Rasa Kantuk Mengganggu Aktivitasmu? Lakukan 5 Cara Ini untuk Mengatasi

Sewaktu-waktu ada kalanya kita dilanda rasa mengantuk pada saat melakukan aktivitas sehari-hari. Hal ini sebenarnya termasuk hal yang wajar apabila kita dalam kondisi kurang tidur. Namun jika kita selalu diserang rasa mengantuk yang berlebihan dan sangat sering terjadi tentunya akan sangat menganggu. Apalagi rasa mengantuk datang pada saat kita sedang bekerja. Hal ini tentu akan menurunkan semangat dan daya konsentrasi kita dalam bekerja.

Dears, rasa mengantuk yang berlebih bisa disebabkan oleh berbagai hal. Rasa kantuk yang sering dirasakan akan membuat seseorang menjadi lesu dan tidak bersemangat dalam melakukan berbagai aktivitas. Selain menganggu produktivitas kerja, rasa kantuk yang sering melanda juga dapat menimbulkan risiko yang lebih besar lagi saat seseorang sedang mengemudi kendaraan. Jika kamu mengalami masalah ini, coba lakukan beberapa hal ini agar rasa kantuk bisa teratasi:

1. Berjemur pada Cahaya Matahari Pagi

Foto: Pexels

Mengawali pagi dengan membiasakan diri berjemur pada sinar matahari pagi beberapa saat akan membuat tubuhmu menjadi hangat sehingga dapat meningkatkan kebugaran. Dengan paparan sinar matahari pagi dapat mengurangi hormon melatonin, yaitu hormon yang memicu timbulnya rasa kantuk. Tubuh yang terkena matahari pagi akan menjadi lebih berenergi.

2. Makan Makanan yang Banyak Mengandung Asam Omega-3

Foto: Pexels

Makanan yang mengandung Omega-3 merupakan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan otak. Menurut sebuah penelitian oleh University of Oxford pada tahun 2014 menunjukan bahwa makanan yang banyak mengandung asam Omega-3 dapat memperbaiki kualitas tidur seseorang. Jika kamu sudah mendapatkan kualitas tidur yang baik pada malam hari tentu akan memperkecil kemungkinan timbulnya rasa kantuk yang berlebihan di siang hari. Selain itu, dengan mengkonsumsi makanan yang kaya asam Omega 3 dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh selalu fit untuk melakukan berbagai aktivitas. Makanan yang mengandung asam lemak Omega-3 dapat kamu temui pada kedelai, selai kacang, kenari, telur dan beberapa jenis ikan seperti ikan sarden, salmon serta tenggiri.

3. Berolah Raga Ringan

Foto: Pexels

Jika rasa kantuk menyerang, ada baiknya kamu melakukan olah raga ringan. Berolah raga ringan sudah dapat memperlancar suplai kebutuhan oksigen ke otak. Dengan terpenuhinya suplai oksigen ke otak, rasa kantuk akan dapat teratasi. Kamu juga bisa sekadar melakukan gerak-gerakan ringan seperti menggerakan kepala, kaki dan tangan agar tubuh terasa lentur dan peredaran darah menjadi lebih lancar.

4. Menghirup Aromaterapi

Foto: Pexels

Menghirup arometarapi juga dapat membuat rasa kantuk menghilang. Wewangian dari aromaterapi dapat memberikan rangsangan ke otak agar kembali sadar dari keinginan untuk tidur. Pilih aromaterapi yang wanginya menyegarkan seperti aroma mint dan sitrus.

5. Mengonsumsi Camilan

Foto: Pexels

Kamu dapat mengatasi rasa mengantuk dengan mengonsumsi camilan. Namun kamu harus memilih camilan yang tepat dan sehat. Mengonsumsi camilan yang tidak tepat bisa jadi justru membuat kamu mudah mengantuk. Beberapa camilan ini dapat menjadi pilihanmu karena akan memberikan sumber energi sehingga kamu tidak mudah lelah dan mengantuk, yaitu : biskuit, roti gandum, kacang-kacangan, buah-buahan seperti jambu, jeruk, semangka dan melon.

Dears, sungguh tidak nyaman bukan jika kita mengalami rasa kantuk sementara masih banyak pekerjaan yang harus kita kerjakan yang membutuhkan konsentrasi penuh. Semoga dengan melakukan tips diatas akan membantumu dalam mengatasi rasa kantuk yang datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *