Sedang Promil? Kenali Tanda-tanda Hamil Muda yang Bikin Kamu Happy!

Hamil adalah salah satu anugerah terindah yang bisa dirasakan oleh seorang perempuan, apalagi jika kita sudah lama menantikan hadirnya buah hati. Berbagai upaya akan ditempuh demi mendapatkan seorang anak, dari yang medis sampai yang non medis. Tanda-tanda di awal kehamilan hampir sama dengan tanda akan menstruasi, sehingga banyak calon ibu yang  tidak menyadari kalau dirinya hamil sampai akhirnya mengalami keguguran. Supaya hal ini tidak terjadi, yuk kenali tanda-tandanya :

1. Payudara Berubah

Kondisi payudara akan berubah agak membesar dan kulitnya menjadi sensitif hingga terasa sakit jika disentuh. Namun tanda ini tidak mutlak sebagai tanda awal kehamilan, karena kondisi juga bisa muncul sebagai tanda akan menstruasi.

2. Bercak Darah Atau Flek dengan Kram Perut

Bagi sebagian calon ibu, sekitar 8-10 hari setelah ovulasi akan keluar bercak darah atau flek. Terkadang dibarengi juga dengan kram di perut, dikarenakan proses menempelnya embrio ke dinding rahim (implantasi). Hal ini terkadang disalahartikan sebagai menstruasi yang datang lebih awal. Jika tidak kuat dengan rasa sakitnya, mereka akan langsung minum obat pereda nyeri.

3. Mual dan Muntah (morning sickness)

Sudah jadi rahasia umum jika melihat wanita yang mual dan muntah di pagi hari selalu ditanya, “kamu hamil?”. Kondisi ini memang dialami hampir oleh setiap wanita di awal kehamilannya, walaupun ada juga yang tidak merasakan morning sickness. Rasa mual ini terjadi akibat meningkatnya hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin) di dalam aliran darah.

4. Sering Buang Air Kecil

Kondisi yang muncul di awal kehamilan, atau saat terlambat haid sekitar 1-2 minggu, dikarenakan janin dalam rahim yang menekan saluran kencing. Jika ini terjadi, usahakan tetap minum air putih atau makan buah yang banyak mengandung cairan seperti semangka, supaya tidak terjadi dehidrasi ya, Dears.

5. Pusing dan Sakit Kepala

Adanya perubahan hormon yang terjadi seperti rasa mual, muntah, sering kencing dan cepat lapar serta rasa cemas bahkan depresi, bisa menyebabkan pusing dan sakit kepala.

6. Sembelit atau Susah Buang Air Besar

Sembelit terjadi karena meningkatnya hormon progesteron yang mengendurkan otot rahim dan menyebabkan otot dinding usus juga longgar. Walaupun begitu, kondisi ini juga menguntungkan bagi calon ibu dan bayi karena bisa  menyerap nutrisi dengan lebih baik.

Beruntunglah bagi wanita bersuami yang sudah pernah merasakan sensasi mengandung mulai dari mual, ngidam, kram perut, sampai dengan kontraksi. Maka jangan sia-siakan masa kehamilan ini dengan melakukan hal yang sia-sia. Kenali gejalanya, jaga pola makan dan jaga suasana hati tetap ceria ya, Dears.

Sumber Foto: Alodokter.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *