Rambutmu Bercabang? Coba Selesaikan dengan Masker Alami Ini, yuk!

Rambut bercabang merupakan salah satu masalah yang menyebalkan bagi para kaum hawa. Rambut bercabang bisa bikin pertumbuhan rambut melambat. Kamu bisa mengalami masalah rambut bercabang jika salah dalam penggunaan sampo. Namun kamu tak perlu khawatir lagi, masalah ini dapat diatasi dengan masker yang alami, yaitu masker rambut madu kelapa. Dengan bahan yang mudah dicari dan proses pembuatan yang tidak begitu ribet, kamu pun bisa membuatnya di rumah, Dears.

Bahan pertama yang kamu perlukan yaitu satu sendok minyak kelapa (virgin coconut oil) untuk ukuran rambut yang pendek. Untuk rambut sebahu hingga sedada bisa ditambahkan lagi takaran setengah sendok (total satu setengah sendok). Sedangkan bila rambutmu panjangnya sepinggang bisa ditambahkan satu sendok lagi (total dua sendok).

Minyak kelapa yang digunakan di sini adalah minyak kelapa murni ya, bukan minyak kelapa sawit untuk menggoreng. Minyak kelapa murni ini tidak berwarna. Kamu dapat menemukan minyak kelapa VCO ini di supermarket atau online store.

Bahan selanjutnya yang kamu butuhkan adalah sesendok madu untuk ukuran rambut pendek. Untuk rambut sebahu bisa ditambahkan takaran setengah sendok, dan rambut dengan panjang sepinggang bisa kamu tambahkan satu sendok lagi. Singkatnya, gunakan takaran yang sama dengan takaran minyak kelapa yang kamu gunakan. Untuk bahan ini, kamu dapat menggunakan madu jenis apapun, namun pastikan madunya adalah madu asli dan bukan madu ekstrak.

Foto: Pexels

Bila semua bahan sudah kamu persiapkan, lanjutkan dengan melakukan pembuatan masker rambutnya sebagai berikut:

1. Campurkan kedua bahan tadi ke dalam satu wadah kecil, aduk hingga bersatu.

2. Panaskan wajan penggorengan atau gunakan apapun untuk memanaskan campuran madu dan minyak kelapa yang sudah kamu buat. Tak perlu dipanaskan terlalu lama, asal sudah hangat, konsistensi masker sudah lebih cair, dan sudah saling tercampur, segera angkat.

3. Tunggu hingga masker hangat dan aman untuk diaplikasikan ke rambutmu. Setelah dirasa aman, aplikasikan masker yang telah dibuat tadi ke seluruh bagian rambut, kulit kepala, atas hingga ujung bawah rambut. Lalu diamkan selama 15 – 20 menit.

4. Setelah itu bilas rambut terlebih dahulu dengan air biasa. Jika dirasa rambut sudah bersih dari sisa-sisa penggunaan masker, barulah cuci rambut seperti biasa dengan sampo. Pencucian rambut dengan sampo setelah penggunaan masker rambut ini bermanfaat untuk menghilangkan sisa-sisa masker yang mungkin masih tertinggal.

Voila! Banyak manfaat yang akan kamu rasakan setelah selesai penggunaan masker ini. Selain untuk memperbaiki masalah rambut bercabang, masker rambut ini juga membuat rambut lebih bervolume, lebih lembab, dan lebih lembut.

Namun, tetap saja masker ini masih punya kekurangan, yaitu saat pengaplikasian, karena efek dari masker ini membuat rambut lepek dan lengket, tak heran jika rambut jadi ikut rontok. Solusinya, jangan terlalu sering melakukan kontak pada rambut saat pengaplikasian, contohnya, memijat rambut.

Kekurangan lainnya yaitu, masker ini terbatas untuk masalah rambut bercabang saja, bukan untuk masalah rambut lainnya. Jika fokusmu ingin mengakhiri masalah rambut bercabang, masker alami ini sangat recommended untuk kamu coba, Dears!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *