Sandang Gelar Sastra Inggris 2020 ini? 5 Pekerjaan Ini Bisa Jadi Prospek Masa Depanmu, Dears!

2020 menjadi tahun terakhirmu berstatus sebagai mahasiswa fakultas Sastra Inggris, Dears? Tak perlu bingung dan galau mencari pekerjaan. Banyak, lo, jenis pekerjaan yang bisa kamu pilih sesuai kemampuan dan passionmu. Bila tak juga menemukan pekerjaan yang menarik di sebuah perusahaan, bahkan kamu bisa memulai usaha sendiri, lo.

Apa sajakah jenis pekerjaan yang bisa kamu pilih sesuai dengan ilmu dan kemampuan yang kamu miliki, berikut beberapa pilihannya!

Translator atau Interpreter

Pict by. beautynesia.id

Translator dan interpreter memiliki job desk sama sebagai penerjemah, hanya jenisnya yang berbeda. Translator memiliki tugas menerjemahkan tulisan berbahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia atau sebaliknya. Tulisan yang ditranslate bisa berupa komik, artikel, surat kabar, buku, bahkan film. Sedangkan seorang Interpreter bertugas sebagai penerjemah pembicaraan antara dua orang pejabat negara. Kemampuan dalam menerjemahkan kedalam gaya bahasa yang simple dan mudah dimengerti akan membuatmu dilirik klien, Dears.

Tour Guide

Pict by. Kredivo

Ingin bekerja sambil traveling setiap saat? Pekerjaan sebagai tour guide merupakan pilihan yang tepat untukmu. Namun, kamu wajib memperbanyak pengetahuan dengan membaca dan memperluas wawasan tentang sejarah, cerita, dan keunikan sebuah tempat wisata. Berikan service yang menyenangkan dan memuaskan untuk memikat klien. Tak hanya rekening yang bertambah gendut, dijamin, kamu juga akan merasa happy, Dears.

Diplomat

Image by Pinterest

Kemampuan berbahasa Inggris yang melebihi rata-rata baik secara lisan dan tertulis, akan memberikan keuntungan bila kamu memilih berkarir menjadi diplomat. Penguasaan bahasa Inggris akan membuat komunikasi tak mengalami kendala berarti. Status bahasa Inggris sebagai bahasa internasional memberikan benefit lebih buatmu sebagai lulusan Sastra Inggris.  Namun sebelumnya, kamu wajib menuntut ilmu formal dulu di bidang diplomat, ya.

Pendidik

Pict by. Brilio

 

Kamu bisa membagikan ilmu dan kemampuan berbahasa Inggris kepada orang lain dengan menjadi pendidik. Pekerjaan ini selain sangat menyenangkan juga memberikan kontribusi besar dalam mencerdaskan anak bangsa. Bila masih bergelar strata satu, pilihlah jenjang SD hingga SMU. Namun, bila ingin menjadi dosen, lanjutkan pendidikan hingga ke strata dua sastra Inggris terlebih dahulu, ya. Tak hanya dalam bidang formal, kamu juga bisa menjadi pendidik di jalur non formal, seperti memberikan bimbingan belajar secara private atau bergabung dengan lembaga swasta.

Penulis

Lebih tertarik menumpahkan ide dan pikiran secara tertulis? Menjadi penulis adalah pekerjaan yang sesuai untukmu. Berkarya di bidang jurnalistik merupakan salah satu pilihan bagi pemilik gelar sarjana sastra Inggris, karena banyak ilmu kepenulisan yang diajarkan di fakultas ini. Kamu bisa menjadi content writer blog pribadi atau web online. Asah kemampuan dalam menulis dengan banyak berlatih dan menambah ilmu jurnalistik.

Tak melulu harus mencari lowongan pekerjaan di tempat lain. Lulusan Sastra Inggris bahkan bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk diri sendiri atau orang lain. Namun, apapun gelar pendidikan yang kamu punya, yang terpenting adalah kemauan untuk selalu mengupdate skill dan belajar hal lain di luar disiplin ilmu kita ya, Dears. Selamat memasuki dunia yang sebenarnya ya, fresh graduators.

 

Featured image: Photo by Pixabay on Pexels

*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *