, saffron adalah jenis tumbuhan yang mulai banyak dilirik untuk menu sehat karena manfaat saffron yang sangat banyak bagi tubuh.

Saffron atau sering juga disebut kuma-kuma merupakan jenis rempah yang berasal dari bunga Crocus sativus. Tanaman ini berasal dari Asia Barat Daya. Bagian tangkai putik bunga ini yang menjadi penghubung antara kepala dan putik inilah yang disebut sebagai saffron. Saffron kemudian dikeringkan sebelum siap dikonsumsi. Dulunya saffron lebih dikenal sebagai pewarna makanan dan penyedap masakan.

Saffron kemudian semakin dikenal luas dan mulai dikonsumsi sebagai minuman. Cara mengonsumsinya yang paling umum adalah dengan merendamnya di air atau mencampurkannya dengan teh. Tidak mengherankan jika saffron mulai banyak diminati meski harganya lumayan mahal. Ternyata manfaat saffron bagi kesehatan sangat banyak. Seperti yang diuraikan berikut ini.

Sebagai Sumber Antioksidan

Saffron mengandung berbagai senyawa yang bertindak sebagai antioksidan seperti crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol. Antioksidan yang cukup tinggi dalam saffron dipercaya mampu melindungi tubuh dari kerusakan sel. Bahkan risiko kerusakan sel otak akibat stres oksidatif juga bisa dicegah dengan minuman saffron.

Memerangi Sel Kanker

Tidak hanya melindungi sel dari kerusakan, saffron juga bisa berguna untuk memerangi sel kanker. Kandungan antioksidan crocin yang tinggi pada saffron juga sekaligus menghambat penyebaran sel kanker. Manfaat saffron untuk memerangi sel kanker akan memberi efek besar pada jenis kanker kulit, leher rahim, payudara dan prostat.

Menyeimbangkan Kadar Gula

Penyakit diabetes merupakan akibat dari hormon insulin yang kekurangan sensitivitasnya. Akibatnya kadar gula darah tidak terkontrol. Saffron bisa membantu mengembalikan fungsi hormon insulin. Manfaat saffron ini juga bisa untuk mencegah penyakit diabetes sedari dini terutama bagi yang memiliki keturunan riwayat diabetes.

Mencegah Depresi

Kepadatan aktivitas manusia di masa modern bisa berakibat pada peningkatan kadar stres. Minum teh dengan campuran saffron bisa mencegah masalah tersebut. Antioksidan safranal pada saffron memberi rasa dan aroma berbeda. Hal tersebut dapat meningkatkan suasana hati dan memperbaiki mood serta meredakan depresi tingkat rendah hingga sedang.

Membantu Program Diet

Manfaat saffron ternyata juga sangat bagus untuk menjaga berat bada ideal. Dalam sebuah penelitian, perempuan yang mengonsumsi saffron akan merasa kenyang lebih lama. Akibatnya nafsu makan akan berkurang secara signifikan. Efek selanjutnya, kelebihan berat badan akan turun perlahan menuju berat badan ideal.

Sebagai Pereda Batuk

Jika ingin meredakan batuk dengan cara yang lebih aman daripada mengonsumsi obat, saffron adalah jawabannya. Saffron diklaim mengandung anti-tussive alami yang bisa meredakan batuk. Minuman saffron untuk meredakan batuk bahkan tidak hanya bisa untuk orang dewasa. Anak-anak juga tetap aman mengonsumsinya.

Menjaga Kesehatan Mata

Saffron ternyata juga mengandung beta carotene yang lumayan tinggi. Beta carotene merupakan bentuk dari vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Mengonsumsi minuman saffron secara rutin akan membantu menghindarkan masalah mata. Efek jangka panjangnya, kemampuan penglihatan akan tetap terjaga meski usia bertambah.

Manfaat saffron yang sangat banyak bagi kesehatan sangat sebanding dengan harganya. Kini saffron juga banyak tersedia dalam bentuk bubuk. Namun untuk menghindari risiko barang palsu, sebaiknya beli saffron dalam bentuk aslinya.

 

*Artikel merupakan kiriman dari kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *