Rumah Berantakan Akibat Mainan yang Berserakan? Tak Perlu Emosi! Ketahui 5 Manfaat Positifnya Bagi si Kecil

Dears, hampir sebagian orang tua sering menjumpai rumah berantakan, terutama yang masih memiliki anak kecil. Banyak mainan si kecil memenuhi setiap sudut ruang, menjadikan pemandangan di dalam rumah kotor dan tidak nyaman. Biasanya kita sebagai orang tua akan menyuruh membereskan dan membersihkannya. Meski penting untuk melakukannya, tetapi sekali-kali biarkan mainan si kecil berserakan.

Sebenarnya, rumah berantakan itu adalah hal yang wajar, apalagi jika disebabkan banyak mainan yang berserakan. Jika si kecil bermain dengan mainannya, dia tidak akan merasa bosan berada di rumah. Jangan langsung teriak dan marah-marah walaupun sedikit jengkel, ya, Dears.  Ternyata di balik kondisi mainan berserakan ada 5 manfaat positif buat si kecil, loh. Yuk, kita simak ulasannya.

1. Menimbulkan Rasa Ingin Tahu

Ketika si kecil meletakkan mainannya tidak beraturan akan menimbulkan rasa ingin tahu pada dirinya. Keinginannya untuk terus bermain dan bergembira, membuat dia ingin mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Hal ini sangat membantu untuk tumbuh kembang si kecil.

2. Meningkatkan Kemampuan Motorik

Proses tumbuh kembang anak selalu diiringi dengan kemampuan motorik. Saat si kecil bermain, semua anggota tubuh akan bergerak aktif. Kemampuan motoriknya pun meningkat. Dengan begitu, anak dapat menemukan cara baru untuk mengeksplor banyak hal.

3. Melatih Kepekaan Indera

Pada waktu si kecil bermain kotor-kotoran hingga rumah berantakan, hal itu dapat melatih kepekaan indera pada dirinya. Dia akan lebih peka dalam merasa, menyentuh, mencium bau, hingga mengobservasi hal-hal di sekitarnya.

4. Melatih Koordinasi Tangan dan Mata

Koordinasi tangan dan mata adalah kemampuan motorik yang berkembang secara bertahap. Bermain dengan memindahkan mainan hingga berserakan di lantai memang bakal membuat rumah terlihat tidak rapi. Namun, kegiatan ini akan melatih koordinasi antara tangan dan mata si kecil.

5. Meningkatkan Daya Kreativitas

Setiap si kecil bermain, pasti akan berantakan. Biarkan saja dia berkreasi dengan mainannya. Dengan cara itu, si kecil bisa belajar dan meningkatkan daya kreativitasnya. Selain itu, akan ada tahap rangsangan untuk menciptakan hal baru melalui kreasinya.

Nah, Dears, luar biasa bukan manfaatnya? Jadi sebaiknya kita biarkan saja mainan si kecil berserakan. Keceriaan anak dan tumbuh kembang yang baik, itulah yang utama. Rumah berantakan tak usah dipermasalahkan, ya, Dears. Suatu saat nanti masa-masa seperti ini akan menjadi satu hal yang kamu rindukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *