Sebutan “Milenial” Tak Hanya bagi Anak Muda, Tapi juga untuk para Mama. Apakah Kamu Salah Satunya?

Milenial menjadi kata kata yang populer akhir-akhir ini. Adalah generasi yang sangat akrab dengan kemajuan teknologi, serta lahir dalam kurun waktu 1980 sampai 2000-an, merupakan pengertian dari milenial sendiri menurut beberapa sumber.

Namun, masyarakat acapkali mengidentikkan kata “Milenial” dengan generasi muda yang masih single dan berumur 20-an. Pengertian tersebut mengacu pada bagaimana cara mereka bergaul, serta menggunakan gadget pintar maupun kemajuan teknologi lainnya untuk mempermudah mereka dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Faktanya, tidak hanya kaum muda saja, lo, yang bisa dijuluki Kaum Milenial, para mama juga banyak yang termasuk dalam kategori ini. Selain mereka yang lahir di tahun 90an sampai 2000an, mereka pun sangat peka terhadap perubahan dengan mengikuti arus kemajuan teknologi dalam kehidupannya.

Dears, apa saja, ya, hal yang tak luput dari perhatian para Mama ini sehingga mereka layak masuk dalam kategori Mama Milenial? Mari kita kupas satu per satu !

1. Melek Teknologi

Foto: Pexels

Mama milenial adalah penggemar teknologi. Gadget pintar jadi sahabatnya, bahkan jadi penentu status sosialnya di masyarakat. Pola perilakunya pun berbeda dengan generasi sebelumnya. Mereka akan terbiasa mencari informasi melalui mesin pencarian internet daripada membaca buku. Mulai resep masakan, cara merawat baju, sampai masalah parenting dari berbagai sumber.

Selain itu, Mama Milenial sangat paham bila gadget sangat memanjakan hidup mereka. Salah satunya kemudahan dalam berbelanja online. Mereka akan berpikir tak perlu repot pergi ke pusat perbelanjaan dan terkena macet serta susah parkir, kalau barang yang diinginkan bisa diantar ke rumah, dan mereka hanya duduk manis menunggu sampai sang kurir tiba.

Namun perlu diperhatikan sisi lainnya, nih. Derasnya arus informasi yang sangat mudah mereka dapatkan melalui internet membuat para mama cenderung tak bisa membedakan mana berita hoaks, mana pula yang termasuk fakta. Jadi kamu harus pintar dalam menyaring informasi yang kamu terima ya, Dears!

2. Memilih untuk Bergaya Hidup Sehat

Foto: Pexels

Ternyata gaya hidup sehat sudah sangat disadari oleh para Mama Milenial, lo. Mulai dari bagaimana mereka menjaga pola makan, olahraga yang teratur dan menjaga pola istirahat dengan baik.

Mereka akan memiliki jurus andalan dalam mengurangi berat badan atau diet, yakni dengan mengonsumsi lebih banyak sayuran serta buah-buahan ketimbang makanan berat lainnya. Bahkan yang viral akhir-akhir ini tentang minuman yang terbuat dari bahan alami dijadikan gaya hidup sehat oleh Mama Milenial.

Namun, tidak sedikit juga para Mama Milenial yang suka mencicipi hal-hal baru berkebalikan dari hidup sehat, seperti berkunjung ke kafe atau restoran baru dengan tujuan mencoba segala hal yang dekat dengan kebiasaan orang-orang barat. Hmmm, jadi semua tergantung pilihan hidupmu ya, Dears!

3. Berpikiran Terbuka

Foto: Pexels

Lebih terbuka dan cepat menerima perubahan, adalah ciri Mama Milenial berikutnya. Hal ini berkaitan dengan bagaimana mereka belajar mengenai pengasuhan anak. Kebanyakan Mama Milenial tidak ingin membesarkan anak mereka dengan cara yang sama seperti mereka dibesarkan. Karena itu mereka memiliki pola asuh yang lebih menyenangkan dan santai, tidak saklek dan berpikiran kolot, serta tidak memercayai mitos seperti zaman orang tua dulu.

4. Memilih Mencari Banyak Kesibukan

Foto: Pexels

Mama Milenial tidak bisa berdiam diri di rumah, Dears. Meski memilih menjadi ibu rumah tangga atau ibu bekerja, mereka juga memilih mencari kesibukan lain untuk membuat mereka tetap produktif atau melakukan pekerjaan yang fleksibel lainnya demi menghindari stres setelah berkutat dengan pekerjaan rumah.

Umumnya, mereka tetap ingin menjalankan passion dan profesi mereka yang terpendam, sehingga banyak sekali yang dikerjakan. Meskipun demikian, keluarga tetap menjadi prioritasnya, lo.

Salah satu kesibukan para Mama Milenial adalah dengan sering melakukan playdate. Tujuan playdate sendiri ialah mengajak mama beserta keluarganya untuk bertemu bersama, bersenang-senang, saling bertukar cerita, tanpa lupa untuk mendokumentasikan kegiatan yang di lakukan tersebut di media sosial yang mereka miliki. Semuanya bertujuan agar mereka tetap eksis di dunia maya.

5. Mama Milenial adalah Mama Cerdas yang Mementingkan Kualitas

Foto: Pexels

Menurut data dari Biro Sensus AS, mayoritas Mama Milenial telah menyelesaikan pendidikannya hingga sarjana. Mereka cenderung kritis terhadap pola pengasuhan anak. Mama Milenial aktif mengikuti seminar parenting demi memperoleh cara pengasuhan yang benar.

Mama Milenial pun akan memprioritaskan kualitas dalam hal pemenuhan kebutuhan keluarganya. Seperti dalam pemilihan makanan, mereka akan sangat memerhatikan detail gizi yang terkandung di dalamnya, lalu bagaimana kehigienisan proses pembuatan makanannya, sampai pada proses distribusinya.

6. Nama Anak Harus Unik

Foto: Pexels

Sering mendapati nama anak kecil yang panjang dan susah dieja? Kalau ya, berarti orang tua si anak termasuk dalam kelompok Mama Milenial.

Mama Milenial biasanya akan kecewa ketika tahu ada nama anak yang sama dengan nama anaknya. Karena itu, mereka akan berusaha mencari nama sekreatif mungkin, agar terkesan eksklusif dan tidak pasaran, tapi tetap memiliki makna dan harapan yang bagus pastinya, Dears.

7. Memori Ponsel Penuh dengan Koleksi Foto

Foto: Pexels

Karena Mama Milenial bersahabat dengan gadget pintar, tak heran jika mereka pun gemar berfoto di berbagai momen dengan kerabat dan sahabat tercinta. Ada yang dutujukan untuk koleksi pribadi, ada pula yang memang dikhususkan untuk di-share di laman media sosial pribadinya, baik Facebook atau Instagram. Belum lagi bagi Mama Millenial yang memiliki usaha sampingan toko online.

Jadi, sudah bisa dipastikan ya, galeri di gadget mereka akan penuh dengan foto-foto sampai harus beberapa kali di pindah ke laptop demi kembali bisa berfoto ria.

Dears, itulah 7 hal yang menceritakan tentang ciri Mama Milenial. Apakah salah satunya ada padamu? Selamat menjadi Mama Milenial yang peka terhadap perubahan positif ya, Dears !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *